ASUS TUF Gaming F15
Berita Wearable

Galaxy Watch Terbaru Akan Ada Fitur Menarik, Irregular Heart Rhythm Notification

Galaxy Watch Terbaru Akan Ada Fitur Menarik, Irregular Heart Rhythm Notification

Gadgetren – Melalui keterangan resminya, Samsung Electronics mengumumkan fitur Irregular Heart Rhythm Notification (IHRN) akan segera hadir pada aplikasi Samsung Health Monitor di perangkat wearable Galaxy Watch terbarunya.

Fitur IHRN ini akan mengoptimalkan pengguna untuk memantau tekanan darah dan detak jantung ketika berolahraga maupun beraktivitas yang rencananya akan segera tersedia di 13 negara mulai pertengahan tahun 2023 ini.

Adapun 13 negara yang akan kebagian fitur IHRN mencakup Argentina, Azerbaijan, Ekuador, Georgia, Guatemala, Hong Kong, Indonesia, Kosta Rika, Republik Dominika, Panama, UEA, Amerika Serikat, dan Korea Selatan.

Fitur IHRN pertama kali akan tersedia untuk perangkat Galaxy Watch terbaru yang akan diluncurkan di tahun ini sebagai bagian dari kehadiran One UI 5 Watch terbaru di mana akan diperluas ke model-model sebelumnya secara bertahap.

Di aplikasi Samsung Health Monitor, fitur IHRN akan membantu pemantauan tekanan darah dan Electrocardiogram (ECG) untuk mendeteksi detak jantung yang berpotensi mengarah pada atrial fibrillation (AFib).

Namun demikian pihak Samsung menyebutkan bahwa hadirnya fitur IHRN bukan menggantikan metode perawatan medis atau bisa mendeteksi secara akurat melainkan untuk tujuan tujuan kesehatan dan kebugaran secara umum saja.

Tentunya untuk memberikan kepercayaan kepada pengguna, pihak Samsung pun telah mendapatkan izin dari FDA (badan pengawas makanan dan obat-obatan Amerika Serikat) dan juga MFSD (Ministry of Food and Drug Safety – Korea Selatan).

Fitur-Irregular-Heart-Rhythm-Notification-di-Galaxy-Watch

Secara teknis, fitur IHRN bersama fungsi ECG untuk memonitor detak jantung diklaim bisa memantau detak jantung ireguler di latar aplikasi dan akan memberi peringatan kepada pengguna terkait adanya potensi AFib.

AFib sendiri merupakan kelainan denyut jantung yang tidak teratur dan sering kali cepat yang umumnya menyebabkan aliran darah tidak lancar. Selain itu, pengguna fitur IHRN nantinya juga akan mendapatkan insight yang lebih dalam terhadap kesehatan kardiovaskuler mereka.

Fitur-Baru-Irregular-Heart-Rhythm-Notification-di-Galaxy-Watch

Hon Pak selaku Vice President and Head of Digital Health Team, MX Business, Samsung Electronics menyampaikan bahwa penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia dan pihaknya berkomitmen mendukung pengguna untuk terus mendapatkan informasi mengenai kesehatan jantungnya dengan menyediakan berbagai alat pemantauan, termasuk pengukuran tekanan darah dan notifikasi terhadap detak jantung ireguler.

“Kami pun akan terus mencari cara-cara baru untuk membantu pengguna Galaxy Watch mendapatkan insight yang lebih dalam terhadap kesehatan dan kebugaran mereka dengan mudah, baik siang maupun malam,” ujarnya.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar