ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro NFC – Sangat Menarik!

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro - Header

Gadgetren – Dalam acara peluncuran yang digelar akhir bulan Maret 2023, TECNO Mobile juga memperkenalkan sebuah ponsel menengah baru bernama TECNO SPARK 10 Pro NFC untuk pasar Indonesia.

Perangkat menengah besutan TECNO Mobile tersebut terdiri dari dua varian penyimpanan yang mana dijual Rp2.099.000 dan Rp2.399.000. Kita secara khusus pun bisa memilih antara warna Pearl White dan Starry Black saat akan meminangnya.

Sebagai alternatif baru di pasar menengah, perangkat tersebut mempunyai spesifikasi dan dukungan tak kalah menarik dari ponsel yang lain. TECNO SPARK 10 Pro NFC bahkan juga mempunyai sejumlah kelebihan di samping kekurangan-kekurangannya.

Kelebihan TECNO SPARK 10 Pro NFC

1. Kamera Depan yang Tak Kalah Mumpuni

TECNO SPARK 10 Pro NFC salah satu di antaranya mencoba menggoda para pengguna dengan kamera depan beresolusi tinggi sebagai kelebihannya. Perangkat tersebut mempunyai lensa 32MP yang bisa menghasilkan foto selfie dengan kualitas lebih baik.

Dengan memanfaatkan teknologi remosaic, kamera depan TECNO SPARK 10 Pro NFC tak hanya mampu menghasilkan gambar ukuran tinggi melainkan juga produksi warna yang baik. Sensornya pun mendukung teknologi pixel-binning (4-in-1) yang akan meningkatkan kemampuan menangkap cahaya sehingga gambar tertangkap secara jelas.

Yang cukup menarik, kamera depan TECNO SPARK 10 Pro NFC juga dilengkapi dengan lampu pencahayaan ganda yang bisa diatur hingga tiga level kecerahan untuk menerangi kita saat berswafoto. Jadi wajah kita bisa tetap terlihat jelas saat mengambil gambar di kondisi redup.

2. Kamera Belakang Beresolusi Tinggi

Tak hanya kamera depan, TECNO SPARK 10 Pro NFC pun dibekali dengan kamera belakang yang juga mempunyai resolusi tinggi. Perangkat tersebut membawa lensa ganda dengan sensor utama yang dapat mengambil gambar hingga 50MP.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro - Kamera

Kamera beresolusi tinggi ini tentu dapat membantu pengguna menghasilkan foto maupun video yang cukup baik. Sebagai pendamping, TECNO SPARK 10 Pro NFC soalnya juga dilengkapi dengan beberapa algoritma khusus seperti Super Night dan Super Video.

3. Layar Luas dengan Animasi Lebih Mengalir

Untuk memanjakan para pengguna yang senang bermain game atau menonton video, TECNO SPARK 10 Pro NFC pun mengandalkan layar berukuran besar. Panel 6,8 inci miliknya apalagi juga mendukung setelan gambar hingga resolusi Full HD+ (2460 x 1080 piksel).

Layar miliknya tentu mampu memberikan pengalaman lebih menyenangkan saat menampilkan konten-konten yang mendukung animasi tinggi. Bagi kamu yang belum tahu, panel yang digunakan TECNO SPARK 10 Pro NFC mempunyai refresh rate hingga 90Hz yang mana lebih tinggi dari layar pada umumnya yang hanya 60Hz.

4. Memori Besar yang Bisa Diekspansi

Meluncur dengan dua varian memori, TECNO SPARK 10 Pro NFC menawarkan RAM berkapasitas 8GB dengan media penyimpanan yang bisa dipilih antara 128GB atau 256GB. Dukungan ini tentu saja sudah sangat cukup untuk pemakaian di masa sekarang baik untuk memasang aplikasi maupun menyimpan data.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro - Memori

Kalaupun memorinya masih kurang, TECNO SPARK 10 Pro NFC pun menyediakan fitur yang dapat dipakai untuk mengekspansinya. Perangkat tersebut salah satunya mengusung teknologi Memory Fusion untuk menambah RAM secara virtual.

Memory Fusion pada TECNO SPARK 10 Pro NFC akan meminjam sebagian ruang kosong media penyimpanan hingga sebesar 8GB lalu mengubahnya menjadi RAM virtual. Dengan begitu, RAM akan bertambah sehingga perangkat dapat menjalankan aplikasi berat maupun banyak tugas bersamaan secara lancar.

Selain teknologi untuk menambah RAM, TECNO SPARK 10 Pro NFC menariknya juga menyediakan slot Micro SD terdedikasi. Jadi kita tidak perlu repot-repot memindahkan data ke perangkat lain atau berlangganan layanan penyimpanan awan saat kehabisan ruang untuk menyimpan data.

5. Bodi Terlihat Berkelas

Membawa desain menyerupai lini iPhone baru, bodi belakang TECNO SPARK 10 Pro NFC juga terlihat sangat berkelas. Perangkat tersebut soalnya memakai penutup berbahan kaca meskipun hanya dibanderol seharga Rp2 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro - Bodi

Terlebih lagi, desain permukaan dari lapisan kacanya pun dibuat matte (sedikit kasar) sehingga menambah kesan premium pada perangkat tersebut. Kita di samping itu juga akan menjumpai dua varian warna yang menarik di mana meliputi Starry Black dan Pearl White.

6. Fitur Komplit Selayaknya Ponsel Menengah

Sebagai perangkat menengah ke bawah, TECNO SPARK 10 Pro NFC juga membawa fitur dan dukungan lumayan lengkap. Kita di antaranya bahkan sudah bisa menjumpai sensor NFC (Near Field Communication) yang bisa memudahkan kita mengecek saldo e-money, melakukan pembayaran digital, hingga menghubungkan perangkat.

TECNO SPARK 10 Pro NFC juga masih dilengkapi dengan jack audio 3,5mm yang memungkinkan kita menambahkan headset atau headphone kabel dengan mudah. Jadi kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli konverter atau perangkat suara nirkabel.

Dukungan bernama IDA Engine 3.0 juga turut hadir membekali perangkat tersebut. Dirancang untuk meningkatkan koneksi internet, teknologi ini dapat mendorong download rate di jaringan seluler hingga 45% dan WiFi hingga 300%.

Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro NFC

1. Bawa Chipset Ketinggalan Zaman

Pada aspek dapur pacu, TECNO SPARK 10 Pro NFC sayangnya justru kembali memakai chipset yang lumayan lawas. Perangkat tersebut masih mengandalkan MediaTek Helio G88 (12nm) yang mempunyai frekuensi hingga 2,0GHz sebagai otaknya.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro - Chipset

Chipset ini sebenarnya sudah cukup untuk pemakaian kasual bahkan bermain game sekalipun. Hanya saja jika dibandingkan dengan beberapa perangkat di kelasnya yang sudah menggunakan MediaTek Helio G99 atau MediaTek Dimensity 700, fitur-fitur TECNO SPARK 10 Pro NFC bakalan sedikit ketinggalan.

Salah satu di antaranya, basis inti MediaTek Helio G88 masih menggunakan kombinasi ARM Cortex-A75 dan Cortex-A55 yang secara teknis kalah bertenaga jika dibandingkan generasi lebih muda. Chipset ini pun masih memakai manufaktur 12nm yang mempunyai efisiensi pemakaian daya lebih rendah ketimbang teknologi yang lebih kecil.

2. Belum Mendukung Jaringan 5G

Pemakaian chipset Helio G88 juga membuat TECNO Mobile harus mengurungkan diri untuk menambahkan jaringan 5G ke perangkat tersebut. Chipset ini soalnya belum mendukung teknologi anyar itu. Kita sebagai pengguna pun terpaksa harus bersyukur menggunakan koneksi 4G LTE saja. Namun seharusnya untuk kekurangan yang satu ini tidak akan terlalu berpengaruh untuk sebagian orang.

3. Lensa Kamera Kurang Lengkap

Meskipun mempunyai dukungan kamera sangat menarik, lensa yang digunakan oleh TECNO SPARK 10 Pro NFC sayangnya juga terasa kurang lengkap. Sebenarnya kamera utamanya sudah memakai sensor ganda tetapi tambahannya hanya untuk mendukung sistem kecerdasan buatan (Artificial Intelligence).

Dibandingkan dengan ponsel-ponsel yang menggunakan jenis sensor lain, tambahan lensa AI pada TECNO SPARK 10 Pro NFC terkesan seperti gimmick saja. Kamera sudut lebar atau makro kemungkinan bakal lebih berguna buat kita yang memerlukan opsi pengambilan gambar lebih banyak.

4. Pengisian Daya Cukup Lama

Seperti perangkat-perangkat di kelas Rp2 jutaan, TECNO SPARK 10 Pro NFC sayangnya hanya dibekali dengan teknologi 18W saja. Pengisian daya ini memerlukan waktu yang lama untuk membuat baterai 5.000mAh miliknya terisi penuh.

Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 Pro - Charging

Bahkan secara teknis, TECNO SPARK 10 Pro NFC dalam kurun waktu 52 menit hanya dapat mengisi baterai hingga berkapasitas 50 persen. Padahal setelah itu biasanya akan memerlukan durasi yang lebih lama.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar