ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Album Pribadi Xiaomi Untuk Lihat Foto dan Video Disembunyikan

Cara Melihat Album Pribadi Xiaomi - Header

Gadgetren – Antarmuka sistem MIUI dikembangkan oleh Xiaomi dengan menambahkan berbagai macam fitur dan dukungan yang mana dapat membuat fungsi sebuah handphone menjadi semakin lengkap.

Termasuk juga di dalamnya Xiaomi menambahkan sejumlah fitur dan dukungan yang bisa dipakai untuk melindungi privasi para pengguna. Jadi kita tidak perlu khawatir dengan berkas pribadi baik foto, video, pesan, dokumen, hingga catatan yang tersimpan di handphone.

Bahkan untuk foto dan video saja, Xiaomi menambahkan fitur album pribadi atau private album ke dalam MIUI. Padahal mereka sebenarnya sudah mempunyai dukungan bernama album tersembunyi (hidden albums) untuk menyembunyikan berkas.

Berbeda dengan album tersembunyi, album pribadi tak hanya akan menyembunyikan foto maupun video. Fitur tersebut soalnya juga dilengkapi dengan proteksi berupa kunci pola sehingga data-data di dalamnya bisa semakin aman.

Menemukan album pribadi pun memerlukan langkah-langkah ekstra. Namun tak perlu khawatir, kamu yang masih bingung setelah mengaturnya dapat menyimak penjelasan berikut jika ingin melihat foto maupun video di dalamnya.

Cara Melihat Album Pribadi Xiaomi

  • Cari dan buka aplikasi Gallery bawaan MIUI.
  • Masuk ke tab Albums.
  • Tarik layar ke bawah sampai muncul gambar gembok kunci.
    Cara Melihat Album Pribadi Xiaomi
  • Lepaskan layar.
  • Gunakan pola yang sebelumnya sudah diatur untuk mengunci album pribadi.
  • Atau gunakan sensor pemindai sidik jari jika sudah menyetelnya.

Jika berhasil mengikuti langkah-langkah di atas, maka album pribadi nanti akan terbuka. Halamannya pun kemudian akan menampilkan seluruh foto maupun video yang sebelumnya kita pindahkan ke folder rahasia tersebut.

Untuk memudahkan pencarian foto atau video, kita pun bisa memakai fitur pengurut yang ada di dalamnya. Kita dalam hal ini hanya perlu mengetuk tombol More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas lalu memilih Sort. Kita pun bisa memakai setelan yang paling mudah digunakan.

Buat yang lupa dengan pola kunci album pribadi, kita pun bisa memanfaatkan opsi atur ulang yang ditawarkan lewat Mi Account. Apabila belum pernah menautkannya, maka kita hanya dapat menggunakan factory reset dari fitur tersebut yang mana tentu akan ikut menghapus data di dalamnya.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar