ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

Ini 7 HP dengan NFC di Tahun 2023 Buat Kamu yang Mau Lebih Praktis

Rekomendasi HP dengan NFC - Header

Gadgetren – Near Field Communication atau biasa disingkat dengan istilah NFC kini memang bisa menjadi salah satu dukungan yang dipertimbangkan saat kita sedang memilih ponsel untuk dipinang.

Fitur ini soalnya memungkinkan sebuah ponsel mengemas sejumlah fungsi tambahan. Termasuk di antaranya seperti untuk mengecek saldo kartu e-money, melakukan pembayaran non tunai, membagikan data, hingga menyambungkan aksesori.

Dirancang sebagai fitur komunikasi jarak dekat di mana umumnya hanya bisa digunakan saat perangkat terpisah kurang dari 4cm, NFC bahkan menawarkan dukungan lebih praktis dan aman untuk melakukan beberapa fungsi tersebut.

Lebih praktis karena kita hanya perlu menempelkan perangkat saat ingin memakainya tanpa perlu melakukan pairing seperti Bluetooth atau mengisi kata sandi selayaknya WiFi. Selain itu NFC lebih aman karena pertukaran datanya relatif susah untuk diintip kecuali jaraknya benar-benar dekat.

Meskipun awalnya tersedia secara eksklusif untuk ponsel-ponsel kelas atas, NFC menariknya kini bisa kita jumpai dengan mudah di berbagai lini. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya jika membutuhkan perangkat yang sudah mendukung teknologi NFC untuk mempermudah berbagai hal.

1. SHARP AQUOS V6

Rekomendasi HP dengan NFC - 1

SHARP AQUOS V6 yang tersedia dengan kisaran harga Rp1.549.000 di Tokopedia menjadi salah satu di antaranya. Ponsel kelas entri ini juga dilengkapi dengan fitur NFC yang membuatnya sebagai perangkat paling murah jika mencari dukungan tersebut.

Perangkat yang mengandalkan MediaTek Helio G25 (12nm) berkecepatan hingga 2,0GHz ini tentu bisa menjadi salah satu alternatif saat kita perlu ponsel baru. Pasalnya performa yang dibawa sudah cukup memadai bahkan untuk bermain game ringan. AQUOS V6 apalagi membawa sejumlah kelebihan dimana termasuk baterai 5.000mAh salah satu di antaranya.

Dukungan yang diusung oleh ponsel ini juga lumayan lengkap untuk sebuah perangkat kelas entri. Kita bahkan sudah dapat menemukan mulai dari pemindai sidik jari, antarmuka USB Type-C, maupun akselerometer. Kameranya pun sudah mengusung konsep multi lensa dengan resolusi 13MP + makro 2MP + kedalaman 2MP.

2. Samsung Galaxy A14 4G

Rekomendasi HP dengan NFC - 2

Untuk harga yang sedikit lebih mahal, ada Samsung Galaxy A14 4G yang dibanderol dengan harga kurang lebih mulai dari Rp2.399.000 untuk varian terendahnya di Tokopedia. Ponsel keluaran Samsung ini juga membawa dukungan NFC yang siap membantu para penggunanya.

Galaxy A14 4G sendiri merupakan ponsel yang dipersenjatai chipset Samsung Exynos 850 (8nm) dengan frekuensi hingga 2,0GHz. Samsung mengombinasikannya dengan konfigurasi memori dengan RAM mulai dari 4GB dan media penyimpanan 128GB.

Yang cukup menarik, ponsel menengah besutan Samsung ini juga mendukung kamera multi-lensa dengan resolusi 50MP yang sudah ditunjang sensor sudut lebar 5MP dan makro 2MP. Perangkat ini pun sudah mengusung baterai 5.000mAh yang disokong pengisian daya 15W selayaknya perangkat Samsung masa kini.

3. Redmi Note 12

Rekomendasi HP dengan NFC - 3

Apabila mempunyai dana lebih tinggi yang mana minimal Rp2.599.000, kita pun dapat mempertimbangkan  Redmi Note 12 jika mencari perangkat terjangkau tetapi sudah mengusung NFC. Ponsel ini tersedia di Tokopedia dengan kisaran harga mulai dari segitu.

Redmi Note 12 terlebih lagi membawa dukungan yang lebih menarik ketimbang dua perangkat sebelumnya. Ponsel ini misalnya sudah menggunakan layar AMOLED Full HD+ (2400 x 1080 piksel) berukuran 6,67 inci yang mendukung refresh rate hingga 120Hz sehingga bakal memberikan pengalaman visual yang memuaskan.

Di sisi kinerja, ponsel ini pun sudah dipersenjatai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 685 (6nm) yang bisa dipacu hingga 2,8GHz untuk berbagai aktivitas termasuk bermain game. Kameranya juga sudah memakai sensor beresolusi 50MP dengan tambahan lensa sudut lebar 8MP dan makro 2MP untuk skenario fotografi tertentu.

4. POCO X5 5G

Rekomendasi HP dengan NFC - 4

Saudara jauh Redmi Note 12, yaitu POCO X5 5G, mungkin juga akan menjadi pilihan jika memerlukan ponsel dengan NFC di dalamnya. Perangkat ini bahkan bisa dibilang lebih menggoda walaupun tersedia dengan harga yang lebih mahal.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp3.499.000 di situs Xiaomi Official Store, POCO X5 5G soalnya dibekali dengan chipset Qualcomm Snapdragon 695 5G (6nm) hingga 2,2GHz yang juga membawa dukungan jaringan 5G sebagai dapur pacu sehingga dipastikan cukup bertenaga untuk harganya.

Layarnya memakai panel AMOLED Full HD+ 6,67 inci dengan refresh rate hingga 120Hz untuk konsumsi konten hiburan. Kameranya mengandalkan lensa utama beresolusi 48MP yang dikombinasikan dengan sensor sudut lebar 8MP dan makro 2MP. Terdapat juga sertifikat IP53 dan baterai 5.000mAh yang ditunjang pengisian cepat 33W melengkapi ponsel yang satu ini.

5. Samsung Galaxy A23 5G

Rekomendasi HP dengan NFC - 5

Untuk rentang harga kisaran Rp3 jutaan, Samsung Galaxy A23 5G juga dapat menjadi opsi yang tak kalah menarik. Ponsel dengan fitur NFC ini hanya saja dibanderol dengan harga sedikit lebih tinggi di mana kita memerlukan dana mulai Rp3.799.000 jika meminangnya dari Tokopedia.

Sama seperti POCO X5 5G, ponsel menengah buatan Samsung ini juga dilengkapi dengan chipset Snapdragon 695 5G yang dikombinasikan dengan RAM mulai dari 6GB dan media penyimpanan internal sebesar 128GB. Baterainya pun sudah berkapasitas 5.000mAh yang mana menjadi standar masa kini.

Daya tarik dari ponsel ini bisa dilihat pada bagian kameranya. Berbekal dukungan multi lensa yang terdiri dari sensor utama hingga 50MP, sudut lebar 5MP, makro 2MP, dan kedalaman 2MP, Galaxy A23 5G pun menawarkan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang dapat membuat pengambilan gambar menjadi lebih stabil.

6. IQOO Z7

Rekomendasi HP dengan NFC - 6

IQOO Z7 yang baru saja meluncur pada bulan April 2023 kemarin juga tak boleh dilewatkan saat mencari ponsel dengan NFC sebagai salah satu dukungannya. Perangkat ini bisa dipinang mulai dari kisaran Rp4.199.000 di Tokopedia.

Berbekal chipset Qualcomm Snapdragon 782G (6nm) berkecepatan hingga 2,7GHz yang dipadankan bersama RAM mulai dari 8GB dan penyimpanan 128GB, IQOO Z7 pun dapat menjadi alternatif bagi kita yang memerlukan perangkat berkinerja tinggi untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Selain itu, dukungan pengisian super cepat 120W juga turut hadir di perangkat ini. Jadi kita tidak memerlukan waktu lama untuk membuat baterai 5.000mAh miliknya sampai terisi penuh sehingga bisa dipakai kembali untuk melanjutkan aktivitas.

7. Samsung Galaxy A34 5G

Rekomendasi HP dengan NFC - 7

Dilabeli dengan harga  kurang lebih mulai dari Rp4.799.000 di Tokopedia, Samsung Galaxy A34 5G juga sangat cocok bagi kita yang sedang mencari ponsel baru dengan dukungan NFC. Terutama jika memerlukan perangkat yang mengemas paket komplit lewat spesifikasi dan fitur yang dibawanya.

Ponsel baru dari Samsung ini misalnya sudah membawa MediaTek Dimensity 1080 (6nm) berkecepatan hingga 2,6GHz sebagai otaknya. Selain menawarkan kinerja tinggi, chipset tersebut juga mendukung sejumlah teknologi mutakhir seperti jaringan 5G sehingga lebih menunjang untuk masa depan.

Pada bagian kamera, ponsel ini pun telah dilengkapi dukungan multi lensa yang terkonfigurasi dari sensor utama hingga 48MP, sudut lebar 8MP, dan makro 5MP dengan fitur OIS sebagai penyokongnya. Galaxy A34 5G juga sudah membawa layar Super AMOLED Full HD+ 6,6 inci yang mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar