ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

vivo Y36 Series Resmi Meluncur di Indonesia dengan Harga Mulai 3 Jutaan

vivo Y36 Series Resmi Rilis di Indonesia

Gadgetren – Setelah beberapa waktu lalu dibocorkan tanggal kehadirannya, akhirnya vivo secara resmi telah memboyong handphone terbarunya yang bernama seri vivo Y36 ke Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan negara yang pertama didapuk untuk perilisan handphone kelas menengah tersebut di Asia Tenggara. Menariknya seri vivo Y36 di Indonesia tersedia dalam dua model mencakup vivo Y36 4G dan vivo Y36 5G.

Mengenai ketersediaannya, vivo Y36 4G menjadi model yang lebih dulu bisa dibeli oleh pelanggan vivo di Indonesia melalui program pre order sampai tanggal 31 Mei 2023 mendatang dengan harga banderol Rp3.399.000.

Sedangkan untuk pemesanan vivo Y36 5G akan diinformasikan dalam waktu dekat oleh pihak vivo Indonesia. Adapun program pre order vivo Y36 4G bisa diakses pelanggan melalui kanal penjualan online di vivo.com, Akulaku, Shopee, dan TikTok Shop.

Selain itu vivo Y36 4G juga bisa dipesan melalui kanal penjualan offline di vivo store, Erafone dan toko  yang bekerja sama dengan vivo. Selama periode pre order berlangsung, pembeli akan mendapatkan keuntungan tambahan berupa satu unit TWS, SIM Card XL Axiata, dan kuota pra bayar hingga 120GB per tahun.

Terkait keunggulannya, seri vivo Y36 sama-sama mengusung material kaca berupa Dynamic Glass Design di bagian penampang bodi belakangnya. Kemudian handphone kelas menengah ini tampil dengan bingkai datar dengan sudut melengkung.

Handphone yang satu ini memiliki kapasitas RAM LPDDR4X 8GB dan penyimpanan internal UFS 2.0 berkapasitas 256GB. Ditambah lagi mempunyai fitur ekspansi RAM sebesar 8GB sehingga memungkinkan RAM memiliki total 16GB.

vivo-Y36-5G-warna

vivo Y36 5G

Kinerja RAM handphone baru ini juga mampu berjalan dengan optimal berkat dukungan fitur Memory Booster. Bila kapasitas penyimpanan kurang maka pengguna bisa menggunakan slot microSD untuk menyimpan beragam file seperti dokumen, foto, dan video hingga 1TB.

Selanjutnya baterai seri vivo Y36 sama-sama berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi pengisian cepat 44W melalui USB Type C. Baterainya tersebut diklaim tahan digunakan hingga 2 hari dan memungkinkan pengguna menonton video hingga 16 jam dan bermain game hingga 7 jam.

Dengan pengisian cepat yang ada bisa mengisi daya dari 0 persen ke 30 persen selama 15 menit. Kedua perangkat ini juga didukung NFC Multifunctions yang bisa berguna untuk mengisi dan mengecek e-money, transaksi non tunai, transfer data, hingga membuka kunci pintu rumah dan apartemen.

Di samping itu terdapat dukungan sertifikasi IP54 yang menandakan seri vivo Y36 tahan terhadap cipratan air dan debu. Sektor fotografi kedua perangkat ini sama-sama dibekali lensa utama beresolusi 50MP dengan aperture f/1.8.

vivo Y36 4G warna

vivo Y36 4G

Tak ketinggalan, seri vivo Y36 menyediakan fitur-fitur fotografi seperti Double Exposure, Bokeh Flare Portrait, Portrait Light Effect, dan Portrait Bokeh. Untuk lensa utama vivo Y36 4G ditemani pula dengan lensa bokeh 2MP dengan aperture f/2.4 dan pada kamera depan vivo Y36 4G mempunyai resolusi 16MP dengan aperture f/2.45.

Dari segi tampilan seri vivo Y36 tebar pesona dengan layar berukuran 6,64″ berpanel LCD yang mempunyai resolusi Full HD+ (2388 × 1080 piksel) serta mendukung refresh rate 90Hz, tingkat kecerahan 650 nit, dan desain punch hole.

Fitur pelengkap seperti pemindai sidik jari yang terletak di sisi kanan samping bodinya sekaligus tombol power telah diberikan. Dengan sensor sidik jari, pengguna bisa masuk dengan cepat ke tampilan antarmuka Funtouch OS 13 berbasis Android 13.

vivo-Y36-4G-layar-

Masing-masing seri vivo Y36 menawarkan dua pilihan warna. Untuk vivo Y36 4G tampil dengan warna Glitter Aqua dan Meteor Black sedangkan vivo Y36 5G menawarkan warna Crystal Green dan Mystic Black.

Sementara performa pacu seri vivo Y36 ditenagai chipset yang berbeda. vivo Y36 4G mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 680 Octa-Core (6nm) 2.4GHz sedangkan vivo Y36 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 6020 Octa-Core (7nm) 2.2GHz.

Gilang Pamenan selaku Product Manager vivo Indonesia menyampaikan bahwa seri vivo Y36 dibandingkan generasi sebelumnya memberikan beberapa peningkatan dengan harga yang sama, pengguna mendapatkan benefit seperti ROM lebih besar dari 128GB, material kaca, desain punch hole untuk layar lebih luas, dan fitur NFC.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar