ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Smartphone

Ini 8 Kelebihan dan Kekurangan realme 11 NFC – Jagokan Helio G99 dan Kamera Besar

Kelebihan dan Kekurangan realme 11 NFC Header

Gadgetren – Dijual dengan harga Rp3.599.000, realme 11 NFC secara resmi hadir di Indonesia dengan tiga kombo andalan yang terdiri dari performa, fotografi, dan desain.

Dari sisi performa, perangkat ini sudah  dilengkapi dengan chipset MediaTek seri Helio G yang dioptimalkan untuk menjalankan game. Sementara fitur fitur pengisian daya baterainya pun bisa dibilang sangat cepat.

Adapun keunggulan fotografinya terdapat pada kamera utama yang memiliki resolusi sangat besar. Sementara desain bodinya dibuat menarik untuk memikat lebih banyak pengguna.

Kelebihan realme 11 NFC

1. Performa Lancar Jaya

realme 11 NFC sudah dilengkapi dengan chipset MediaTek Helio G99 (6nm) Octa-Core 2,2 GHz yang sudah didukung fitur MediaTek HyperEngine 2.0 Lite Gaming Technologies sehingga mampu menjalankan game dan aplikasi dengan lancar.

Berdasarkan pengujian dari internal realme, perangkat ini memiliki skor AnTuTu v9 mencapai 402.939 poin yang mana termasuk tinggi untuk ponsel kelas menengah. Bahkan chipset besutan MediaTek tersebut diklaim mengalami peningkatan 47% untuk CPU dan 78% untuk GPU dibandingkan generasi sebelumnya.

RAM berkapasitas 8 GB dipercaya untuk menangani aktivitas multitasking aplikasi dan game yang berjalan di ponsel ini. Sementara terdapat fitur Dynamic RAM hingga 8 GB dengan meminjam kapasitas kosong penyimpanan internal.

realme 11 NFC Processor

Dengan begitu beralih antar aplikasi menjadi lebih lancar dan dapat hingga 20 aplikasi yang berjalan di latar belakang secara bersamaan untuk multitasking terbaik di realme 11 NFC.

Penyimpanan internalnya mencapai 256 GB yang terasa lega karena dapat menampung banyak aplikasi, file, dan game sekaligus. TErdapat juga slot untuk menambahkan microSD untuk mengekspansi kapasitas penyimpanan.

2. Desain Menarik

realme 11 NFC mengusung desain Glory Halo Design dengan lingkaran pinggir menonjol seperti bezel jam tangan mewah pada bagian kameranya yang terlihat menonjol sehingga dapat menghadirkan detail dengan garis bersih dan tekstur halus bersinar di setiap sudutnya.

realme 11 NFC hadir dengan dua varian warna yang terdiri dari Glory Gold dan Dark Glory. Glory Gold menawarkan warna emas gradasi dan menampilkan pola melengkung ketika terkena pantulan cahaya sehingga membuatnya terlihat unik.

Sementara Dark Glory memiliki warna hitam pekat yang dapat menampilkan garis kilauan ketika terkena pantulan cahaya yang membuatnya terlihat lebih kalem.

realme 11 NFC BackBody

3. Layar yang Nyaman di Mata

Untuk memanjakan mata penggunanya dalam menikmati konten, realme 11 NFC sudah dilengkapi layar Super AMOLED 6,4 inci beresolusi Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan tingkat kecerahan puncak 1.000 nits dan dilindungi Corning Gorilla Glass 5.

Terdapat refresh rate 90Hz yang membuat layarnya dapat menampilkan gerakan transisi antar menu dan game dengan sangat halus. Namun apabila ingin lebih menghemat konsumsi daya baterai pada perangkat ini, maka dapat mengunci layar ke refresh rate 60Hz seperti ponsel pada umumnya.

Selain itu juga dapat menggunakan fitur Auto Switch yang memungkinkan terjadinya pergantian kecepatan refresh rate secara otomatis tergantung dari konten yang sedang ditampilkan.

4. Daya Tahan Lama dan 67W SUPERVOOC

Dilengkapi baterai berkapasitas 5.000mAh, realme 11 NFC diklaim mampu bertahan selama 18 jam untuk menjalankan video YouTube, 41 jam untuk memutar musik, 49 jam untuk panggilan telepon, atau 628 jam dalam kondisi siaga.

realme 11 NFC Battery

Dengan hadirnya fitur 67W SUPERVOOC, pengisian daya baterai dari kondisi 1% ke 50% hanya selama 17 menit. Bahkan dengan pengisian daya selama 15 menit, perangkat ini dapat digunakan selama 2 jam untuk memainkan game.

Tentunya fitur pengisian daya cepat sangat berguna bagi penggunanya yang memang memiliki mobilitas tinggi sehingga tidak ingin lama-lama menunggu saat harus mengisi daya ponsel.

5. Kamera Utama 108 MP

Perangkat ini hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 108 MP dan portrait 2 MP yang dapat dikombinasikan untuk menghasilkan foto Portrait dengan efek bokeh secara instan.

Sementara kamera 108 MP memungkinkan pengguna dapat menghasilkan foto dengan detail yang tinggi dan kaya warna sehingga dapat menghasilkan berkualitas bagus yang dapat dicetak di media berukuran besar.

realme 11 NFC camera

Terdapat 3x-in Sensor Zoom yang dapat membawa kualitas gambar jelas saat memotret objek dari jarak jauh dengan menggunakan 3x Zoom. Tentunya hal ini terasa membantu ketika kamu ingin membidik objek yang sedang sulit didekati.

Fitur Super NightScape Mode 4.0 yang dikombinasikan dengan kamera utama bersensor Samsung HM6 dan teknologi Nanopixel Plus memberikan peningkatan besar dalam penangkapan cahaya dan sensitivitas dengan peningkatan kecerahan 1,6x yang dicapai melalui teknologi Smart ISO agar menghasilkan foto malam terang dan mini noise.

Untuk kamera depan 16 MP dapat menghasilkan foto dengan subjek yang memiliki wajah yang cerah dan fokus. Selain itu, pengguna juga dapat menghasilkan foto Portrait dengan efek bokeh menggunakan kamera depannya.

6. Kualitas Teruji

realme 11 NFC sudah diuji kualitasnya karena mampu bertahan dari 500.000 kali uji tombol daya, 4.000 kali uji pergantian berulang on/off, 150.000 kali uji tombol volume, dan 20.000 kali uji cabut pasang USB.

Tak hanya sampai di situ saja, realme 11 NFC pun mampu bertahan selama 21 hari dari suhu tinggi dan uji kelembapan tinggi. Sementara untuk pengujian suhu ekstrem antara -40oC hingga 70oC, perangkat ini dapat bertahan selama 300 jam.

7. Fitur Lain Lengkap

realme 11 NFC sudah dilengkapi dengan fitur NFC (Near Field Communication) sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran digital, mengecek atau mengisi saldo kartu e-money, hingga transfer data.

Sensor fingerprint di bagian samping dapat mendeteksi sidik jari dengan responsif sehingga mempercepat pembukaan kunci layar. Sebagai alternatifnya, terdapat juga fitur Face Unlock untuk memudahkan pembukaan kunci layar dengan wajah.

Sejak pertama kali diaktifkan, ponsel ini sudah menggunakan realme UI 4.0 berbasiskan Android 13 yang memiliki tampilan sederhana dan mudah untuk dinavigasikan. Terdapat juga fitur seperti Dark Mode, Split Screen, App Clone, Focus Mode, dan masih banyak lagi.

realme 11 NFC camera 2

Kekurangan

1. Tidak Ada Lensa Ultrawide

Dengan harga yang mencapai Rp3 jutaan, justru ponsel yang satu ini tidak dilengkapi dengan lensa ultrawide untuk melengkapi kameranya. Padahal ponsel kompetitor di harga yang sama sudah menggunakan lensa jenis ini.

Dengan lensa ultrawide memungkinkan kamu dapat menghasilkan foto area luas secara instan. Sebagai gantinya harus  menggunakan mode Panorama yang mana lebih merepotkan untuk bisa mendapatkan foto luas

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar