ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

5 Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends Biar Bisa Main Lagi

Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - Header

Gadgetren – Agar tidak kehilangan akun Mobile Legends, kita bisa menautkannya ke berbagai macam layanan di mana termasuk Moonton, TikTok, Facebook, Google Play Games, maupun VK.

Karena dengan menautkannya, data-data dari profil Mobile Legends yang dimiliki akan ditambatkan ke akun dari layanan tersebut. Jadi nanti kita bisa kembali mengaksesnya meskipun ponsel rusak, sistem di-reset, atau bahkan beralih ke perangkat baru yang tangguh untuk dibawa bermain.

Dengan memanfaatkan penautan ini, kita pun bisa masuk ke dalam permainan dengan memakai profil yang sama. Kita tidak perlu mengulangnya dari awal seperti mengumpulkan hero atau skin lagi, menaikkan peringkat dari bawah, hingga mencari kembali akun milik teman mabar (main bareng).

Sayangnya, masuk dengan akun yang sudah ditautkan di mana sebenarnya lumayan mudah kadang-kadang justru bisa berubah menjadi sebuah masalah. Sejumlah kendala soalnya bisa saja muncul sehingga pada akhirnya kita kesulitan untuk mengakses akun Mobile Legends terkait.

Masalah koneksi gagal termasuk salah satu di antara kendala yang kadang-kadang harus dihadapi oleh para pemain Mobile Legends. Namun untungnya, kita bisa mengatasi hal itu dengan sejumlah langkah yang cukup mudah sesuai faktor penyebabnya.

1. Memperbarui Aplikasi

  • Buka Google Play Store.
  • Ketuk foto avatar di pojok kanan atas.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 1
  • Pilih menu Manage apps & device.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 2
  • Masuk ke bagian Update available atau All apps up to date.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 3
  • Ketuk tombol Check for updates jika daftar pembaruan aplikasi belum muncul.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 4
  • Klik tombol Update all untuk memperbarui seluruh aplikasi.
  • Tekan tombol Update pada aplikasi yang diinginkan saja jika ingin menghemat kuota.
  • Coba ganti akun di Mobile Legends dengan memakai layanan yang diinginkan.

Permasalahan tidak bisa masuk ke dalam akun Mobile Legends yang ditandai keterangan koneksi gagal salah satunya dapat diatasi dengan memperbarui aplikasi terkait. Hal itu soalnya bisa saja terjadi karena adanya bug dalam pengembangan layanan.

Perlu dicatat bahwa pembaruan ini berlaku tidak hanya untuk aplikasi Mobile Legends saja. Kita pun perlu melakukannya untuk layanan-layanan terkait seperti Google Play Games maupun peramban yang digunakan di dalam perangkat.

Langkah-langkah memperbarui aplikasi di atas pun berlaku untuk perangkat yang menggunakan sistem operasi Android. Apabila memakai iPhone atau iOS, kita bisa melakukannya lewat Apple App Store pada bagian pengaturan akun dengan mengetuk foto profil.

2. Menghapus Cache maupun Data Sementara

  • Jalankan aplikasi Mobile Legends.
  • Di halaman utama, ketuk Settings (ikon roda gigi).
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 5
  • Pilih menu Network Test di bagian bawah layar.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 6
  • Masuk ke bagian Clear Redundancy.
  • Ketuk tombol Start & Clean.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 7
  • Tunggu sampai proses penghapusan data tak terpakai hingga selesai.
  • Lalu masuk ke menu Cache Clearing.
  • Ketuk tombol Clean.
    Cara Mengatasi Koneksi Akun Gagal Mobile Legends - 8
  • Biarkan sampai aplikasi selesai dimuat ulang

Apabila memperbarui aplikasi belum menyelesaikan masalah koneksi akun gagal di Mobile Legends, kita selanjutnya bisa mencoba mengatasinya dengan membersihkan data sementara atau cache. Kita dalam hal ini dapat memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Moonton sebagaimana penjelasan di atas.

Selain membersihkan data sementara atau cache dari aplikasi Mobile Legends, kita juga perlu melakukannya untuk peramban jika layanan yang ditautkan dengan akun berasal dari pihak ketiga seperti Facebook atau VK. Kita bisa masuk ke halaman Settings > Apps > nama browser > Storage lalu mengetuk tombol Clear Cache jika memakai Android.

3. Mencoba VPN

  • Pasang salah satu aplikasi VPN terpercaya (misalnya TunnelBear)
  • Login atau buat akun jika diperlukan
  • Pilih negara yang mau dipakai
  • Aktifkan VPN sesuai petunjuk

Kendala masuk akun Mobile Legends dengan keterangan koneksi gagal juga memang bisa benar-benar terjadi akibat kesalahan sambungan internet. Untuk mengatasi hal ini, kita salah satu di antaranya bisa menjajal sejumlah aplikasi VPN. Hanya saja perlu diingat tidak semua layanan aman digunakan sehingga kita harus memilih dengan benar.

4. Beralih ke Jaringan yang Lebih Memadai

Masalah sambungan internet juga bisa diatasi dengan mencoba koneksi yang lebih memadai. Kita dalam hal ini bisa melakukannya dengan mengganti kartu seluler yang digunakan atau bahkan beralih sepenuhnya ke jaringan WiFi di mana umumnya punya akses lebih cepat dan lancar.

Misalnya, kamu yang menggunakan jaringan internet milik Telkomsel bisa mencoba beralih ke XL Axiata, Tri, Smartfren, IM3 Ooredoo, atau AXIS. Kamu juga bisa menjajal koneksi internet cepat dari layanan umum seperti wifi.id jika tidak mempunyai sambungan WiFi pribadi.

5. Menghubungi Pihak Moonton

Jika akun masih belum bisa diakses setelah menempuh beberapa cara di atas, menghubungi pihak pengembang aplikasi atau dalam kasus ini adalah Moonton bisa menjadi solusi selanjutnya. Mereka biasanya dapat memberikan saran yang lebih pas.

Ada beberapa opsi yang bisa digunakan dalam hal ini. Kita salah satu di antaranya bisa menghubungi pihak Moonton dengan mengirimkan pesan email ke alamat mobilelegendsgame@moonton.com. Selain itu, kita juga dapat melakukannya lewat akun sosial media mereka seperti Facebook dan Instagram.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar