ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Mengatasi Nomor Telepon yang Diblokir Pihak WhatsApp

Cara Mengatasi Nomor Telepon yang Diblokir Pihak WhatsApp Header

Gadgetren – Beberapa pengguna WhatsApp pasti ada yang pernah mengalami nomornya tiba-tiba tidak bisa digunakan karena telah diblokir dari pihak WhatsApp.

Hal ini pun tentunya sangat tidak mengenakan terutama bagi pengguna yang merasa dirinya tidak menyalahi aturan ketentuan yang diterapkan pada WhatsApp.

Nomor yang diblokir oleh WhatsApp akhirnya tidak akan masuk ke akun yang bersangkutan sehingga sekaligus tidak bisa menggunakan fitur-fitur yang tersedia di dalam untuk chat, panggilan telepon, panggilan video, atau mengirim dokumen.

Di sisi lain pemblokiran nomor telepon yang dilakukan pihak WhatsApp juga mempunyai alasan tersendiri di mana pengguna tersebut biasanya telah melanggar ketentuan layanan WhatsApp sehingga muncul pesan berupa ‘Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp’.

Berdasarkan situs resmi WhatsApp, ada beberapa penyebab nomor telepon WhatsApp pengguna diblokir seperti ditemukannya aktivitas spam, penipuan, atau membahayakan keamanan pengguna WhatsApp.

Namun jika kamu merasa nomor telepon yang digunakan WhatsApp tidak seharusnya diblokir, maka kamu untungnya bisa meminta peninjauan ulang untuk memastikan kesalahan yang terjadi.

Cara Mengatasi Nomor Telepon yang Diblokir WhatsApp

  • Masuk dengan nomor telepon yang diblokir.
  • Ketuk tombol dukungan atau support saat peringatan ‘Akun ini tidak diizinkan menggunakan WhatsApp’ muncul.
  • Tulis detail keluhan beserta kronologinya.
  • Berikan tangkapan layar atau foto sebagai bukti pendukung.
  • Tunggu hingga WhatsApp kontak balik.

Kamu juga bisa menghubungi pihak WhatsApp melalui halaman kontak yang tersedia pada situs resminya. Kamu pun harus isi data dengan lengkap seperti nomor telepon, alamat email, perangkat yang digunakan, dan keluhan beserta kronologinya.

Sementara itu untuk pengguna WhatsApp Bisnis, kamu perlu menghubungi smb_web@support.whatsapp.com karena jalur yang dibutuhkan berbeda dengan akun personal.

Setelah meminta peninjauan kembali, nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan kode pendaftaran 6 digit yang telah dikirim melalui SMS. Kemudian kamu akan bisa mengirimkan permintaan untuk peninjauan dan menambahkan detail yang mendukung.

Selang beberapa waktu, nantinya pihak WhatsApp akan menghubungi kamu setelah menyelesaikan peninjauan. Agar kasus pemblokiran tidak terjadi, pihak WhatsApp menyarankan untuk selalu meninjau dengan teliti bagian penggunaan layanan WhatsApp yang diperbolehkan supaya tidak menyalahi aturan yang berlaku.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar

4 Komentar