ASUS TUF Gaming F15
Tips dan Trik Handphone

Cara Membuka Layout Layar Terkunci OPPO Supaya Bisa Diatur

Cara Membuka Layout Layar Terkunci OPPO Header

Gadgetren – ColorOS yang hadir pada perangkat OPPO menampilkan tampilan antarmuka yang simpel, terutama pada bagian Home Screen dengan ikon yang besar dan mudah diakses oleh penggunanya.

Secara bawaan, layout dari Home Screen ColorOS pada perangkat OPPO akan mengizinkan kamu untuk mengisi maksimal 4 kolom x 6 baris sehingga dapat mengisi total 24 ikon aplikasi dalam satu halaman Home Screen.

Untuk mencegah ikon layout Home Screen menjadi berantakan akibat layar tidak sengaja disentuh, tersedia fitur untuk mengunci ikon pada Home Screen. Jika kamu lupa bagaimana menggunakan fitur tersebut atau mungkin tidak sengaja aktif, tentunya ikon jadi tidak bisa dipindahkan sama sekali.

Untuk membuka layout Home Screen layar OPPO, kamu pun hanya perlu menonaktifkan fitur Lock Home Screen Layout yang tersedia di menu Setting.

Cara Membuka Layout Layar Terkunci OPPO

  • Buka aplikasi Settings di perangkat OPPO.
    OPPO - Lock Layout - Settings
  • Untuk membuka layout layar, masuk ke menu Home Screen & Lock screen.
    OPPO - Lock Layout - Home screen settings
  • Tekan tombol toggle Lock Home screen layout ke posisi mati.
    OPPO - Lock Layout - off toggle
  • Setelah fitur tersebut dimatikan, maka kamu bisa mengatur kembali tata letak ikon yang ada.

Dengan begitu, kamu pun bisa memindahkan ikon aplikasi sesuai dengan susunan yang diinginkan. Namun saat fitur tersebut tidak aktif, kamu perlu berhati-hati agar ikon tidak tertekan secara sembarangan yang mana bisa membuatnya pindah sendiri.

Apabila dalam satu halaman Home Screen telah dipenuhi oleh ikon, maka nantinya akan dibuatkan halaman tambahan pada saat kamu menyimpan ikon baru. Hal ini akan berlaku seterusnya sehingga kamu dapat menyusun setiap ikon aplikasi di Home Screen sesuai dengan urutan maupun kebutuhan.

Selain itu, kamu juga dapat mengelompokkan beberapa ikon dalam satu folder hanya dengan melakukan drag & drop dari satu ikon ke ikon lainnya sehingga bisa dibuat sebagai kategori folder.

Sementara itu, kamu juga dapat menempatkan beberapa ikon aplikasi utama pada Deck yang berada di bagian bawah layar. Apabila kamu berpindah halaman Home Screen, maka ikon yang berada pada Deck akan selalu konstan sehingga cocok untuk menjadi tempat bagi aplikasi yang sering diakses.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar