ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Smartphone

Ini Bedanya Samsung Galaxy Z Fold 5 Vs Samsung Galaxy Z Fold 4 – Tidak Banyak Tapi Lumayan Signifikan

Samsung Galaxy Z Fold5 Vs Fold4 - Header

Gadgetren – Samsung Galaxy Z Fold 5 memang hanya terlihat membawa sedikit perubahan jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Z Fold 4. Bahkan hampir sebagian besar spesifikasi yang dibawanya serupa.

Kedua layar yang digunakan misalnya masih sama-sama menggunakan panel Dynamic AMOLED 2X. Bagian dalam berukuran 7,6 inci dengan resolusi 2176 x 1812 piksel dan refresh rate hingga 120Hz. Sementara sisi luar membentang seluas 6,2 inci 2316 x 904 piksel.

Perangkat tersebut pun masih memakai kamera utama berlensa tiga di mana tersusun dari sensor wide 50MP yang ditunjang fitur Dual Pixel PDAF dan OIS, telephoto 10MP dengan 3x Optical Zoom, serta ultra-wide 12MP. Selain itu, ada lensa 4MP tertanam di layar utama serta 10MP di layar luar.

Baterai yang digunakan oleh Galaxy Z Fold 5 juga mempunyai besar dan dukungan pengisian serupa Galaxy Z Fold 4. Perangkat tersebut pun masih berkapasitas 4.400mAh dengan teknologi 25W Fast Charging, 15W Wireless Charging, maupun 4,5W Wireless Reverse Charging.

Meskipun mempunyai sebagian besar spesifikasi yang lumayan mirip dengan pendahulunya, Galaxy Z Fold 5 tetap membawa sejumlah perubahan. Peningkatan-peningkatan yang ditawarkannya bahkan terlihat lumayan signifikan.

Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold 5 Vs Samsung Galaxy Z Fold 4

Peningkatan yang ditawarkan oleh Galaxy Z Fold 5 salah satunya pada aspek dapur pacu. Ponsel lipat tersebut kini menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy seperti lini keluarga Samsung Galaxy S23 yang meluncur beberapa waktu lalu.

Secara teknis, chipset Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy mempunyai basis inti lebih mutakhir dengan clock speed lebih tinggi serta peningkatan pengolah grafis jika dibandingkan dengan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 2 pada Galaxy Z Fold 4.

Samsung Galaxy Z Fold 5 Vs Fold 4 - 1

Samsung Galaxy Z Fold 5

Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy dalam hal ini dibangun berdasarkan arsitektur ARM Cortex-X3, Cortex-A715, dan Cortex-A510 berkecepatan hingga 3,36GHz serta GPU Qualcomm Adreno 740. Sementara pendahulunya masih memakai ARM Cortex-X2, Cortex-A710, dan Cortex-A510 hingga 3,19GHz dengan GPU Qualcomm Adreno 730.

Berdasarkan pengujian internalnya, Snapdragon 8 Gen 2 For Galaxy dengan spesifikasi yang lebih unggul menawarkan peningkatan kemampuan mulai CPU, GPU, maupun NPU. Secara berturut-turut menjadi 18 persen, 32 persen, dan 25 persen lebih baik.

Selain dapur pacu, Galaxy Z Fold 5 pun membawa bobot dan ukuran lebih ramping. Perangkat tersebut tercatat 10 gram lebih ringan dibanding Galaxy Z Fold 4. Ketebalannya pun hanya 6,1mm ketika dibuka di mana lebih tipis dari pendahulunya yang masih 6,3mm.

Saat dilipat, Galaxy Z Fold 5 pun bisa terlihat lebih rapat dengan ketebalan 13,4mm yang merata. Sementara Galaxy Z Fold 4 sebelumnya masih mempunyai rongga sehingga berbeda di sisi engsel dan ujungnya, yaitu 15,8mm dan 14,2mm.

Samsung Galaxy Z Fold5 Vs Fold4 - 2

Samsung Galaxy Z Fold 4

Kita patut berterimakasih kepada teknologi Flex Hinge baru yang memungkinkan hal itu. Engsel gandanya dapat membuat layar terlipat dengan lebih sempurna tanpa celah yang memungkinkan debu masuk dan menimbulkan sejumlah masalah seperti pada Galaxy Z Fold 4.

Teknologi Flex Hinge baru yang diusung Galaxy Z Fold 5 menariknya tak hanya dapat membuat layar terlipat dengan sempurna saja. Engsel ini juga diklaim lebih kuat dan tahan lama dibandingkan apa yang sebelumnya digunakan oleh Galaxy Z Fold 4.

Dengan spesifikasi yang hampir sama, panel yang diusung oleh Galaxy Z Fold 5 juga membawa tingkat kecerahan maksimal sampai 1.750nits. Meningkat hingga sekitar 30 persen ketimbang layar Galaxy Z Fold 4 yang hanya sampai 1.300nits.

Untuk melindungi kedua layarnya, Galaxy Z Fold 5 juga sudah mengusung Corning Gorilla Glass Victus 2. Lapisan ini tentu menawarkan tingkat proteksi lebih mumpuni daripada Corning Gorilla Glass Victus+ yang digunakan pada Galaxy Z Fold 4.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar