ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private di Google Chrome

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private di Google Chrome - Header

Gadgetren – Google Chrome menjadi browser paling populer di seluruh salah satunya dikarenakan tampilan antarmuka yang simpel sehingga memudahkan navigasi.

Namun pada saat mengunjungi sebuah situs, kamu bisa mendapatkan pesan Your Connection Is Not Private yang mana halaman tersebut tidak dapat diakses dan dibuka sama sekali.

Hal ini tentunya sangat mengganggu ketika harus melihat informasi dari situs tersebut, apalagi jika berulang terus menerus akan membuat pengalaman berinternet menjadi tidak nyaman.

Biasanya munculnya pesan Your Connection Is Not Private dikarenakan Google Chrome menemukan masalah ketika melakukan sambungan SSL atau tidak dapat memverifikasi sertifikat keamanan dari situs tersebut.

Apabila sertifikat SSL gagal divalidasi, maka Google Chrome akan memberikan pesan Your Connection Is Not Private dan memberikan larangan untuk mengunjungi situs tersebut untuk menghindari masalah lebih lanjut seperti phising atau penipuan lainnya.

Namun pesan tersebut bisa juga muncul pada situs terpercaya, namun sedang terjadi suatu kesalahan sehingga Google Chrome gagal dalam memverifikasi sertifikasi SSL.

Sertifikat SSL sendiri memungkinkan sebuah situs dapat berjalan di protokol HTTPS yang memiliki tingkat keamanan lebih baik dibandingkan dengan HTTP. Namun sertifikat SSL bisa kadaluwarsa yang mana tentunya akan memunculkan pesan tersebut jika tidak diperbarui.

Cara Mengatasi Your Connection Is Not Private di Google Chrome

1. Refresh Halaman

Pada saat muncul pesan Your Connection Is Not Private, bisa saja koneksi internet yang sedang berjalan tidak stabil yang mana membuat Google Chrome gagal mengirimkan permintaan ke server untuk memindai sertifikat SSL dari situs terebut.

Kamu pun dapat menyegarkan kembali halaman yang tengah dikunjungi. Selain itu, sebaiknya kamu menggunakan jaringan internet yang lebih stabil dan lancar agar bisa membuka situs yang bersertifikat SSL dengan baik.

2.Gunakan WiFi Pribadi Untuk Transaksi Penting

Terkadang pada saat menggunakan WiFi umum, semua transaksi maupun data yang kamu berikan atau masukkan pada sebuah situs memiliki potensi untuk diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab lebih mudah.

Biasanya Google Chrome akan menampilkan pesan Your Connection Is Not Private ketika kamu mengunjungi situs yang digunakan untuk transaksi penting seperti pembayaran digital, perbankan, dan lainnya. Sebaiknya kamu menggunakan dengan jaringan internet pribadi agar pesan hilang dan keamanan tetap terjaga.

2. Atur Tanggal dan Waktu Perangkat

Perlu diketahui bahwa untuk memvalidasi sertifikat SSL, sistem akan mencocokkan tanggal dan waktu perangkat dengan yang tercatat pada pusat. Apabila waktu tidak sesuai, maka sertifikat SSL dianggap tidak valid.

Dengan begitu, Google Chrome akan menampilkan pesan Your Connection Is Not Private untuk menjaga keamanan kamu sebagai pengguna. Kamu pun dapat memastikan tanggal dan waktu perangkat menggunakan fitur otomatis agar sesuai.

Pada ponsel, kamu bisa kunjungi Date & Time yang bisa ditemukan pada menu Settings. Sementara pada perangkat seperti laptop, bisa kamu temukan pada pengaturan Date & Time yang ada pada menu Time & Language

Kemudian pastikan opsi Set time automatically dan Set time zone automatically menyala agar waktu diambil secara otomatis dan sesuai dengan yang ada pada sumber.

3. Cek Firewall dan Antivirus

Aplikasi Firewall biasanya digunakan untuk melindungi serangan siber, trojan, spyware, maupun peretasan. Sementara Antivirus juga digunakan untuk melindungi perangkat dari serangan virus, malware, worm, dan lainnya.

Namun pada beberapa Firewall dan Antivirus, terkadang sistem akan terlalu ketat sehingga memblokir sertifikat SSL atau koneksi yang tidak dikenal ketika kamu mengunjungi situs tertentu.

Kamu pun bisa menonaktifkan fitur SSL Scanning yang terdapat pada kedua layanan tersebut untuk menghindari pesan Your Connection Is Not Private. Namun jika fitur aktif atau nonaktif SSL Scanning tidak tersedia, maka kamu dapat mematikan sementara Firewall dan Antivirus.

4. Bersihkan Cache Google Chrome

Terkadang pada saat kamu sering mengunjungi sebuah situs tertentu, secara tiba-tiba bisa dimunculkan pesan Your Connection Is Not Private di Google Chrome. Kemungkinan besar data sertifikat SSL yang tersimpan pada cache telah mengalami kadaluwarsa.

Kamu pun dapat menghapus cache Google Chrome dengan menekan tombol Options berikon tiga titik di pojok kanan atas dab pilih menu Settings. Lalu kemudian masuk ke menu Privacy and security dan menu Clear browsing data.

Tentukan rentan waktu di bagian Time Range (misal Last Hour atau All time), kemudian centang Cookies and other site data, Browsing History, dan Cached image and files. Tekan tombol Clear Data untuk membersihkan cache yang tersimpan.

Apabila memang ini masalahnya, maka kamu dapat kembali mengakses situs yang ingin dikunjungi dan pesan Your Connection Is Not Private tidak akan lagi muncul pada Google Chrome.

5. Matikan VPN

Terkadang untuk mengunjungi beberapa situs penting yang tidak diakses dari Indonesia, kamu pun menggunakan layanan VPN (Virtual Private Network) sebagai alternatifnya.

Layanan VPN memungkinkan kamu dapat tersambung ke sebuah situs secara lebih privasi. Namun ada kalanya VPN dengan dukungan fitur pemindaian sertifikasi SSL justru akan membuat munculnya pesan Your Connection Is Not Private di Google Chrome.

Layanan VPN tersebut mendeteksi kejanggalan sertifikat SSL yang dimiliki oleh sebuah situs atau memang melihat bahwa sertifikat SSL dari situs tersebut telah kadaluwarsa. Kamu pun bisa coba menonaktifkan VPN untuk sementara waktu ketika mengakses situs tersebut.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar