ASUS TUF Gaming FX507
Berita Laptop / PC

Hands-On Acer Aspire 5 Spin 14 – Laptop Hybrid Bertenaga dengan Stylus Bersertifikasi Wacom

Hands-On Acer Aspire 5 Spin 14

Gadgetren – Untuk memperkenalkan laptop Aspire Spin Series secara lebih mendalam, Acer Indonesia mengajak tim Gadgetren untuk mengikuti acara hands-on eksklusif di Jakarta.

Dalam kesempatan tersebut, saya diajak untuk mencicipi serta melakukan hands-on pada salah satu laptop hybrid terbarunya yang sudah diluncurkan di Indonesia yakni Acer Aspire 5 Spin 14.

Berkat penggunaan bahan logam membuat cover atau cangkang dari laptop terasa kokoh ketika saya sentuh. Sementara itu Acer Aspire 5 Spin 14 memiliki layar 14 inci dengan teknologi IPS dan resolusi WUXGA (1920 x 1200 piksel) yang mampu menampilkan konten dengan kualitas yang banyak sehingga nyaman dilihat oleh mata saya.

Acer Aspire 5 Spin 14 - Laptop Mode

Berkat teknologi IPS ini juga membuat saya masih dapat melihat konten pada layar hingga sudut kemiringan 178 derajat. Layarnya pun mempunyai aspek rasio 16:10 yang membuat konten dapat ditampilkan dengan area yang luas sehingga membuat pandangan menjadi luas.

Apalagi layar dari laptop ini dapat disentuh sehingga memudahkan saya untuk melakukan navigasi dengan sentuhan jari, seperti membuka menu Start, scroll halaman di sebuah situs atau dokumen, memilih menu, dan masih banyak lagi.

Layar Acer Aspire 5 Spin 14 dapat diputar mencapai 360o sehingga membuatnya menjadi 4 mode sekaligus yang terdiri dari Notebook atau Laptop Mode, Tablet Mode, Tent Mode, dan Display Mode.

Menariknya lagi, Acer Aspire 5 Spin 14 ini hadir dengan Acer Active Stylus bersertifikasi Wacom AES 2.0 yang sudah terintegrasi dan tersemat di bagian pinggirnya. Dengan begitu, saya hanya tinggal mengambil Acer Active Stylus ini secara cepat ketika ingin menunjang aktivitas harian di laptop hybrid ini.

Pada saat saya mencobanya, Acer Active Stylus bersertifikasi Wacom AES 2.0 ini mampu memberikan presisi tekanan yang tinggi terhadap layar sehingga membuat saya dapat dengan mudah ketika menggambar, menulis, maupun mencoret.

Acer Aspire 5 Spin 14 - Stylus Wacom

Selain itu Acer Active Stylus bersertifikasi Wacom AES 2.0 juga dapat dimanfaatkan untuk memudahkan saya dalam menavigasi antar menu secara mudah pada sistem operasi maupun aplikasi pada laptop ini.

Bisa dibilang Stylus ini sangat nyaman ketika digunakan dalam Tablet Mode karena memudahkan saya dapat menggambar pada layar yang tampil tanpa perlu terganggu oleh keyboard.

Acer Active Stylus bersertifikasi Wacom AES 2.0 ini sendiri mampu bertahan selama 4 jam ketika digunakan untuk aktivitas normal. Selanjutnya apabila saya memasukkan ke slot atau rumahnya di bagian pinggir laptop ini, maka akan daya baterai Stylus ini akan diisi hingga penuh selama 1,5 jam.

Acer Aspire 5 Spin 14 - Tent Mode

Dapur pacu dari Acer Aspire 5 Spin 14 ini dipercayakan pada prosesor dengan pilihan Intel Core i7-1335U atau Core i5-1335U yang dikombinasikan dengan GPU Intel Iris Xe Graphics dan RAM 16 GB yang mampu menangani aktivitas multitasking dengan lancar.

Selain memiliki kecepatan tinggi, SSD NVMe Gen4 yang dibenamkan pada laptop ini mempunyai kapasitas besar yang mencapai 512 GB sehingga dapat menampung banyak aplikasi maupun file sekaligus.

Selain itu, Matius John Tirtawirya selaku Consumer Product Manager Acer Indonesia menyampaikan beberapa fitur yang hadir pada laptop ini, seperti webcam beresolusi Full HD (1080p), Acer PurifiedView, dan Acer PurifiedVoice yang dapat membuat pengalaman video conference atau meeting menjadi lebih lancar.

Acer Aspire 5 Spin 14 - Speaker

John sendiri menjelaskan bahwa Acer PurifiedView ini hadir dengan beberapa kemampuan yang dibantu AI (Artificial Intelligence) seperti Auto Frame yang dapat mendeteksi keberadaan pengguna untuk membuat tampilan pengguna pada video conference menjadi proporsional.

Selain itu ada Advance Background Blur yang memburamkan latar belakang pengguna untuk melindungi privasi sekaligus membuat orang-orang menjadi fokus kepada pengguna dan Gaze Correction yang memungkinkan mata pengguna akan terkoreksi sehingga terlihat fokus melihat kamera walaupun pandangan sedang melirik ke kiri atau kanan sekalipun.

John juga mengatakan bahwa fitur Acer PurifiedVoice ini didukung dengan teknologi AI Noise Reduction yang dapat secara otomatis akan mengaktifkan fitur Active Noise Cancellation yang membuat kebisingan suara sekitar diredam yang membuat percakapan pengguna dengan orang lain selama video conference menjadi jernih.

Berbekal baterai 50 Wh Lithium Ion 3-Cell, John mengklaim bahwa laptop hybrid ini mampu bertahan selama 14 jam dalam pemakaian normal sehingga membuat nyaman untuk menggunakannya selama hampir seharian.

Acer Aspire 5 Spin 14 - Display Mode

Pada bagian samping kiri laptop terdapat port USB Type-C Thunderbolt 4, HDMI, port USB 3.2, dan DC-in Jack. Sementara apabila beralih ke bagian pinggir kanan, terdapat port Headset Jack, USB 3.2, Kensington Lock, dan slot atau rumah untuk menyimpan Acer Active Stylus bersertifikasi Wacom AES 2.0.

Acer Aspire 5 Spin 14 ini sudah dijual secara resmi di Indonesia dengan harga Rp14.999.000 untuk varian Intel Core i7 dan Rp11.999.000 untuk varian Intel Core i5. Laptop ini juga sudah dibekali dengan sistem operasi Windows 11 Home dan Office Home Student 2021.

Terdapat juga promo pembelian pada periode 20 Mei hingga 30 Juni 2023 di toko-toko tertentu, dimana pembeli akan mendapatkan juga bonus gratis 1 tahun berlangganan Adobe Photoshop + Adobe Fresco.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar