ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

vivo Y36 Vs vivo Y35 – Cukup Mirip Walaupun Terlihat Berbeda

vivo Y36 Vs vivo Y35 - Header

Gadgetren – Meskipun secara sekilas tampak seperti ponsel yang berbeda, vivo Y36 ternyata masih memakai spesifikasi dan dukungan yang hampir sama dengan perangkat pendahulunya yakni vivo Y35.

Hal paling terlihat dari persamaan dari kedua ponsel tersebut pun terletak pada dapur pacunya. Perangkat vivo Y36 soalnya kembali menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) yang mampu dipacu hingga 2,4GHz bersama RAM berkapasitas 8GB.

Baterai yang digunakan oleh vivo Y36 pun masih berkapasitas 5.000mAh. Begitu juga pengisian dayanya masih mengandalkan teknologi 44W FlashCharge di mana tak jauh berbeda dengan apa yang diandalkan oleh vivo Y35 dalam mempersingkat durasi waktunya.

Untuk memberikan keandalan dalam pemakaian, vivo Y36 juga dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu dengan level tersertifikasi IP54. Ponsel tersebut pun juga menjalani pengujian ketat senada vivo Y35 sebelum akhirnya dipasarkan.

Lalu dengan berbagai macam persamaannya, apakah vivo Y36 layak dipertimbangkan jika kita ingin upgrade dari vivo Y35 apalagi banderol harga peluncurannya juga relatif sama? Buat kamu yang ragu-ragu tentu perlu melihat perbedaan dari kedua perangkat tersebut sebelum memutuskan hal itu.

Perbedaan vivo Y36 Vs vivo Y35

Meskipun membawa lumayan banyak persamaan, vivo Y36 tetap mempunyai beberapa perbedaan dibandingkan pendahulunya. Termasuk apa yang paling bisa kita lihat yaitu bagian desain bodi yang dipakai oleh kedua perangkat tersebut.

Perangkat vivo Y36 dalam hal ini meluncur dengan Dynamic Glass Design yang mengandalkan bahan kaca sebagai material pengembangannya. Sementara vivo Y35 memakai vivo Dynamic Color yang memanfaatkan plastik kaca dengan Crystalline Matte.

vivo Y36 Vs vivo Y35 - 1

Varian vivo Y36

Pilihan warna yang tersedia dari desain milik kedua ponsel tersebut juga sedikit berlainan. Perangkat vivo Y36 bisa dipinang dengan memilih antara varian Glitter Aqua dan Meteor Black sedangkan vivo Y35 antara Dawn Gold dan Agate Black.

Di bagian depan, desain layar vivo Y36 juga tampak lebih modern dengan lubang kamera berbentuk punch hole yang diberi nama Ultra O Screen. Hal ini tampak berbeda sekali dari vivo Y35 yang masih memakai poni kecil serupa tetesan air guna mengakomodasinya.

Perbedaan desain ini pun diikuti oleh spesifikasi layar yang dibenamkan pada kedua ponsel tersebut. Meskipun sama-sama menggunakan panel LCD, vivo Y36 berukuran 6,64 inci dengan resolusi 2388 × 1080 piksel sementara vivo Y35 6,58 inci dengan 2408 × 1080 piksel.

Tingkat kecerahan layar maksimal dari keduanya pun cukup berlainan. Panel LCD milik vivo Y36 mampu mencapai 650 nit di mana secara teori bakal lebih bisa diandalkan ketika kita berada di kondisi terik sekalipun dibandingkan vivo Y35 yang hanya 550 nit.

vivo Y36 Vs vivo Y35

Varian vivo Y35

Dari berbagai macam perbedaannya, peningkatan media penyimpanan internal vivo Y36 menjadi aspek yang paling menarik. Ponsel tersebut kini soalnya dilengkapi dengan kapasitas 256GB padahal harga peluncurannya sama dengan vivo Y35 yang sebelumnya hanya mempunyai 128GB.

Dengan kapasitas media penyimpanan dua kali lebih besar, kita pun bisa lebih leluasa dalam mengelola berbagai macam berkas yang kita miliki. Kita tidak perlu khawatir saat memasang banyak aplikasi maupun mengunduh video, foto, atau dokumen.

Ditambah lagi, vivo Y36 kini juga dilengkapi dengan dukungan NFC (Near Field Communication) yang sebelumnya tidak akan bisa kita jumpai pada vivo Y35. Jadi perangkat tersebut bisa lebih mempermudah pengguna seperti mengecek saldo e-money, melakukan pembayaran non tunai, atau menghubungkan aksesori.

Sayangnya dengan beberapa peningkatan di atas, vivo Y36 harus mengorbankan salah satu kameranya. Perangkat tersebut tidak lagi dilengkapi dengan sensor makro 2MP seperti vivo Y35 sehingga hanya mengemas lensa 50MP + kedalaman 2MP serta depan 16MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar