ASUS Vivobook S 14 OLED S5406
Tips dan Trik Aplikasi

Kenapa Kode QR WhatsApp Tidak Valid? Ini Penjelasan Sekaligus Solusinya!

Kenapa Kode QR WA WhatsApp Tidak Valid - Header

Gadgetren – Untuk mempermudah pengoperasian para pengguna, WhatsApp juga melengkapi layanannya dengan berbagai macam dukungan yang mana salah satu di antaranya termasuk fitur Kode QR.

Dengan menggunakan fitur tersebut, kita pun bisa menambahkan nomor kontak hingga masuk ke layanan WhatsApp Web di komputer maupun laptop secara lebih praktis. Walaupun dalam hal ini Kode QR yang digunakan memang berbeda.

Namun sayangnya saat menggunakan fitur Kode QR di layanan WhatsApp, kita juga bisa mengalami sejumlah kendala. Kode yang ditampilkan oleh aplikasi kadang-kadang tidak bisa dipindai dengan baik karena sudah tidak valid.

1. Lensa Kamera Kotor

Salah satu di antaranya bisa disebabkan oleh kamera yang kotor saat digunakan untuk memindai. Kotoran seperti debu atau bercak sidik jari yang menempel di lensa tentu bisa mengganggu proses pemindaian dan bahkan kadang-kadang mengubah bagian kecil kode QR sehingga membuatnya menjadi tidak valid.

Mengusap-usap lensa dengan kain bersih pun bisa menjadi salah satu hal yang kita coba jika mengalami masalah pemindaian Kode QR WhatsApp. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa material yang digunakan cukup lembut sehingga nanti tidak malah menggores kacanya.

Pastikan juga pemindaian dilakukan dengan pencahayaan yang cukup supaya Kode QR pun bisa terlihat lebih jelas. Kalau diperlukan, kita juga bisa memanfaatkan lampu flash bawaan kamera untuk mempermudah proses pengambilan gambar.

2. Kode Memang Sudah Tidak Berlaku

Kode QR yang sudah tidak berlaku juga bisa mengakibatkan proses pemindaian menjadi tidak valid. Seperti apa yang kita tahu, kita bisa menyetel ulang atau mengubahnya secara leluasa lewat aplikasi WhatsApp. Ketika melakukan hal tersebut, maka kode yang sebelumnya pun tidak bisa digunakan lagi.

Untuk memastikan Kode QR bisa digunakan, kita pun bisa kembali menyetel ulang kode sebelum dibagikan. Proses ini bisa dilakukan melalu Settings > QR Icon > More options (ikon titik tiga) > Reset QR Code dari aplikasi WhatsApp.

Selain Kode QR nomor kontak, masalah ini juga bisa terjadi pada proses pemindaian untuk masuk ke layanan WhatsApp Web. Kode yang ditampilkan di komputer atau laptop sebenarnya hanya berlaku dengan durasi waktu yang sangat terbatas.

Supaya bisa berhasil masuk ke layanan WhatsApp Web, kita makanya perlu membuat Kode QR baru dengan menyegarkan halaman lalu segera melakukan pemindaian dengan menggunakan aplikasi di ponsel pintar. Jangan sampai terjeda terlalu lama.

3. Aplikasi Eror atau Usang

Aplikasi yang eror atau usang juga bisa membuat Kode QR WhatsApp menjadi tidak valid. Supaya bisa tetap memanfaatkan fitur mutakhir dari layanan pesan instan tersebut kita biasanya memang perlu memakai versi yang paling anyar. Cek Google Play Store atau Apple Apps Store untuk melakukannya.

Kita juga perlu memastikan bahwa aplikasi yang digunakan sedang dalam kondisi prima. Dalam hal ini, kita dapat mencoba untuk menghapus cache atau datanya sesuai dengan model ponsel yang dipakai. Misalnya lewat Settings > Apps > WhatsApp > Storage > Clear Cache untuk sejumlah perangkat Android.

4. Sedang Bermasalah

Seperti layanan berbasis internet lainnya, masalah QR Code yang tidak valid juga bisa terjadi karena WhatsApp memang sedang mengalami gangguan. Baik itu akibat server yang sedang down, pemeliharaan rutin, atau masalah koneksi.

Menunggu sampai WhatsApp atau operator yang bertanggung jawab menyelesaikan permasalahannya tentu menjadi satu-satunya hal yang bisa dikerjakan. Walaupun untuk masalah koneksi, kita juga bisa mencoba sambungan internet dari jaringan lain.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar