Berita Tekno

Bisa Rekam Video RAW 6K 60fps, Canon EOS R6 Mark II Resmi Dirilis di Indonesia

Canon-EOS-R6-Mark-II-rilis-

Gadgetren – Canon melalui PT Datascrip sebagai distributor resminya telah memboyong kamera mirrorless full-frame terbarunya yang bernama EOS R6 Mark II. Kamera ini menyasar fotografer dan videografer profesional pada segmen pernikahan, olahraga, pembuat konten, hingga pendokumentasian alam liar.

Kamera EOS R6 Mark II mulai bisa dipesan pada tanggal 16 Desember 2022 sampai 15 Januari 2022 mendatang. Setiap pembelian kamera mirrorless baru ini pun pengguna akan mendapatkan layanan purna jual berupa garansi 3 tahun.

Sebagai penawaran menarik selama periode pre order, pembeli juga akan mendapatkan potongan harga dari harga normal Rp51.499.000 menjadi R44.999.000 untuk bodinya saja. Sedangkan paket pembelian bodi dengan lensa RF 24-105mm F/4 – 7,1 IS STM juga mendapatkan diskon selama pre order dari harga Rp56.999.000 menjadi Rp49.999.000.

Selain itu setiap pemesanan juga akan mendapatkan bonus baterai LP-E6NH. Terkait keunggulannya, kamera mirrorless full-frame merupakan penerus EOS R6 yang telah dirilis pada tahun 2020. Kamera ini menawarkan peningkatan untuk fitur kamera foto dan video.

Dibandingkan dengan saudaranya, EOS R6  Mark II sudah bisa merekam video RAW hingga 6K pada 60p dan video slow motion Full HD pada 180p. Sedangkan dahulu EOR R6 hanya bisa merekam video 4K hingga 60 fps dan slow motion pada 120 fps dalam Full HD tanpa crop.

Namun begitu EOS R6 Mark II masih menggunakan prosesor gambar yang sama seperti adiknya yakni DIGIC X yang sudah mampu mengurangi noise pada foto dan video lebih baik karene dibekali rentang ISO hingga 102.400. Prosesor gambar ini juga dipadukan oleh sensor gambar CMOS full-frame yang mempunyai resolusi lebih tinggi dari sebelumnya yakni 24,2MP.

Canon-EOS-R6-Mark-II-close-up

Selain fitur perekaman video dan slow motion yang lebih baik, EOS R6 Mark II uniknya mempunyai fitur Focus Breathing Correction dengan mode HDR yang bertugas mengurangi perubahan sudut pandang yang tidak diinginkan selama transisi fokus.

Kamera EOS R6 Mark II juga didukung dengan perekaman In-Body IS dan fitur Digital Lens Optimizer (DLO) untuk menghindari penurunan kualitas gambar karena blur. Selain itu dibekali gimbal stabilisasi 5 sumbu  hingga 8 stop selama perekaman video dan pengambilan foto.

Pendeteksian subjek secara otomatis pada kamera ini mendukung lebih dari satu jenis subjek dalam bingkai yang sama berkat algoritma Artificial Intelligence (AI) yang tak hanya bisa mendeteksi hewan tetapi juga kendaraan seperti mobil, kereta api, dan pesawat. Kemudian juga mempunyai mode Eye Detection AF yang mampu menentukan prioritas mata kanan atau kiri saat pengambilan gambar foto atau video.

Canon-EOS-R6-Mark-II-light

Pada bagian bidikannya, kamera EOS R6 Mark II pun menggunakan Electronic Viewfinder (EVF) berpanel OLED yang mempunyai resolusi 3,69 juta dan juga terdapat layar LCD sentuh Vari-angle untuk bisa melihat pengaturan hingga hasil bidikan.

Bahkan pengguna EOS R6 Mark II bisa melakukan video streaming atau rapat online dengan UVC (USB Video Class) dan UAC (USB Audio Class) yang bisa mengirimkan data audio video kualitas tinggi Full HD 30p ke komputer Windows atau Mac OS. Tak lupa tersedia fitur pendukung penting lainnya seperti koneksi Wi-Fi 2.4GHz.

Tinggalkan Komentar