ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 6 Kelebihan dan Kekurangan TECNO SPARK 10 NFC – Terlihat Bersaing?

Tecno Spark 10 2

Gadgetren – Dibanderol dengan harga Rp1.699.000 di Indonesia, TECNO Spark 10 NFC berusaha menjadi ponsel entry-level dengan fitur yang lengkap.

Tentunya fitur NFC (Near Field Communication) sudah dihadirkan pada perangkat ini agar memudahkan dalam melakukan pembayaran digital, pengecekan atau pengisian e-money, hingga transfer data.

Mengikuti tren saat ini, TECNO Spark 10 NFC sudah menggunakan layar yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop yang dipercayakan untuk menjadi rumah bagi kamera depan.

Kelebihan TECNO Spark 10 NFC

1. Lancar Untuk Multitasking

TECNO mempercayakan chipset MediaTek Helio G37 menjadi otak dari ponsel ini agar dapat menjalankan beragam aplikasi dengan lancar, terutama berkat hadirnya Resource Management Engine 2.0 yang secara pintar dapat mengatur kinerja CPU, GPU, dan memori dengan seimbang.

RAM 4 GB didaulat untuk menangani aktivitas multitasking aplikasi dijalankan. Apalagi terdapat fitur Memory Fusion yang dapat meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 4 GB.

Tecno Spark 10 3

Dengan begitu, TECNO Spark 10 NFC bisa seperti memiliki RAM dengan kapasitas total 8 GB. Selain itu, penyimpanan internalnya pun terasa lega karena sudah mencapai 128 GB agar dapat menampung banyak aplikasi maupun berkas sekaligus walaupun mengaktifkan fitur Memory Fusion. Terdapat juga slot microSD hingga 2 TB untuk mengekspansi kapasitas penyimpanannya.

2. Desain Menarik

Untuk ukuran ponsel Rp1 jutaan, TECNO Spark 10 NFC mempunyai desain yang menarik karena menggunakan bahan polikarbonat pada bagian belakangnya yang dibentuk menyerupai kaca sehingga terlihat premium.

Selanjutnya, penutup belakangnya dibalut dengan varian warna yang terdiri dari Meta Blue, Meta White, dan Meta Black. Ketiga pilihan warna tersebut dapat menimbulkan efek gradasi dari warna gelap ke terang ketika terkena pantulan cahaya.

Tecno-Spark-10-1

Pelindung belakangnya pun tidak akan terasa licin dan tidak muda tertempel debu maupun noda sidik jari. Sementara itu, perangkat ini juga menggunakan bingkai datar di bagian sampingnya sehingga antena dapat disembunyikan dengan baik agar tidak dapat terlihat secara kasat mata.

Masih pada bagian belakangnya, terdapat desain Galaktik 3-dalam-1 yang memperlihatkan tiga lingkaran disusun segitiga dimana terdapat dua kamera belakang dan satu LED Flash di dalam sebuah kotak.

3. Multi Kamera Untuk Hasil Foto Kreatif

TECNO Spark 10 NFC hadir dengan dukungan dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan depth AI untuk menghasilkan foto Portrait dengan efek bokeh secara instan.

Kamera utamanya menggunakan teknologi 4-in-1 pixel binning yang mampu meningkatkan penyerapan cahaya terutama di kondisi redup atau malam hari dan memulihkan detail pada foto sehingga terlihat tajam.

Kamera utamanya secara bawaan menghasilkan foto dengan resolusi 12,5 MP, namun tersedia mode 50 MP untuk menghasilkan foto dengan resolusi yang lebih tinggi.

Tecno Spark 10 6

Kamera utamanya juga dapat menghasilkan video beresolusi Full HD (1080p). Hadirnya mode Pro membuat pengguna dapat mengatur beberapa aspek pengambilan seperti tingkat pencahayaan, ISO, kecepatan rana, mode pengukuran cahaya, keseimbangan putih, fokus, dan lainnya.

Meskipun hanya beresolusi 8 MP, namun TECNO mengklaim bahwa kamera depannya dapat menghasilkan foto selfie dengan wajah subjek yang mulus dan latar belakang yang terlihat jelas.

Apalagi terdapat lampu lembut 10 lux di bagian depan yang dapat membantu menyinari wajah dari subjek agar tetap terlihat terang pada kondisi malam hari atau redup. Lampu tersebut memiliki tiga tingkat kecerahan yang dapat disesuaikan tergantung kebutuhan.

4, Baterai Tahan Lama dengan Pengisian Cepat

Untuk menunjang sumber energi kehidupannya, baterai 5.000mAh telah disematkan yang diklaim mampu bertahan selama 11 jam dengan gabungan aktivitas 3 jam untuk streaming YouTube, 2 jam untuk telepon, 3 jam untuk streaming lagu, 2 jam untuk browsing, dan 1 jam untuk mengambil foto dengan sisa masih 31%.

Jadi perangkat ini mampu bertahan hampir seharian ketika digunakan dalam kondisi normal yang mana berarti penggunanya hanya perlu mengisi daya baterai sekali sehari saja walaupun semua akan tergantung pada penggunaan masing-masing.

TECNO Spark 10 NFC Baterai

Perangkat ini juga didukung fitur 18W Fast Charging yang dapat membuat pengisian daya dari kondisi 0% ke 50% dapat dilakukan hanya 52 menit saja. Sementara untuk pengisian daya hingga 100% kurang lebih membutuhkan waktu 123 menit.

Kekurangan TECNO Spark 10 NFC

1. Absennya Kamera Ultrawide dan Makro

Sayangnya TECNO Spark 10 NFC tidak memiliki kamera ultrawide yang padahal kamera jenis ini sudah banyak digunakan oleh ponsel kompetitor pada kelas yang sama.

Kita ketahui bersama bahwa kamera ultrawide unggul dalam menghasilkan foto dengan area yang luas. Jadi mau tidak mau harus menggunakan mode Panorama yang perlu menggeser bidikan dari kanan ke kiri atau sebaliknya agar bisa mendapatkan foto dengan area luas memanjang.

Apalagi mode Panorama harus dilakukan secara perlahan agar hasil fotonya menjadi rapi ketika disulam menjadi satu nanti sehingga kehadiran kamera ultrawide akan membuat hal tersebut lebih praktis.

TECNO Spark 10 NFC Black

Bisa dibilang kamera makro juga menarik sebenarnya untuk dihadirkan karena mampu membidik objek dari dekat dengan fokus tetap terjaga yang mana kamera jenis ini belum tersedia pada TECNO Spark 10 NFC.

2. Tidak Dapat Dipaksa Untuk Game Berat

Meskipun chipset MediaTek Helio G37 mampu mendukung aktivitas pada ponsel entry-level ketika menjalankan aplikasi secara multitasking, namun untuk menjalankan game dengan kualitas grafis dan frame rate tinggi secara optimal akan kesulitan.

Jadi perlu memainkan game dengan menyetel grafis dan frame rate ke menengah atau bawah agar dapat berjalan dengan lancar. Namun untuk game kasual yang tidak terlalu berat seharusnya tetap dapat berjalan dengan lancar dan sebaiknya menutup aplikasi yang berada di latar terlebih dahulu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar