ASUS TUF Gaming FX507
Berita Smartphone

Bawa Sistem Pendingin Unik, OnePlus 11 Concept Debut Pertama di MWC 2023

OnePlus-11-Concept-1

Gadgetren – Di bawah payung yang sama bersama OPPO, OnePlus turut tampil di ajang Mobile World Consumer (MWC) 2023. Sampai tanggal 2 Maret 2023 ragam teknologi terbaru dari OnePlus pun bakal dipamerkan di Barcelona bersama dengan produsen lainnya.

Salah satu teknologi baru yang paling diunggulkan pada OnePlus 11 Concept terletak pada dukungan sistem pendingin Active CryoFlux.

Handphone baru ini akan membawa sistem pendingin yang memungkinkan perangkat bisa menurunkan suhu hingga 2,1°C dan meningkatkan frame rate hingga 3-4 fps saat bermain game. Selain itu, sistem pendingin Active CryoFlux ketika mengisi daya baterai mampu menurunkan suhu hingga 1,6°C sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mengisi penuh daya berkurang hingga 30-45 detik.

Sistem pendinginan ini merupakan inovasi yang telah diturunkan OnePlus dari perangkat gaming PC. Tujuannya agar handphone bisa tetap dingin ketika menjalankan game berat. Uniknya lagi sistem pendingin ini memiliki cairan pendingin yang mengalir di saluran pipa Active CryoFlux dan bisa terlihat transparan dari luar penampang bodi belakangnya.

Penutup belakangnya ini juga memiliki lapisan magnetron-sluttering yang diciptakan dengan mengendapkan logam dan alloy dalam jumlah kecil menggunakan medan listrik. Sayangnya OnePlus tidak mengungkap lebih banyak mengenai fitur-fitur lainnya yang akan dibawa OnePlus 11 Concept.

OnePlus-11-Concept.

Namun begitu, selain OnePlus 11 Concept juga dipamerkan dengan produk lainnya seperti OnePlus 11 5G yang mana sudah dirilis di Tiongkok dan India. OnePlus 11 5G ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dengan dukungan Ray Tracing dan Snapdragon Space XR melalui kacamata AR Wireless.

Chipset OnePlus 11 5G juga dipadukan oleh RAM LPDDR5X berkapasitas hingga 16GB dan penyimpanan UFS 4.0 sebesar 256GB. Lalu baterainya berkapasitas 5.000mAh yang dilengkapi pengisian cepat 100W SUPERVOOC Endurance Edition.

Selanjutnya layar OnePlus 11 5G berukuran 6,7″ dengan panel AMOLED LTPO 3.0 yang memiliki resolusi 2K yang didukung refresh rate 120Hz dan Corning Gorilla Glass Victus. Handphone ini mempunyai kamera utama 50MP dengan sensor IMX890 yang dibekali Optical Image Stabilizer (OIS), kamera ultra-wide 48MP, dan kamera portrait 32MP dengan sensor IMX709.

Handphone ini juga mendapatkan dukungan Hasselblad untuk kamera belakangnya agar menghadirkan warna kalibrasi natural pada efek yang diberikan. Di samping itu, OnePlus 11 5G turut memiliki sensor 13-channel multi-spectral untuk mengidentifikasi warna sehingga dapat menangkap warna secara detail.

OnePlus-MWC23-Booth2

Sementara produk lainnya ada perangkat audio True Wireless (TWS) OnePlus Buds Pro 2 yang didukung fitur MelodyBoost Dual Drivers dalam menghasilkan suara dari speaker woofer 11mm dan tweeter 6mm.

Untuk tablet OnePlus Pad yang kemungkinan akan hadir pada bulan April 2023 ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 9000 Octa-Core (4nm) 3,05GHz yang dipadukan dengan RAM berkapasitas hingga 12GB dan fitur ekspansi RAM. Baterainya berkapasitas 9.510mAh yang akan dilengkapi fitur pengisian cepat 67W.

Terakhir diperkenalkan teknologi pendingin OnePlus 45W Liquid Cooler berbasis semikonduktor yang diklaim bisa mengurangi suhu perangkat hingga 20°C dan bisa mengaktifkan safe mode secara otomatis sehingga sistem akan mati dengan sendirinya untuk menghindari kerusakan dalam kondisi tertentu.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar