Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Data Roaming di Handphone Xiaomi Biar Pulsa Aman Saat di Luar Negeri

Cara Mematikan Data Roaming di Xiaomi - Header

Gadgetren – Layanan roaming yang tersedia di berbagai macam operator memang bisa sangat membantu ketika kita sedang bepergian ke luar negeri di mana umumnya tidak dijangkau oleh jaringan mereka.

Dengan layanan tersebut, kita nanti tetap bisa menggunakan handphone untuk menelepon, mengirim SMS, maupun berselancar di internet karena operator akan meminjam jaringan lain yang tersedia di sana.

Untuk menggunakan layanan tersebut, sayangnya akan ada tambahan biaya. Tarif yang dikenakan makanya bakalan lebih mahal daripada saat menelepon, mengirim SMS, atau mengakses internet dengan jaringan asli operator terkait.

Kabar baiknya, berbagai macam handphone yang beredar di pasaran umumnya sudah mendukung pengaturan untuk mematikan opsi data roaming. Jadi layanan internet tidak akan langsung aktif dan menguras pulsa begitu saja saat kita berada di luar jaringan operator yang digunakan.

Dukungan untuk mematikan opsi data roaming ini juga tersedia pada handphone-handphone buatan Xiaomi. Adapun buat kamu yang belum tahu cara memakainya, berikut langkah-langkah yang bisa ditempuh.

Cara Mematikan Data Roaming di Handphone Xiaomi

  • Masuk ke halaman Settings di handphone
  • Klik menu SIM cards & mobile networks
  • Buka bagian Advanced settings
    Cara Mematikan Data Roaming di Xiaomi - 1
  • Ketuk pengaturan Data roaming
  • Klik International roaming
  • Atur ke opsi Never
    Cara Mematikan Data Roaming di Xiaomi - 2

Dengan mengubah pengaturan International roaming ke Never, operator tidak akan langsung mengalihkan layanan ke jaringan lain saat miliknya tidak tersedia. Jadi pulsa akan tetap aman atau tagihan bisa terkendalikan.

Hanya saja sebagai gantinya, layanan internet dari operator terkait tidak akan dapat digunakan. Kita mungkin perlu mencari alternatif lain seperti menghubungkan handphone ke jaringan WiFi publik agar tetap bisa berkomunikasi.

Jika masih tetap ingin terhubung ke layanan internet seluler milik operator, kita bisa mengubah kembali pengaturan International roaming ke Always. Namun jangan lupa untuk membeli paket khusus roaming supaya lebih hemat.

Selain itu, kita pun dapat mengatur batas pemakaian harian supaya tidak jebol. Kita dalam hal ini hanya perlu mengaktifkan opsi Set daily data limit while roaming lalu mengubah ukuran data pada menu Size di halaman yang sama untuk melakukannya.

Sedikit mengingatkan, antarmuka tampilan dari setiap versi MIUI biasanya akan berbeda-beda. Kita karenanya mungkin perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas pada sejumlah model handphone buatan Xiaomi supaya berhasil.

Tinggalkan Komentar