ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 7 Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e – Versi Murah yang Tidak Murahan

Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e - Header

Gadgetren – Perangkat vivo V27e akhirnya resmi diboyong ke Indonesia. Ponsel tersebut kini sudah bisa dipinang di berbagai macam kanal penjualan di vivo.com maupun ecommerce yang bekerja sama.

Tersedia dalam dua varian memori, perangkat keluaran baru vivo tersebut bisa dipinang dengan harga senilai Rp4.299.000 untuk RAM 8GB dan Rp4.899.000 untuk 12GB. Terdapat dua pilihan warna yang bisa dipertimbangkan di mana meliputi Glory Black dan Lively Green.

Dengan banderol harga yang lumayan terjangkau, vivo V27e tentu bisa menjadi salah satu pilihan saat kita sedang mencari ponsel baru. Hanya saja kita tetap perlu menyimak kelebihan dan kekurangannya sebelum memutuskan meminangnya.

Kelebihan vivo V27e

1. Dukungan Kamera yang Semakin Mumpuni

Meneruskan tradisi dari seri keluarga V, vivo V27e kembali menyegarkan pasar menengah dengan menjagokan sektor fotografi. Perangkat tersebut tak hanya mengemas kamera beresolusi tinggi melainkan beberapa teknologi baru sebagai pendamping.

vivo V27e salah satu di antaranya memperkenalkan sebuah teknologi bernama Aurora Light Portrait System, yaitu lampu pencahayaan berbentuk lingkaran yang mampu menyesuaikan diri secara cerdas dengan kondisi cahaya sekitar.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e - Kamera

Kita dapat memanfaatkannya untuk menghasilkan gambar yang tetap terlihat jelas dan detail saat redup atau malam hari. Ditambah lagi, vivo V27e juga dilengkapi dengan mode pengambilan gambar bernama Super Night Mode.

Secara mendasar, kemampuan kamera vivo V27e memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Perangkat tersebut memuat lensa utama beresolusi hingga 64MP dengan mengadopsi teknologi pixel-binning yang secara teknis tak hanya mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi melainkan juga lebih bisa diandalkan di kondisi kurang cahaya.

Lensa utama ini pun disokong dengan teknologi OIS (Optical Image Stabilization). Saat dikombinasikan dengan EIS (Electronic Image Stabilization), kita dapat mengambil gambar dengan lebih stabil sehingga foto lebih jelas dan video minim guncangan.

Guna melengkapi kemampuannya, vivo V27e juga sudah dipersenjatai dengan lensa depan beresolusi hingga 32MP. Jadi kita tetap bisa mengabadikan momen-momen penting dengan baik meskipun tidak memakai kamera utama.

2. Layar yang Dapat Memanjakan Pengguna

Layar yang bakal menjadi pusat perhatian kita saat berinteraksi dengan perangkat juga menjadi keunggulan dari vivo V27e. Ponsel tersebut soalnya sudah menggunakan panel AMOLED yang menjanjikan warna, kontras, hingga kecerahan lebih baik.

Terlebih lagi, pengguna kemungkinan pun akan semakin dimanjakan karena panel yang digunakan lebih besar ketimbang seri V sebelum-sebelumnya. Perangkat vivo V27e kini menggunakan layar Full HD+ (2400 x 1080 piksel) dengan bentang mencapai 6,62 inci.

Bermain game atau menonton video pun bisa terlihat lebih mengalir karena layar vivo V27e juga mendukung refresh rate hingga 120Hz. Animasi akan ditayangkan dengan sangat halus sesuai dengan apa yang didukung oleh konten-kontennya.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e - Layar

Untuk memastikan tampilan gambarnya bisa lebih nyaman untuk dilihat, vivo V27e juga dibekali dengan sertifikat SGS Eye Care Display. Layar perangkat tersebut makanya tidak akan menyebabkan mata cepat lelah dan sakit karena emisi cahaya biru.

Di samping itu, layar vivo V27e juga sudah dilengkapi dengan sensor pemindai sidik jari terintegrasi yang mana umumnya hanya dapat digunakan pada ponsel-ponsel berpanel OLED atau AMOLED. Kita pun bisa lebih praktis saat ingin membuka kunci layar.

3. Pengisian Cepat yang Aman Digunakan

Meskipun hanya dibekali dengan baterai 4.600mAh, kita pun tak perlu khawatir perangkat akan cepat kehabisan daya. vivo V27e pasalnya juga dipersenjatai dengan dukungan 66W Flash Charge yang mampu mengisi dengan durasi waktu lebih cepat.

Berdasarkan keterangan vivo, teknologi pengisian ini mampu mengisi daya perangkat hingga 50 persen hanya dalam kurun waktu sekitar 19 menit. Jadi kita pun bisa melanjutkan aktivitas yang sedang dikerjakan tanpa perlu menunggu lama.

Yang cukup menarik, teknologi pengisian yang dikembangkan oleh vivo ini mendukung 24-Dimension Security Protection. Kita makanya bisa lebih tenang saat memakainya. Kita tak perlu khawatir ponsel, baterai, atau charger mudah rusak hingga membahayakan pengguna.

4. Desain Cantik Tapi Tetap Tangguh

Seri keluarga V memang terkenal dengan desain bodinya yang cantik. Hal ini pun diteruskan oleh vivo dalam mengembangkan vivo V27e, makanya bisa lahir perangkat dengan bentuk dan pilihan warna yang bisa memesona para pengguna.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V27e - Desain

vivo V27e secara khusus menggunakan Flourite AG dalam mengembangkan balutan bodi belakangnya. Teknologi ini memungkinkan perangkat mempunyai warna yang unik ketika dilihat dari arah panda berbeda. Noda sidik jari dan debu pun akan tidak mudah menempel. Lapisan permukaannya pun tidak licin.

Sertifikasi IP54 menariknya juga turut hadir pada perangkat besutan vivo tersebut. Perlu diingat bahwa vivo V27e perlu mengikuti uji ketahanan terhadap air dan debu secara ketat supaya bisa mendapatkannya. Hal ini untuk memastikan bahwa ponsel bisa dipakai lebih aman misalnya saat gerimis.

Selain itu, vivo menyebut perangkat besutannya tersebut juga sudah mengemas teknologi anti-scratch sehingga lebih tahan terhadap goresan. Mereka bahkan mempunyai klaim bahwa vivo V27e pun bisa bertahan saat dijatuhkan dari ketinggian satu meter.

5. Memori Besar dan Bisa Diekspansi

Bagi kamu yang belum tahu, vivo V27e meluncur dengan konfigurasi memori yang sangat besar. Ada dua varian dalam hal ini di mana meliputi RAM 8GB dan 12GB dengan media penyimpanan yang sama-sama mengandalkan kapasitas 256GB.

Kita makanya bisa menjalankan aplikasi maupun menyimpan berbagai macam data tanpa perlu khawatir. Kalaupun masih dirasa kurang, vivo V27e mendukung fitur Extended RAM maupun slot kartu microSD yang bisa dipakai untuk memperluas memori.

Kekurangan vivo V27e

1. Fitur Kurang Lengkap

Sayangnya bagi sebagian orang, vivo V27e kemungkinan bisa terasa kurang lengkap. Ada beberapa fitur dan dukungan yang masih absen dari perangkat tersebut. Termasuk di antaranya adalah jack audio 3,5mm yang bisa dipakai untuk menambahkan headset kabel.

Dengan hilangnya jack audio 3,5mm, kita pun perlu menyiapkan dana lebih untuk membeli adapter khusus yang bisa dipakai menjembatani headset kabel dengan konektor USB Type-C. Bisa juga langsung menggunakan perangkat kepala nirkabel apabila tidak mempermasalahkan adanya latensi.

Jaringan 5G yang menawarkan kecepatan transfer data lebih baik juga turut absen dari perangkat tersebut. MediaTek Helio G99 yang menjadi dapur pacu vivo V27e soalnya belum membawa modem dengan teknologi mutakhir ini melainkan hanya 4G.

2. Tidak Membawa Lensa Ultra-wide

Seperti apa yang dijelaskan di bagian atas, kamera memang menjadi andalan vivo V27e dalam menggoda para pengguna karena resolusi dan sejumlah teknologinya. Hanya saja masih ada sebuah kekurangan yang mungkin perlu diperhatikan sebelum meminangnya.

Lain halnya dengan beberapa ponsel kelas menengah yang meluncur di kisaran harganya, vivo V27e sayangnya tidak mengusung lensa ultra-wide. Perangkat tersebut justru menggantinya dengan sensor kedalaman dan makro beresolusi 2MP.

Padahal bagi saya pribadi, lensa ultra-wide kemungkinan akan lebih banyak digunakan dibandingkan dengan kedua sensor itu. Kita soalnya bisa mengambil foto dengan cakupan sudut yang lebih luas sehingga bisa muat untuk lebih banyak obyek atau pemandangan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar