ASUS ROG G22CH
Berita Smartphone

Handphone Foldable Google Pixel Fold Resmi Meluncur, Ini Keunggulannya

Google-Pixel-Fold-selfie.

Gadgetren – Dalam ajang pameran teknologi Google I/O 2023, Google secara resmi telah meluncurkan handphone foldable pertamanya yang bernama Pixel Fold.

Saat ini Pixel Fold sudah bisa dipesan secara global khususnya di wilayah Amerika Serikat  dengan harga banderol mulai 1799 USD atau setara Rp26,4 jutaan dan mulai tersedia pada bulan Juni 2023 mendatang.

Pixel Fold sendiri hadir dalam dua varian warna mencakup Porcelain dan Obsidian. Secara fisik, perangkat foldable ini memiliki dimensi yang berbeda dengan pesaingnya Galaxy Z Fold4 khususnya pada layar kedua atau cover di bagian depan yang lebih kecil.

Adapun Pixel Fold memiliki layar cover berukuran 5,8″ yang memiliki resolusi 2092 x 1080 piksel dan tingkat kecerahan mencapai 1550 nit. Sedangkan layar utamanya mengusung ukuran 7,6″ yang mempunyai resolusi 2208 x 1840 piksel dengan tingkat kecerahan 1450 nit.

Layar utama dan cover Pixel Fold pun dibekali panel OLED serta mendukung refresh rate 120Hz dan dilindungi Gorilla Glass Victus. Bisa dibilang layar utama Pixel Fold memiliki ukuran yang sama dengan Galaxy Z Fold4.

Dengan ukuran layar cover yang lebih kecil, membuat Pixel Fold memiliki dimensi secara vertikal yang lebih pendek sehingga memiliki bodi yang lebih lebar ke samping. Dengan begitu perangkat ini tampak lebih ringkas.

Namun begitu bobotnya lebih besar dibandingkan dengan Galaxy Z Fold4 sekitar 283 gram karena baterainya memiliki kapasitas besar mencapai 4.821 mAh yang dilengkapi pengisian daya 33W melalui USB Type C.

 Google-Pixel-Fold-mode.

Sayangnya dalam kemasan pembeliannya, kabel adaptor pengisian daya tersebut tidak disertai sehingga pembeli harus mendapatkannya secara terpisah dan juga Pixel Fold belum didukung Stylus Pen.

Untuk sistem operasinya menggunakan Android 13 dan performa pacunya mengandalkan chipset Google Tensor G2 yang dipadukan dengan chip keamanan Titan M2. Chipset ini ditemani RAM LPDDR5 berkapasitas 12GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 berkapasitas 256/512GB.

Soal fotografi, Pixel Fold menyediakan tiga kamera belakang berupa lensa utama 48MP dengan aperture f/1.7 dan Optical Image Stabilization (OIS), lensa sudut lebar 10.8MP dengan aperture f/2.2 dan sensor berukuran 1/3″, serta lensa telephoto 10.8MP dengan aperture f/3.05 dan pembesaran optik 5x.

Google-Pixel-Fold-1.

Kemudian kamera di atas layar cover beresolusi 9.5MP dengan aperture f/2.2 dan kamera pada layar utama beresolusi 8MP dengan aperture f/2. Perekaman video dengan kamera belakang bisa menghasilkan resolusi 4K pada 60fps dengan dukungan fitur HD, slow motion hingga 240fps, 4K timelapse dengan stabilisasi dan astrophotography timelapse.

Fitur-fitur penunjang lainnya seperti pemindai sidik jari yang terletak di tombol power, pengenalan wajah, sertifikasi IPX8 yang menandakan perangkat tahan cipratan air, menjangkau jaringan 5G, WiFi 6E telah diberikan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar