ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Maksimalkan Main Game di Samsung Galaxy S23 5G Lewat Fitur-Fitur Ini

Gadgetren – Samsung Galaxy S23 Series 5G sebagai smartphone kelas flagship tentunya dibekali dapur pacu yang sangat bertenaga untuk menunjang segala jenis aktivitas.

Bahkan pada pusatnya terdapat Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy yang mana telah dioptimalisasi lebih lanjut untuk memberikan kinerja yang semakin gesit.

Tidak hanya itu saja, chipset tersebut dapat menyajikan kualitas visual yang menawan berkat adanya dukungan Ray-Tracing untuk menghasilkan pencahayaan yang terlihat lebih nyata. Selain itu juga ada Snapdragon Game Post Processing Accelerator yang dapat mereproduksi efek lebih baik.

Oleh karena itu, Galaxy S23 Series 5G bakal sangat cocok juga digunakan untuk para gamer yang senang bermain game mobile. Bahkan Samsung juga memberikan beberapa fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan pengalaman bermain game.

1. Aktifkan Fitur Pause USB Power Delivery

Galaxy S23 Series memiliki fitur baru bernama Pause USB Power Delivery yang bisa diakses melalui aplikasi Game Booster. Fitur ini memiliki beberapa keuntungan, salah satunya menjaga suhu komponen agar tidak naik tinggi agar sistem dapat memberikan kinerja yang lebih stabil.

Seperti yang kita ketahui, biasanya ketika smartphone digunakan sambil diisi dayanya akan membuat baterai lebih bekerja keras karena sel yang ada di dalamnya bertambah dan berkurang secara bersamaan. Alhasil meningkatnya suhu komponen akan dapat membuat kesehatan baterai cepat menurun dan kinerja chipset pun dibatasi.

Nah jika Pause USB Power Delivery diaktifkan, maka nantinya sistem akan mengalirkan daya langsung ke chipset tanpa melalui baterai terlebih dahulu. Dengan begitu tidak masalah bermain game sambil terhubung ke charger karena suhu dari Galaxy S23 Series 5G dapat tetap lebih adem dibandingkan biasanya ketika bermain sambil mengisi daya baterai.

Hanya saja yang perlu diperhatikan, fitur ini baru akan aktif jika baterai sudah melebihi 20% dan charger yang digunakan sudah harus mendukung Power Delivery seperti charger Super Fast Charging 2.0 45W buatan Samsung. Baterai pun tidak akan diisi dayanya selama sesi bermain berlangsung.

2. Gunakan Game Plugins

Bersamaan dengan Game Booster, Samsung juga menghadirkan fitur bernama Game Plugin yang mana bisa meningkatkan pengalaman bermain game supaya lebih seru dan nyaman. Fitur ini dapat diakses langsung dari Game Booster dengan ikon menu seperti puzzle dan perlu diunduh saat pertama Kali menjalankannya.

Samsung-Galaxy-S23-Series-5G-1-1

Game Plugins memungkinkan berbagai fitur tambahan untuk diaktifkan di samping dapat meningkatkan performa melalui Game Booster Plus. Beberapa fitur disediakan salah satunya seperti Aim Assist untuk membantu bidikan, Perf Z untuk mengaktifkan indikator sistem agar dapat selalu memantau kinerja perangkat.

Menariknya lagi, terdapat juga fitur GIF Creator yang dapat membantu dalam membuat cuplikan singkat saat bermain game. Jadi kamu bisa mengabadikan momen penting maupun pertarungan sengit dengan lebih mudah untuk kemudian dibagikan ke media sosial.

3. Optimalkan Kinerja dengan Game Booster

Masih dalam aplikasi Game Booster, kamu bisa memilih opsi profil yang disediakan pada Game optimization. Pastikan opsi Performance sudah aktif untuk memberikan kinerja sebaik mungkin ketika bermain game. Fitur ini akan sangat membantu buat kamu yang sering bermain game berat dengan kualitas grafis tinggi.

Namun memang daya yang digunakan tentunya akan lebih tinggi. Untungnya kamu juga bisa mengaktifkan opsi Power Saver untuk mendapatkan kinerja yang lebih hemat daya baterai sehingga bisa digunakan bermain lebih lama.

Selain itu pastikan juga game yang diinginkan sudah masuk ke dalam Game Launcher walaupun seharusnya telah didaftarkan oleh sistem secara otomatis ketika mengunduh game. Nantinya Game Booster akan langsung berjalan setiap kali memainkan game.

Dengan memanfaatkan beberapa fitur tersebut sesuai dengan kebutuhan, bermain game di Samsung Galaxy S23 Series 5G dapat menjadi semakin lebih nyaman. Tidak hanya performa yang ditingkatkan, perangkat pun dapat jadi lebih awet jika mengaktifkan fitur yang tepat.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar