ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A58 NFC – Bawa Helio G85!

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A58 NFC Header

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp2.499.000, OPPO A58 yang hadir di Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) yang memudahkan dalam pembayaran digital, pengisian saldo kartu e-money, dan transfer data.

Untuk memudahkan penggunanya dalam pemindaian sidik jari, OPPO A58 pun menghadirkan sensor fingerprint berada di bagian samping tepatnya pada tombol Power. Sementara fitur Face Unlock juga telah hadir sehingga memudahkan pembukaan kunci layar dengan wajah.

Ponsel besutan OPPO ini juga hadir dengan dukungan baterai berkapasitas besar dan fitur pengecas daya yang cepat. Mengikuti tren saat ini, OPPO A58 hadir dengan dua kamera belakang dan satu kamera depan yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil foto dengan kualitas baik.

Kelebihan OPPO A58

1. Desain Menawan

OPPO A58 Hijau

OPPO A58 hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Hijau Bercahaya dan Hitam Bersinar. Pada varian Hijau Bercahaya, ponsel ini menggunakan bodi belakang dengan desain OPPO Glow, tekstur sutra satin, dan warna yang dapat berkilau ketika terkena pantulan cahaya sehingga terlihat menawan ketika dilihat secara kasat mata.

Sementara varian Hitam Bersinar menampilkan warna Hitam yang bersinar di malam hari sehingga membuatnya terlihat elegan. Terdapat dua lingkaran besar menonjol pada bagian belakang ponsel ini yang terdiri dari lingkaran besar atas untuk kamera utama dan lingkaran besar bawah untuk kamera portrait 2 MP serta LED Flash.

Pada bagian bawahnya terdapat port jack audio 3,5mm, port USB Type-C, dan lubang speaker. Sementara pada bagian samping kanan terdapat tombol volume dan power yang disusun secara vertikal.

Pada sisi krinya terdapat slot kartu SIM dan microSD. Tak ketinggalan sertifikasi IPX4 membuktikan bahwa ponsel ini telah tahan terhadap cipratan air.

2. Layar Luas yang Nyaman di Mata

OPPO A58 Layar

Perangkat ini sudah menggunakan layar 6,72 inci yang memenuhi bagian depan sehingga dapat menampilkan konten dengan area yang luas. Sementara itu, layarnya sudah menggunakan teknologi IPS dan resolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) yang dapat menampilkan konten dengan cerah serta jelas.

Selain untuk memperkecil ukuran bezel dari layar atas, punch hole yang hadir pada OPPO A58 digunakan juga menyimpan kamera depannya. Meskipun berada di bawah terik matahari, pengguna akan masih dapat melihat konten yang tampi pada layar.

3. Lancar Jalankan Aplikasi dan Game

OPPO A58 Performance

Dapur pacu dari OPPO A58 dipercayakan pada chipset MediaTek Helio G85 (12nm) Octa-Core 2 GHz yang didampingi GPU Mali-G52 MC2 dan didukung MediaTek HyperEngine Gaming Technology untuk membuat performa meningkat ketika game dijalankan.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan RAM 6 GB yang dapat menangani aktivitas multitasking dengan lancar. Apalagi terdapat juga fitur RAM Expansion hingga 6 GB yang dapat meminjam ruang penyimpanan internal yang tidak terpakai.

Kombinasi tersebut akan membuat multitasking semakin lancar. Sementara penyimpanan internalnya pun terasa lega karena memiliki kapasitas mencapai 128 GB.

Namun jika kapasitas penyimpanan internalnya dirasa kurang lega, maka pengguna dapat menyematkan microSD pada slot yang digunakan. Terdapat juga fitur USB On-The-Go (OTG) untuk menghubungkan penyimpanan eksternal seperti Flashdrive.

4. Daya Tahan Lama dan 33W SUPERVOOC

OPPO A58 33W SUPERVOOC

Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, OPPO A58 diklaim mampu bertahan 16 jam untuk memutar video atau 32 jam untuk panggilan telepon. Sementara saat kapasitas baterai di tingkat kritis antara 15% hingga 5% bisa mengaktifkan fitur Super Power Saving Mode untuk memberikan daya tahan lebih lama.

Perangkat ini pun sudah dilengkapi dengan fitur 33W SUPERVOOC yang diklaim OPPO mampu mengisi daya dari 0% ke 52% cuma 30 menit. Sementara jika hanya mengisi daya selama 5 menit, maka OPPO A58 dapat digunakan untuk telepon selama 3,39 jam.

5. Kamera Utama Beresolusi Besar

OPPO A58 Hitam

Dari sektor fotografi, OPPO A58 sudah dilengkapi dengan dua kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50 MP dan portrait 2 MP. Kombinasi tersebut dapat menghasilkan foto dengan subjek yang terlihat fokus, namun latar belakangnya memiliki efek bokeh layaknya menggunakan kamera profesional.

Kamera utama ponsel ini juga dilengkapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) sehingga dapat menghasilkan foto yang bagus di berbagai kondisi, baik siang hari maupun malam hari.

Adapun fitur AI Portrait Retouching mampu menghasilkan warna dan tekstur kulit yang lebih akurat dan alami pada subjek. Sementara kamera depan 8 MP sudah lumayan dalam menghasilkan foto selfie, terutama pada kondisi cahaya yang cukup.

6. Dua Speaker yang Lantang

OPPO A58 Speaker

Untuk membuat konten hiburan menjadi lebih hidup, OPPO A58 sudah dilengkapi dengan dua speaker yang mampu menghasilkan suara stereo. Selain itu game juga menjadi lebih menyenangkan karena pengguna dapat mengetahui suara langkah kaki dari arah kiri dan kanan dengan jelas.

Apabila suara yang diperdengarkan masih kurang keras, maka volume pada speaker dapat ditingkatkan hingga 300% sehingga terdengar sangat lantang yang mana cocok ketika kondisi lingkungan sekitar sedang ramai. Sementara jika menggunakan earphone atau headphone, maka volume dapat mencapai 200%.

Kekurangan OPPO A58

1. Tidak Ada Kamera Ultrawide

OPPO A58 Cam

OPPO A58 sama sekali tidak dibekali dengan kamera ultrawide. Padahal ponsel kompetitor di kisaran harga yang sama sudah memiliki kamera jenis ini karena kemampuannya dapat menghasilkan foto dengan area luas secara instan.

Jadi mau tidak mau penggunanya harus menggunakan mode Panorama yang cukup merepotkan untuk bisa menghasilkan foto yang luas. Apabila dilihat secara keseluruhan, OPPO A58 masih bisa menjadi salah satu ponsel pilihan di harga Rp2 jutaan karena tidak banyak kekurangan yang dimilikinya…

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar