ASUS TUF Gaming FX507
Rekomendasi Handphone

Ini 5 HP Samsung Termurah di Tahun 2023 yang Bakalan Hemat Kantong

HP Samsung Termurah - Header

Gadgetren – Samsung mungkin akan menjadi salah satu merek yang kita pertimbangkan saat perlu mencari perangkat Android baru dengan antarmuka sistem yang ramah pengguna dan bebas iklan.

Antarmuka sistem One UI miliknya mempunyai tampilan yang cukup sederhana. Meskipun begitu, fitur-fitur yang ditawarkan pun relatif lengkap dan bahkan semakin bertambah pada setiap pengembangannya.

Yang cukup menarik, antarmuka sistem One UI jarang sekali memunculkan iklan walaupun pada perangkat-perangkat murah Samsung. Kalaupun ada biasanya berasal dari pihak ketiga seperti aplikasi-aplikasi gratis hingga laman web.

Di samping antarmuka sistemnya, Samsung apalagi juga mempunyai lini ponsel pintar lumayan beragam untuk mengakomodasi semua kebutuhan pengguna. Jadi kita pun bisa lebih leluasa untuk memilih menyesuaikan preferensi atau ketersediaan dana.

Meskipun terkenal dengan lini flagship-nya, perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut pun juga mempunyai perangkat-perangkat yang dibanderol sangat terjangkau. Dan ini 5 ponsel pintar termurah Samsung buat kamu yang memerlukannya.

1. Samsung Galaxy A03 Core

5 HP Samsung Termurah - 1

Menyasar kelas entri, Samsung meluncurkan sebuah perangkat bernama Samsung Galaxy A03 Core (lihat review Gadgetren di sini). Ponsel ini tersedia dengan varian RAM 2GB dan media penyimpanan internal 32GB yang dibanderol Rp1.199.000 (link Tokopedia).

Perangkat dengan chipset Unisoc SC9863A (28nm) berkecepatan hingga 1,6GHz ini mempunyai layar berukuran luas. Secara teknis, Galaxy A03 Core membawa panel PLS LCD HD+ (1600 x 720 piksel) selebar 6,5 inci.

Dengan kapasitas baterai hingga 5.000mAh, perangkat ini pun siap menemani kita sepanjang hari. Antarmuka sistem Android 11 Go Edition yang dirancang cukup mirip dengan One UI pun dapat memudahkan pengoperasian.

2. Samsung Galaxy A04e

5 HP Samsung Termurah - 2

Di atas Galaxy A03 Core, kita pun dapat mempertimbangkan Samsung Galaxy A04e yang mempunyai sejumlah dukungan lebih tinggi. Ponsel pintar ini juga termasuk perangkat entri karena hanya dibanderol dengan harga mulai Rp1.299.000 di Tokopedia.

Galaxy A04e bisa menjadi alternatif jika kita memerlukan kapasitas RAM yang lebih luas. Perangkat bertenaga MediaTek Helio P35 (12nm) yang bisa dipacu hingga 2,3GHz ini membawa memori dengan konfigurasi 3GB + 32GB atau 3GB + 64GB.

Dukungan kamera milik ponsel ini juga lebih tinggi di mana sudah memakai lensa ganda 13MP + kedalaman 2MP. Antarmuka pengisian daya dan transfer data miliknya pun sudah mengandalkan USB Type-C.

3. Samsung Galaxy A04

5 HP Samsung Termurah - 3

Jika memerlukan dukungan kamera yang lebih baik lagi, Samsung Galaxy A04 pun bisa menjadi perangkat yang dipertimbangkan selanjutnya. Perangkat ini soalnya sudah menggunakan lensa utama beresolusi hingga 50MP.

Selain itu, Galaxy A04 juga sudah mengusung teknologi pengisian berdaya 15W yang notabene lebih tinggi dari kedua ponsel pintar sebelumnya. Jadi baterai berkapasitas 5.000mAh bisa lebih cepat terisi penuh dan siap digunakan.

Hanya saja untuk meminang perangkat ini, kita memerlukan dana sebesar Rp1.699.000 untuk varian RAM 4GB dan media penyimpanan internal 64GB (link Tokopedia). Di dalamnya sudah termasuk bonus YouTube Premium 2 bulan dan Spotify Premium 3 bulan.

4. Samsung Galaxy A04s

5 HP Samsung Termurah - 4

Sebelum Galaxy A04, Samsung juga memboyong Samsung Galaxy A04s ke Indonesia. Perangkat ini pun dapat kita pertimbangkan saat sedang mencari ponsel murah karena hanya dibanderol Rp1.999.000 (link Tokopedia).

Menang sedikit lebih mahal dari beberapa perangkat sebelumnya, tetapi kita nanti akan memperoleh handphone dengan Samsung Exynos 850 (8nm) hingga 2,0GHz yang dikombinasikan dengan RAM 4GB dan media penyimpanan 64GB.

Perangkat ini pun sudah dipersenjatai dengan kamera utama berlensa tiga yang terkonfigurasi hingga 50MP + makro 2MP + kedalaman 2MP. Terdapat juga layar dengan refresh rate hingga 90Hz yang mana menjadi perangkat pertama di kelas entri Samsung.

5. Samsung Galaxy A14

5 HP Samsung Termurah - 5

Sebagai bentuk penyegaran dari Samsung Galaxy A13, Samsung Galaxy A14 pun tak boleh kita lewatkan saat ingin membeli ponsel dengan harga terjangkau. Perangkat ini bisa dipinang mulai dari Rp2.399.000 (link Samsung Official Store).

Tak hanya menawarkan media penyimpanan lebih besar, perangkat yang meluncur dengan kapasitas 128GB ini juga mempunyai dukungan kamera lebih menarik. Samsung soalnya memakai lensa 50MP yang dipadukan dengan sensor sudut lebar 5MP dan makro 2MP.

Fitur dan dukungan yang dibawa oleh perangkat ini juga lumayan lengkap. Kita sudah bisa menemukan pemindai sidik jari yang disematkan di samping, sensor NFC (Near Field Communication), jack audio, maupun slot kartu microSD.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar