ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 – Bawa Kesan Premium

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 - Header

Gadgetren – Ponsel vivo Y36 resmi mengudara pada tanggal 25 Mei 2023 kemarin. Dengan banderol harga Rp3.399.000, perangkat tersebut memang bisa jadi salah satu pilihan baru di kelas menengah.

Spesifikasi yang diusung oleh perangkat besutan vivo tersebut apalagi juga tak kalah menarik jika dibandingkan ponsel-ponsel sekelasnya. Bahkan di atas kertas, ada sejumlah kelebihan yang patut dipertimbangkan saat kita sedang kebingungan mencari ponsel baru.

Walaupun begitu sebelum membeli ponsel yang meluncur dengan varian warna Glitter Aqua dan Meteor Black tersebut, kita pun tetap perlu memperhatikan sejumlah hal. Perangkat vivo Y36 soalnya tak hanya membawa kelebihan melainkan juga sejumlah kekurangan.

Kelebihan vivo Y36

1. Desain Premium

Jika membahas ponsel-ponsel buatan vivo maka kita tak boleh melewatkan desain bodi yang cantik di mana vivo Y36 pun demikian. Perangkat yang dibanderol kurang dari Rp3,5 juta tersebut bahkan untuk pertama kalinya membawa Dynamic Glass Design ke seri Y.

Sesuai dengan sebutannya, Dynamic Glass Design merupakan desain bodi ala flagship yang akan membungkus ponsel vivo dengan material kaca. Biasanya akan dikembangkan dengan teknologi pemrosesan yang bermacam-macam supaya hasilnya lebih variatif.

Secara khusus untuk vivo Y36, ada dua teknologi pemrosesan yang digunakan. Termasuk di antaranya meliputi Golden Ripple Process yang dipakai untuk menghasilkan efek berkilau seperti pantulan air danau pada model Glitter Aqua dan Fluorite AG Glass supaya versi Meteor Black mempunyai lapisan matte.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 - Desain Bodi

Berkat implementasi Dynamic Glass Design ini, vivo Y36 pun akan terlihat lebih premium. vivo apalagi memadukannya dengan 2.5D Flat Frame Design yang membuat sisi samping terlihat seperti iPhone generasi baru dan bingkai Fantasy Frame untuk mempercantik modul kameranya.

2. Memori Berkapasitas Besar

Di dalam balutan bodinya yang cantik, vivo Y36 juga meluncur dengan konfigurasi memori yang besar. Ponsel tersebut hadir dalam varian tunggal yang membawa RAM berkapasitas 8GB dan media penyimpanan internal sebesar 256GB.

Dengan RAM 8GB, kita pun tak perlu khawatir saat ponsel dipakai untuk menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan atau multitasking. vivo Y36 apalagi juga mempunyai dukungan Extended RAM yang bisa memberikan kapasitas tambahan lewat memori virtual hingga 8GB jika dirasa masih kurang.

Media penyimpanan berkapasitas sebesar 256GB juga terbilang sangat cukup untuk pemakaian di masa sekarang. Kita sudah bisa dengan leluasa menyimpan berbagai macam berkas mulai dari foto, video, dokumen, lagu, hingga data aplikasi.

Perlu diingat juga bahwa vivo Y36 pun mendukung ekspansi lewat slot memori eksternal hingga 1TB yang bisa dimanfaatkan jika ruang internal mulai menipis. Jadi nantinya kita tidak perlu repot-repot memindahkan data atau berlangganan layanan penyimpanan awan.

3. Baterai dan Pengisian Daya Mumpuni

Guna menunjang berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh para pengguna, vivo Y36 juga dipersenjatai dengan dukungan baterai yang cukup besar. Ponsel tersebut bahkan secara teknis bakalan mampu menampung daya dengan kapasitas sampai 5.000mAh.

Kelebihan dan Kekurangan vivo Y36 - Isi Kotak Kemasan

Berkaca pada ponsel-ponsel yang menggunakan baterai berkapasitas serupa, vivo Y36 pastinya bisa dipakai untuk mengerjakan berbagai macam tugas tanpa takut kehabisan daya. Kita nanti pun tidak perlu terlalu sering melakukan proses pengisian.

Kalaupun terpaksa melakukan pengisian daya, vivo Y36 sebenarnya juga sudah dilengkapi dengan dukungan 44W FlashCharge yang mana bisa mempersingkat prosesnya. Teknologi ini diklaim mampu mengisi hingga kapasitas 30 persen hanya dalam kurun waktu 15 menit.

4. Bodi Tangguh

Selain desain premium, bodi milik vivo Y36 juga dirancang supaya tangguh saat dipakai dalam berbagai macam kondisi. Ponsel tersebut salah satu di antaranya sudah dilengkapi dengan fitur tahan percikan air dan debu yang mana dibuktikan lewat sertifikasi IP54.

Berdasarkan keterangan yang diterima tim Gadgetren, ponsel tersebut di sisi lain juga harus menjalani berbagai pengujian ketat sebelum diluncurkan. Contohnya seperti 32.000 kali tes jatuh, 6.000 kali pemakaian port USB Type-C, penggunaan di suhu ekstrem, maupun 6.500 kali pemasangan jack audio.

Kekurangan vivo Y36

1. Proteksi Layar Dipertanyakan

Hadir di kelas Rp3 jutaan, layar vivo Y36 sebenarnya sudah cukup standar di mana mengusung panel IPS Full HD+ 6,64 inci dengan refresh rate hingga 90Hz. Hanya saja sayangnya vivo sama sekali tidak mengungkapkan apakah ponsel tersebut sudah mengusung lapisan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass atau belum.

Kabar baiknya, paket penjualan vivo Y36 turut menyertakan aksesori lapisan pelindung layar yang mana sudah diimplementasikan secara langsung. Kita makanya hanya perlu membeli baru ketika sudah rusak atau tidak nyaman untuk digunakan.

2. Kembali Memakai Chipset yang Sama

Sebagai penerus vivo Y35, ponsel tersebut juga mempunyai beberapa kekurangan lain. Salah satu di antaranya adalah bagian dapur pacu yang mana kini kembali menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 680 (6nm) berkecepatan hingga 2,4GHz.

Tidak masalah sebenarnya karena Snapdragon 680 pun masih bisa digunakan untuk pemakaian kasual di masa sekarang. Hanya saja jika melihat banderolnya, ada beberapa ponsel yang meluncur dengan kisaran harga serupa sudah membawa dukungan chipset lebih mutakhir.

3. Konfigurasi Kameranya Berkurang

Di samping pemakaian chipset yang masih sama, vivo Y36 pun meluncur dengan dukungan kamera yang lebih sedikit ketimbang vivo Y35. Ponsel tersebut terlihat menghilangkan sensor makro 2MP yang pernah menjadi andalan di generasi sebelumnya.

Selain sensor makro yang dihilangkan, ponsel tersebut untungnya masih memakai konfigurasi lensa yang sama dengan vivo Y35. Perangkat vivo Y36 secara khusus masih menggunakan kamera utama 50MP + kedalaman 2MP serta depan 16MP.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar