ASUS TUF Gaming FX507
Berita Tekno

Canon EOS R100 Resmi Rilis di Indonesia, Kamera Mirrorless APS-C Termurah

Canon EOS R100 Resmi Rilis di Indonesia, Kamera Mirrorless APS-C Termurah

Gadgetren – Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor tunggal produk pencitraan digitalnya di Indonesia kembali membawa kamera mirrorless APS-C terbarunya melalui Canon EOS R100.

Kamera mirrorless APS-C tersebut menawarkan bobot yang ringan dan terkecil di ekosistem EOS R Canon dengan harga yang terjangkau. Harga normalnya dibanderol Rp10.699.000 untuk bodi saja, sedangkan dengan lensa EOS R100 RF-S 18-45mm f/4,5-6,3 IS STM dilepas Rp.12.299.000.

Sebagai penawaran menarik sampai tanggal 26 Juli 2023 mendatang, Canon pun secara khusus memberikan potongan harga untuk pembelian EOS R100. Yang mana bodinya saja dihargai hanya Rp Rp8.499.000 sedangkan dengan lensa EOS R100 RF-S 18-45mm f/4,5-6,3 IS STM dibanderol seharga Rp9.999.000.

Tak hanya itu setiap pembelian kamera  EOS R100, pembeli akan mendapatkan tambahan bonus eksklusif T-Shirt EOS R100. Saat ini seluruh kamera mirrorless dan lensa EOS R System milik Canon didukung garansi 2 tahun.

Dengan begitu jika konsumen memiliki masalah dapat langsung membawanya ke service center yang tersebar di kota–kota besar di Indonesia.  Sebelumnya Canon pun telah menghadirkan kamera mirrorless APS-C melalui EOS R50 dengan harga Rp13 jutaan.

Kehadiran dari kamera EOS R100 sendiri mengadopsi fitur kamera  EOS M50 Mark II yang dirilis pada tahun 2021. Kamera tersebut pun kemudian memiliki penerusnya melalui EOS R50 dengan menggunakan mesin pemrosesan gambar lebih baik berupa DIGIC X.

Adapun EOS R100 menggunakan sensor gambar beresolusi 24,1MP CMOS APS-C dan ditenagai  prosesor DIGIC 8. Kamera untuk kelas pemula ini dibekali fitur Dual Pixel CMOS AF yang memiliki jangkauan hingga 143 area titik fokus sehingga pengguna bisa dengan leluasa menentukan area fokus sesuai kebutuhan.

Canon-EOS-R100-4

Selain itu autofokus kamera ini juga disebut mampu melakukan pemfokusan otomatis secara cepat dan  akurat termasuk tersedianya kemampuan Eye Detection dan Face Detection yang memudahkan pengguna saat menangkap gambar pada subjek yang bergerak.

Dengan bobot 356 gram, kamera EOS R100 mudah dibawa ke manapun hingga dimasukkan ke dalam tas dan sangat direkomendasikan untuk pembuat konten pemula. Sayangnya layar di bagian belakang kamera tersebut tidak didukung pengoperasian disentuh sehingga pengguna harus melakukan setelan melalui tombol yang ada di sebelah kanan.

EOS R100 mempunyai viewfinder  (EVF) untuk menangkap subjek dengan bidikan melalui lubang kecil. Kamera ini diklaim mampu merekam video dengan hasil resolusi 4K serta mendukung mode video Timelapse 4K dan slow motion dengan perekaman dengan frame rate 120p.

Kemudian, tersedia juga mode Hybrid Otomatis yang mampu mengubah adegan foto dan video menjadi cuplikan pendek. Jika menggunakan lensa RF, pengguna juga dapat menikmati stabilisasi gambar saat mengambil foto dengan handheld yang lebih tajam hingga dalam pencahayaan redup.

 Canon-EOS-R100-5

Terdapat mode Change Movie Rotate untuk pengguna yang ingin merekam video dalam mode vertikal Fitur ini mempermudah saat video diputar di smartphone.  Selain itu pengguna juga dapat menggunakan setelah lain untuk mendapatkan kreativitas foto lebih baik seperti mode Creative Assist melalui Background blur, Brightness, dan Saturation.

Tak ketinggalan, dengan hadirnya mode Scene dan Scene Intelligent Auto membuat kamera bisa memilih pengaturan terbaik secara otomatis untuk adegan atau suasana yang ingin dipotret sehingga mampu menghasilkan gambar maksimal.

Untuk kemudahan pengiriman data, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan koneksi Bluetooth dan Wi-Fi, membuat pengguna dapat membagikan foto ke media sosial dengan mudah dengan aplikasi Canon Camera Connect melalui handphone.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar