ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Dicoding Hadirkan Beasiswa Bidang IT Untuk Umum, Pelajar, dan Mahasiswa

Dicoding Hadirkan Beasiswa Bidang IT Untuk Umum, Pelajar, dan Mahasiswa[foto ilustrasi: pexels.com]

Gadgetren – Untuk menghasilkan talenta digital yang mampu bersaing di industri teknologi baik nasional maupun global, Dicoding resmi meluncurkan program beasiswa terbarunya yang bertajuk Dicoding Bangun Negeri.

Dicoding Bangun Negeri merupakan sebuah program CSR yang diinisiasi oleh Dicoding untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas talenta digital di Indonesia. Program beasiswa ini dihadirkan atas dasar angka permintaan yang tidak seimbang dengan jumlah talenta teknologi yang ada.

Setiap tahunnya, Indonesia disebut hanya menghasilkan 180 ribu lulusan perguruan tinggi dari program studi teknologi sehingga membuat Indonesia mengalami defisit talenta digital sebanyak 420 ribu orang per tahun. Kekurangan talenta digital inilah yang menjadi masalah yang ingin Dicoding Indonesia selesaikan.

Program ini memberikan kesempatan kepada siapa pun dari berbagai latar belakang ekonomi dan pendidikan untuk mendapatkan materi berstandar industri global di bidang teknologi. Adapun Dicoding membawa tiga program beasiswa mencakup Dicoding Bootcamp, Dicoding for University, dan Dicoding for School.

Khusus untuk Dicoding Bootcamp masing-masing peserta akan dikenakan biaya sebesar Rp14 juta untuk masing-masing paket yakni paket  Front-End Web dan Back-End Developer serta Paket Android Developer. Selain proyek dan tugas, materi Dicoding Bootcamp akan diberikan kuis dan atau ujian pilihan ganda untuk mengukur pemahaman peserta.

Beasiswa-Dicoding

Program ini akan ditutup dengan pengerjaan proyek akhir yang mana peserta akan bekerja secara berkelompok untuk mengembangkan solusi atas studi kasus yang diberikan, mulai dari masalah yang terjadi pada masyarakat hingga tantangan yang ada di dunia industri. Program ini akan memberikan gambaran penuh tentang karier di bidang IT.

Program beasiswa ini ditujukan kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi aktif Indonesia untuk menjadi talenta digital berkualitas dan dapat berkontribusi secara maksimal pada industri teknologi melalui beasiswa kelas-kelas favorit Dicoding.

Beasiswa-Dicoding-1

Sedangkan untuk Dicoding for University memberikan proses  pembelajaran secara online yang mana peserta akan mempelajari beragam materi yang relevan dengan industri melalui metode self-paced learning.

Terakhir Dicoding for School merupakan program beasiswa yang ditujukan untuk siswa-siswi SMA atau SMK yang aktif di seluruh Indonesia untuk meningkatkan literasi digital khususnya di bidang  pemrograman.

Pada Dicoding for School peserta akan mempelajari beragam materi yang relevan dengan industri secara self-paced learning. Pembelajaran juga akan berlangsung dengan dukungan fitur Forum Diskusi di setiap kelas.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar