ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Smartphone

Membongkar Handphone POCO X5 5G, Ini Komponen Apa Saja yang Ada di Dalamnya

Teardown-POCO-X5-5G-1

Gadgetren – POCO Indonesia baru-baru ini menyelenggarakan acara teardown atau membongkar handphone POCO X5 5G untuk media. Handphone ini sendiri telah dipasarkan pada akhir bulan Februari 2023 kemarin dan menjadi perangkat pertama POCO di tahun 2023.

Dipandu oleh Jeksen selaku Product Marketing Manager POCO Indonesia, perangkat POCO X5 5G pun langsung dibongkar oleh Technical Support dari POCO yakni Riszal Juniar Arifin.

Untuk bisa membongkar perangkat handphone dalam hal ini POCO X5 5G, Jeksen mengingatkan bahwa harus dilakukan oleh orang yang berpengalaman dan pengguna tidak boleh melakukan hal tersebut secara mandiri karena jika tidak memiliki pengetahuan tentang perangkat akan bisa merusak komponen ketika dipasang kembali.

Berikutnya Jeksen menjelaskan satu persatu komponen POCO X5 5G yang pertama kali dibongkar, lapisan demi lapisan seperti penampang bodi belakang, bingkai dalam, modul kamera hingga bagian dalam jeroan seperti chipset, grafit, NFC, dan masih banyak lagi.

Awal mulanya Riszal membuka terlebih dahulu dengan melepas semua baut penampang belakang POCO X5 5G. Selanjutnya melepas komponen modul pemindai sidik jari dan volume perangkat. Setelah penampang belakang terlepas maka dibuka bingkai dalam agar bisa melihat komponen kamera belakang.

Kamera belakang POCO X5 5G menggunakan konfigurasi tiga lensa berupa lensa utama 48MP dengan aperture f/1,8, lensa sudut lebar 8MP dengan aperture f/2,2, dan lensa makro 2MP dengan aperture f/2,4. Kemudian kamera depan mempunyai resolusi 13MP dengan aperture f/2,0.

 Teardown-POCO-X5-5G-Riszal-Tecnical-POCO-2

Di sekitar bingkai dalam juga terdapat komponen fitur NFC untuk metode pembayaran non tunai seperti mengisi atau mengecek e-money. Di samping itu di dekat NFC juga tersedia komponen Flash Light Sensor untuk membantu pencahayaan pada saat menangkap gambar dengan kamera.

Komponen berikutnya yang dilepas Riszal ialah konektor atau kabel-kabel penghubung antara mainboard ke subboard serta antena jaringan. Lalu dibalik mainboard yang telah terlepas terdapat komponen IR Blaster di mana fitur yang berfungsi sebagai remote control untuk perangkat elektronik di rumah.

Di dekat mainboard kita juga bisa melihat komponen chipset yang digunakan POCO X5 5G yakni MediaTek Qualcomm Snapdragon 695 Octa-Core (6nm) 2,2GHz yang mendukung jaringan 5G. Di bawah chipset tersebut terdapat komponen RAM LPDDR4X dan penyimpanan UFS 2.2 yang bisa tampak dengan bentuk persegi atau kotak kecil.

SD695-POCO-X5-5G

Kapasitas RAM POCO X5 5G sendiri dibekali dua varian yakni RAM 6GB + ROM 128GB dan RAM 8GB + ROM 256GB. Selain itu juga disediakan fitur ekspansi RAM sebesar 5GB sehingga POCO X5 5G mampu memiliki total RAM hingga 13GB.

Untuk menambah kapasitas penyimpanan lebih besar komponen POCO X5 5G juga tersedia SIM Card Tray untuk tempat MicroSD hingga 1TB dan di sebelahnya ada tempat kartu SIM operator seluler.

Setelah komponen di dekat Main Board dan Sub Board terlepas maka selanjutnya Riszal membongkar komponen baterai POCO X5 5G yang memiliki kapasitas 5.000mAh. Baterai POCO X5 5G dilengkapi dengan pengisian daya 33W melalui USB Type C.

Battery-POCO-X5-5G

Di dekat baterai POCO X5 5G terdapat lapisan berupa Main FPC yang juga bisa dilepas dan juga lapisan Adhesive. Keduanya harus secara perlahan ketika melepaskannya.

Pada bingkai dalam yang sudah terlepas, terdapat pula komponen grafit fungsinya sebagai sistem pendinginan. Di sekitar grafit juga terdapat dukungan cooling space yang memungkinkan menjaga suhu agar tetap dingin.

Mengenai harga POCO X5 5G, saat ini tengah mendapat potongan Rp100.000 sehingga dibanderol Rp3.399.000 untuk RAM 6GB dan Rp3.899.000 untuk RAM 8GB. Ada tiga varian warna yang bisa dipilih pengguna yakni Black, Blue, dan Green.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar