ASUS TUF Gaming FX507
Berita Perangkat Pintar

Canon EOS R8 Resmi Dijual di Indonesia, Kamera Full Frame dengan Harga Terjangkau

Canon-EOS-R8-2

Gadgetren – Setelah menghadirkan kamera lini segmen APS-C melalui EOS R50, EOS R7, dan EOS 10, kini Canon kembali lagi membawa kamera terbaru yang bernama EOS R8. Berbeda dari saudaranya di kelas APS-C, EOS R8 ditargetkan untuk mereka yang ingin mencari kamera full frame terbaru dengan harga terjangkau.

Selama masa promo sampai tanggal 31 Mei 2023 mendatang, EOS R8 untuk bodinya saja dibanderol hanya Rp25.999.000 dari harga normal Rp31.999.000. Pembelian kamera ini juga turut menyediakan  bundling dengan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM sehingga total harga dengan bodi dilepas  Rp29.999.000.

Setiap pembelian EOS R8 bodi maupun EOS R8 dengan lensa RF24-50mm f/4.5-6.3 IS STM akan mendapatkan ekstra baterai LP-E17. Secara fisik, kamera EOS R8 mengusung bobot yang ringan dan ringkas sama seperti EOS R50 dan EOS R10 dengan berat di bawah 500 gram.

Mengenai keunggulan pada lensa kameranya, EOS R8 sendiri memiliki resolusi sensor gambar yang sama seperti EOS R50 dan EOS R10 yakni 24,2MP. Pemrosesan gambar EOS R8 juga didukung prosesor DIGIC X.

Jika disandingkan dengan EOS R6 yang dirilis pada tahun 2020, harga EOS R8 terpaut jauh karena pada kamera full frame baru ini tidak dibekali  Optical Image Stabilizer (Optical IS) yang sebelumnya hadir pada EOS R6.

Namun begitu kamera EOS R8 bisa dipadukan dengan lensa yang menggunakan dukungan lensa yang memiliki Optical IS untuk menghasilkan gambar yang lebih baik. Pengguna pun tak perlu khawatir untuk hasil video lebih stabil karena EOS R8 sudah dilengkapi oleh Movie Digital IS yang mampu mengoreksi kemiringan dengan stabilisasi gambar 5 sumbu selama perekaman video.

Canon-EOS-R8-4

EOS R8 sendiri menawarkan beberapa keunggulan fitur-fitur kameranya mencakup mampu mengambil gambar pada kondisi minim cahaya dengan sensitivitas ISO hingga 102.400 untuk foto dan sensitivitas ISO hingga 25.600 untuk video.

Kemudian menggunakan teknologi Dual Pixel AF II untuk pengambilan foto secara berkelanjutan hingga 40 fps. Selanjutnya bisa merekam video dengan kualitas 4K UHD tanpa cropping (oversampled dari 6K) pada 60p.

Selain perekaman normal 8-bit, EOS R8 juga menyediakan pilihan perekaman video dengan rentang dinamis 4:2:2 10-bit. Tak lupa untuk proses pengeditan mendukung Canon Log 3 agar hasil video lebih hidup.

Di samping mampu merekam hingga 4K, EOS R8 didukung pengambilan gambar Full HD hingga 180 frame per second (180p) dan video slow motion 6x lebih lambat saat diputar ulang pada 30p. Ditambah lagi kamera baru ini bisa melacak dan mendeteksi wajah, mata, dan tubuh baik pada orang dan hewan secara akurat dengan fitur EOS iTR AF X.

EOS R8 juga bisa dipadukan dengan aksesoris yang kompatibel seperti mikrofon eksternal melalui Multi-Function Shoe. Pada bagian layar untuk melihat hasil foto dan video menggunakan panel LCD dengan pengoperasian disentuh dan layar vari-angle berukuran 3,0″ serta mendukung 1,62 juta titik.

Konektivitas EOS R8 seperti port USB C, Bluetooth, dan koneksi WiFi yang bisa digunakan untuk transfer data serta kontrol jarak jauh dengan aplikasi Camera Connect telah diberikan. Kamera ini juga dibekali fitur-fitur menarik yang ada di kamera Cinema Canon seperti False Colours and Zebras, Aspect Marker Display, dan UVC (USB Video Class)/UAC (USB Audio Class).

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar