ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mengaktifkan Fitur eSIM di OPPO Find N2 Flip

Cara Mengaktifkan eSIM di OPPO Find N2 Flip

Gadgetren – Meskipun sudah mempunyai dua slot kartu SIM fisik, namun OPPO Find N2 Flip memiliki dukungan untuk eSIM (embedded SIM) yang mana adalah SIM digital yang komponennya sudah dibenamkan secara permanen di handphone.

Untuk saat ini beberapa operator yang telah mendukung eSIM di Indonesia adalah Smartfren, XL Axiata (XL serta AXIS), dan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat Ooredoo serta Tri). Dengan begitu, kamu dapat membeli nomor dan paket eSIM dari salah satu operator yang mendukung tersebut untuk digunakan pada OPPO Find N2 Flip.

Perlu dicatat bahwa apabila ingin mengaktifkan fitur eSIM, maka kamu harus menonaktifkan terlebih dulu slot kartu SIM kedua melalui aplikasi Settings di OPPO Find N2 Flip. Dengan begitu kamu hanya bisa memilih menggunakan dua kartu SIM fisik tanpa eSIM atau satu kartu SIM fisik serta eSIM.

Pada saat kamu mengaktifkan OPPO Find N2 Flip pertama kali, maka fitur eSIM belum diaktifkan sama sekali. Untuk itulah, kamu dapat mengaktifkan eSIM terlebih dulu pada halaman Mobile Networks di aplikasi Settings.

Cara Mengaktifkan eSIM di OPPO Find N2 Flip

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Pilih menu Mobile network
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 1
  3. Pilih opsi eSIM
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 2
  4. Tekan tombol toggle eSIM dari posisi mati ke menyala
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 3
  5. Pada menu pop-up SIM 2 will be disable if you enable eSIM, tekan tombol Enable
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 4
  6. Tekan tombol Add eSIM
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 5
  7. Pada halaman Download your eSIM, tekan tombol Next
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 6
  8. Pada halaman Scan QR code from network, pindai kode QR yang tertera pada paket eSIM yang dibeli
    OPPO Find N2 Flip - eSIM - 7
  9. Selanjutnya, tekan tombol Download untuk mengaktifkan eSIM
  10. Setelah muncul nama operator seluler di menu eSIM, maka tekan tombol Enable

Setelah eSIM dari operator yang dipilih aktif, maka kamu dapat mengakses internet, SMS, maupun telepon layaknya seperti menggunakan kartu SIM fisik. Dengan tidak memiliki bentuk fisik, membuat eSIM ini terhindar dari kerusakan atau hilang seperti kartu SIM fisik.

Selain dapat dibeli melalui customer service di daerah terdekat, kamu juga diberikan kemudahan untuk membeli nomor dan paket eSIM melalui situs resmi maupun aplikasi dari masing-masing operator.

eSIM sendiri diklaim mempunyai firewall yang dapat meminimalisir terjadinya peretasan terhadap data penggunanya. Selain itu, eSIM juga dapat menyimpan nomor kontak telepon pada sistem cloud yang telah disediakan oleh operator pembuatnya.

Sebenarnya ukuran eSIM yang terdapat di handphone ini berukuran kecil dengan ketebalan 0,67mm sehingga tentunya memudahkan produsen untuk menciptakan perangkat yang lebih ramping di kemudian hari karena tidak perlu menyediakan ruang untuk slot kartu SIM fisik.

Dengan tidak hadirnya kartu SIM fisik, tentunya kamu harus melakukan proses migrasi nomor eSIM ketika ingin berpindah antar perangkat. Biasanya proses migrasi ini dapat dilakukan dengan mudah melalui situs resmi masing-masing operator di Indonesia.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar