ASUS TUF Gaming FX507
Review Laptop / PC

Review Acer Aspire 3 A314-23M – Desain Berkelas dan Kinerja Memadai Untuk Kerja

Acer Aspire 3 A314 (1)

Review Acer Aspire 3 A314-23M
  • Layar - 7/10
    7/10
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Fitur - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.2/10

Kesimpulan

Acer Aspire 3 A314-23M tampil dengan desain yang berkelas sambil tetap membawa performa memadai serta daya tahan baterai sangat lama.

Yang Disukai

  • Kinerja memadai untuk kerja
  • Sudah menggunakan SSD
  • Daya tahan baterai sangat lama
  • Desain terlihat berkelas
  • Konektivitas cukup lengkap

Yang Tidak Disukai

  • Layar hanya TFT HD 768p
  • Keyboard terasa hampa
  • Webcam terlalu over exposed

Gadgetren – Bekerja maupun belajar di rumah menjadi aktivitas yang mulai umum pada era digital masa kini sehingga banyak yang membutuhkan perangkat seperti laptop untuk melakukannya.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Acer pun telah menghadirkan sebuah laptop dengan spesifikasi yang patut dipertimbangkan karena sudah memiliki prosesor AMD Ryzen generasi terbaru.

Tidak hanya itu saja, laptop bernama Acer Aspire 3 ini juga sudah dilengkapi solusi penyimpanan berkecepatan tinggi. Nah untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kemampuannya, berikut ulasan Acer Aspire 3 A314-23M-R24X dari tim Gadgetren.



Dari segi desain, laptop ini memiliki bodi yang terbilang ramping sehingga bakal mudah untuk dibawa maupun disimpan dalam tas. Apalagi bobotnya pun masih tergolong ringan hanya 1,4 kg saja.

Acer Aspire 3 A314 (6)

Acer Aspire 3 hadir dalam balutan warna Pure Silver dengan tekstur seperti metal yang membuatnya terlihat premium dan berkelas. Logo Acer maupun tulisan Aspire terukir menghiasi bagian penutupnya dengan cukup cantik, melengkapi estetika modern yang disajikannya.

Desain yang dibawa oleh Acer Aspire 3 bisa dikatakan sedikit tidak biasa dengan beberapa akses yang membuatnya terlihat unik dibandingkan laptop lain pada umumnya. Desainnya sedikit mengingatkan pada mobil sport yang punya lekukan elegan.

Acer Aspire 3 A314 (5)

Salah satunya diakibatkan lubang pembuangan yang hanya setengah kiri saja pada bagian punggungnya. Pada bagian bawahnya memiliki lubang ventilasi yang cukup banyak serta memiliki kaki yang sedikit lebih tinggi untuk memastikan dapat udara yang cukup.

Secara keseluruhan laptop ini memiliki bodi yang terasa cukup kokoh dengan konstruksi yang berkualitas. Sementara itu, laptop ini menawarkan konektivitas yang tergolong masih memadai mulai dari port USB 3.2 Type A, USB 3.2 Type C, HDMI 2.1, dan 3,5mm audio jack. Untuk port USB Type C juga sudah mendukung pengisian daya untuk perangkat lain dan layar eksternal.

Acer Aspire 3 A314 (7)

Ketika penutupnya dibuka, tersaji layar berukuran 14 inci dengan bezel yang masih cukup tebal dan webcam pada sisi atasnya. Layar tersebut sayangnya masih menggunakan panel TFT LCD dengan resolusi yang hanya HD 768p saja saat kompetitor sudah ada yang sampai menawarkan panel IPS.

Sepertinya layar menjadi segmen yang digunakan untuk memangkas harganya agar tetap terjangkau. Namun sangat disayangkan sekali untuk harganya masih menawarkan layar HD yang mana padahal bakal lebih bisa diterima jika setidaknya sudah FHD 1080p.

Bahkan bisa dikatakan layarnya menjadi salah satu kekurangan utama yang dimiliki oleh Acer Aspire 13 karena akan membuat mata cepat lelah apalagi pada tingkat kecerahan layar tinggi.

Acer Aspire 3 A314 (3)

Alhasil layar Acer Aspire 3 memiliki tingkat detail dan ketajaman yang kurang untuk kelasnya. Panel TFT LCD pun menghasilkan reproduksi warna yang kurang cerah sehingga bakal mengurangi kenikmatan saat menyaksikan konten visual. Distorsi warna pun masih ada jika dilihat dari sudut ekstrem.

Akan tetapi, layarnya tersebut masih tetap dapat digunakan dengan baik untuk kebutuhan bekerja atau belajar. Hanya saja yang menjadi catatan, teks bakal terlihat kurang tajam jika sudah sering melihat layar dengan resolusi atau PPI (Pixel per Inch) tinggi sehingga bisa membuat mata lebih cepat lelah.

Acer Aspire 3 A314 Kamera

Menemani layar tersebut ada webcam yang dibekali fitur Acer Temporal Noise Reduction yang diklaim dapat menghasilkan gambar yang lebih terang dan mengurangi noise saat digunakan untuk konferensi video.

Namun sayangnya fitur tersebut rasanya tidak berpengaruh terlalu signifikan masih tetap banyak noise bermunculan. Bahkan bisa dikatakan tingkat eksposur yang diberikan pun cenderung tinggi.

Acer Aspire 3 A314 (2)

Beralih ke bagian keyboard, laptop ini menghadirkan pengalaman mengetik yang mencukupi. Tidak istimewa tetapi juga tidak buruk. Setiap tuts memiliki sensasi yang sedikit terlalu empuk dan terasa hampa dalamnya ketika ditekan. Lampu backlit pun absen dari keyboard ini.

Sementara untuk touchpad memiliki ukuran yang relatif sedang dengan permukaan yang halus untuk jari menelusur. Secara keseluruhan keyboard masih nyaman untuk digunakan mengetik dokumen dalam waktu lama serta touchpad juga berfungsi dengan baik saat tengah tidak menggunakan mouse eksternal.

Yang lebih menarik, di dalam bodinya tersebut Acer Aspire 3 telah dipersenjatai prosesor AMD Ryzen 3 7320U dengan 4 Core dan 8 Thread berkecepatan hingga 4,1 GHz untuk menghadirkan performa yang mumpuni dalam aktivitas sehari-hari. Prosesor ini sudah menggunakan arsitektur Zen 2 dengan TDP 15W serta AMD Radeon Graphics untuk kebutuhan olah grafis.

Acer Aspire 3 A314 HWiNFO

Tak ketinggalan Acer pun membenamkan RAM 8GB LPDDR5 dalam konfigurasi Dual Channel agar dapat menunjang multitasking serta PCIe NVMe SSD berkapasitas 512GB untuk memastikan sistem selalu bekerja responsif.

Dengan spesifikasi tersebut, Acer Aspire 3 bakal bisa diandalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas komputasi ringan pada umumnya. Oleh karena itu tidak mengherankan jika prosesor tersebut berhasil mendapatkan skor 1.021 poin untuk Single Core dan 3.475 poin untuk Multi Core ketika diuji menggunakan Cinebench R23 yang mana cukup bersaing dengan Ryzen 7 1700X.

Acer Aspire 3 A314 Cinebench R23

Begitu pula pada PCMark 10 yang mendapatkan skor 4.035 poin untuk pengujian sistem yang lebih menyeluruh. Selama digunakan dalam keseharian, Acer Aspire 3 memang memberikan pengalaman yang cukup lancar mulai dari menavigasikan Windows, membuka aplikasi kantoran seperti Office, hingga membuka beberapa tab di Chrome.

Acer Aspire 3 A314 PCMark 10

Hal ini tentunya tak lepas dari kehadiran penyimpanan SSD yang menemani prosesor generasi terbaru tersebut sehingga sistem dapat bekerja secara optimal mulai dari proses booting yang cepat hingga penggunaan yang responsif.

Lalu bagaimana jika ingin bermain game untuk melepas penat setelah beraktivitas? Acer Aspire 3 yang dibekali oleh AMD Radeon Graphics untuk kemampuan olah grafisnya yang mana merupakan GPU terintegrasi di dalam Ryzen 3 7320U.

Diuji dengan Shadow of Tomb Raider, laptop ini mendapatkan 16 FPS pada pengaturan grafis Lowest dengan resolusi 720p. Untuk game dengan kualitas grafis seperti ini, Acer Aspire 3 sedikit kesulitan untuk bisa mendapatkan FPS minimal agar bisa bermain dengan nyaman.

Acer Aspire 3 A314 Tomb Raider

Sementara untuk Counter Strike Global Offensive yang terbilang lebih ringan mendapatkan rata-rata 60 FPS hingga 70 FPS untuk area tertentu pada pengaturan grafis Medium dalam resolusi native 768p. Angka yang sudah sangat memadai untuk mendapatkan pengalaman bermain yang lancar.

Acer Aspire 3 A314 CSGO

Oleh karena itu bisa dikatakan Acer Aspire 3 masih bisa untuk dibawa bermain game kasual maupun lawas keluaran beberapa tahun lalu. Namun tetap perlu menjaga ekspektasi terhadap game apa yang ingin dimainkan mengingat laptop ini memang bukan lah laptop gaming.

Namun performa gaming yang kurang bertenaga tersebut tergantikan dengan daya tahan baterai yang ditawarkannya. Acer Aspire 3 dibenamkan baterai berkapasitas 40 Wh yang mana saat dikombinasikan dengan Ryzen 3 7320U yang efisien dalam konsumsi daya akan memberikan daya tahan baterai yang patut diacungi jempol.

Ketika diuji menggunakan PCMark 8 dalam mode Work dengan kondisi baterai 100% dan tingkat kecerahan layar 50%, laptop ini berhasil mendapatkan skor 8 jam 29 menit. Angka yang terbilang tinggi untuk sebuah laptop di kelas ini. Sebagai perbandingan, laptop mainstream rata-rata hanya bertahan sekitar 2-3 jam saja.

Acer Aspire 3 A314 Tes Baterai

Tentunya ini berarti Acer Aspire 3 sangat bisa diandalkan untuk digunakan meeting di kantor maupun belajar di kelas karena tidak perlu terlalu bergantung dengan charger. Laptop ini dapat digunakan dengan tenang dari pagi hingga sore hari dalam sekali pengisian daya.

Jadi tidak perlu repot-repot harus selalu mencari colokan listrik setiap kali ingin menggunakan laptop dalam waktu yang lama. Ditambah lagi, baterai laptop ini juga cukup cepat untuk diisi karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 2 jam hingga kembali terisi penuh.

Acer Aspire 3 A314 (8)

Kombinasi performa yang lancar dan responsif dalam berbagai kegiatan dengan daya tahan baterai yang lama membuat Acer Aspire 3 sangat optimal untuk digunakan bekerja maupun belajar. Begitu pula untuk kebutuhan umum seperti browsing maupun media sosial.

Memang untuk menikmati konten visual sedikit kurang memuaskan dikarenakan layarnya yang bisa dikatakan sudah ketinggalan zaman. Begitu juga dengan keyboard dan touchpad yang mungkin perlu sedikit kompromi untuk sebagian orang.

Dibalut dengan desain modern yang terlihat berkelas, Acer Aspire 3 A314-23M-R24X yang dihargai Rp7.199.000 pastinya bisa menjadi pertimbangan jika mencari sebuah laptop yang punya kinerja dan daya tahan baterai yang bisa diandalkan untuk aktivitas sehari-hari. Apalagi di dalamnya sudah langsung menjalankan Windows 11 Home serta tersedia Office Home Student.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar