ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Ini 6 Peningkatan Samsung Galaxy S23 Ultra 5G Dari Generasi Sebelumnya

Samsung Galaxy S23 Ultra Lavender Meja

Gadgetren – Samsung Galaxy S23 Ultra 5G menjadi smartphone paling mutakhir yang dihadirkan oleh Samsung saat ini untuk meneruskan kesuksesan generasi sebelumnya.

Tentunya Samsung memberikan peningkatan baik dari segi komponen hingga fitur pada Galaxy S23 Ultra 5G yang mana membuatnya semakin memesona.

Jika kamu berencana untuk upgrade dari Galaxy S22 Ultra 5G, ada apa saja sih yang menjadi perbedaan dari keduanya? Untuk mengetahui lebih lanjut secara lebih rinci, berikut beberapa hal yang perlu diketahui.

Kamera Berteknologi Mutakhir

Fotografi menjadi segmen yang mendapatkan loncatan cukup jauh pada smartphone generasi terbaru Samsung ini. Pasalnya Galaxy S23 Ultra 5G menjagokan lensa utama Wide-angle 200MP yang mampu menghasilkan resolusi gambar sangat tinggi. Meningkat hampir dua kali lipat dari Galaxy S22 Ultra 5G yang hanya memiliki kamera 108MP.

Dikombinasikan dengan sensor ISOCELL HP2 yang dibekali teknologi Super QPD, Galaxy S23 Ultra 5G mampu memanfaatkan secara maksimal 200 juta piksel untuk pemfokusan. Alhasil kamera memiliki auto focus sangat cepat dan minim shutter lag ketika mengambil gambar di segala kondisi, termasuk ruang gelap.

Ditambah lagi teknologi Tetra pixel menjamin gambar minim noise sehingga detail dari objek tetap terlihat jernih dan tajam. Selain itu Samsung juga menyematkan fitur baru lainnya melalui Expert RAW seperti Astrophoto untuk mengambil foto bintang di langit malam hingga Multi Exposure untuk berkreasi dengan teknik fotografi profesional.

Sementara kamera pendamping lainnya masih terbilang sama untuk kedua smartphone meliputi lensa Ultra Wide-angle 12MP, Telephoto 10MP (3X Zoom), dan Periscope 10MP (10X Zoom) sehingga dapat diandalkan dalam segala skenario fotografi.

Samsung Galaxy S23 Ultra Lensa Kamera

Dapur Pacu Lebih Gesit

Dari tahun ke tahun, peningkatan di sisi kinerja pada sebuah smartphone menjadi hal yang selalu terjadi. Begitu pula pada Galaxy S23 Ultra 5G yang kini mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy sebagai otaknya.

Namun ada yang sedikit berbeda dari biasanya karena chipset tersebut memiliki label for Galaxy sebagai akhirannya. Hal ini mengisyaratkan bahwa Snapdragon 8 Gen 2 yang ada di dalam Galaxy S23 Ultra 5G telah secara khusus dioptimalkan lebih jauh lagi untuk memberikan kinerja yang semakin gegas.

Tak ketinggalan Galaxy S23 Ultra 5G pun sudah dilengkapi dengan solusi memori lebih baru berupa RAM LPDDR5X yang lebih efisien dalam konsumsi daya dan penyimpanan UFS 4.0 yang lebih cepat dalam membaca hingga 4200 Mbps untuk memastikan sistem memiliki tingkat respon yang tinggi.

Sementara itu Galaxy S22 Ultra 5G sebagai generasi sebelumnya mengandalkan Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 yang mana merupakan chipset termutakhir saat itu ketika diperkenalkan. Kemudian ditemani oleh RAM LPDDR5 dan UFS 3.1 untuk mengimbangi kinerjanya.

Bisa Simpan Lebih Banyak Data

Galaxy S22 Ultra 5G memang turut mendukung RAM hingga 12GB sebagai varian yang bisa dipilih. Namun kini Samsung memberikan RAM 12GB pada seluruh varian Galaxy S23 Ultra 5G untuk menjamin kinerja yang didapat akan setara apa pun varian yang dipilih.

Ditambah lagi, Galaxy S23 Ultra 5G kembali tersedia dalam kapasitas penyimpanan internal mencapai 1TB. Dengan begitu kamu dapat menyimpan lebih banyak kenangan yang diambil menggunakan kamera Galaxy S23 Ultra 5G, memasang segala aplikasi favorit, hingga menyimpan berbagai file multimedia tanpa khawatir kehabisan ruang.

Sedikit berbeda dengan itu, Galaxy S22 Ultra 5G pada varian tertinggi hanya menawarkan kapasitas penyimpanan internal hingga 512GB saja yang mana setengah dari varian tertinggi Galaxy S23 Ultra 5G.

Samsung Galaxy S23 Ultra Game Mobil

Ketahanan Layar Ditingkatkan

Sekilas baik Galaxy S23 Ultra 5G maupun Galaxy S22 Ultra 5G membawa layar serupa dengan panel Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci yang memiliki kemampuan Adaptive Refresh Rate antara 1Hz hingga 120Hz tergantung konten yang tengah ditampilkan.

Akan tetapi, layar dari Galaxy S23 Ultra 5G menjadi yang pertama dilapisi oleh Corning Gorilla Glass Victus 2 sebagai pelindungnya. Berkat komposisi kaca baru, layar bakal lebih tahan terhadap benturan para permukaan keras yang mana tentunya akan berpengaruh pada siklus pemakaian smartphone yang lebih panjang.

Konvektivitas Nirkabel Lebih Canggih

Galaxy S23 Ultra 5G bakal lebih mampu mendukung kebutuhan masa depan lebih baik karena sudah dibekali modul nirkabel berupa WiFi 7 dan Bluetooth 5.3 untuk menjamin konektivitas yang selalu stabil.

Tentu dengan hadirnya WiFi 7, smartphone generasi terbaru dari Samsung ini juga dapat menerima jaringan internet yang lebih cepat lagi sehingga proses download maupun upload menjadi lebih singkat selama jaringan broadband mendukung.

Sementara itu Galaxy S22 Ultra 5G menyediakan WiFi 6E dan Bluetooth 5.2 yang mana memang sudah cukup canggih, namun tetap saja berada satu generasi di bawahnya jika dibandingkan dengan modul nirkabel yang ada di Galaxy S23 Ultra 5G.

Samsung-Galaxy-S23-Ultra-5G-Warna

Desain Ramah Lingkungan dan Warna Bervariasi

Dari segi desain memang jika dilihat dari luar secara kasat mata tidak banyak yang berubah antara Galaxy S23 Ultra 5G dan Galaxy S22 Ultra 5G. Keduanya pun sama-sama masih menghadirkan warna Phantom Black yang ikonik.

Hanya saja Galaxy S23 Ultra 5G menawarkan varian warna yang lebih bervariasi lagi meliputi Lavender, Green, dan Cream ditambah warna eksklusif Lime, Sky Blue, Graphite, dan Red yang hanya tersedia di Samsung.com. Untuk Galaxy S22 Ultra sendiri menyediakan pilihan warna Phantom White, Green, dan Burgundy.

Namun yang paling menarik, bodi dari Galaxy S23 Ultra 5G telah didesain ulang dengan memikirkan kelestarian bumi. Kini Samsung memproduksi bodi Galaxy S23 Ultra dengan menggunakan bahan lebih ramah lingkungan yang terbagi menjadi 80% daur ulang material PET, 20% daur ulang plastik limbah laut, dan 22% daur ulang kaca.

Nah itulah beberapa peningkatan yang Samsung berikan pada Galaxy S23 Ultra 5G yang membuatnya semakin tak tertandingi di kelas smartphone flagship. Di samping itu semua, tentunya Samsung Galaxy S23 Ultra 5G juga akan mendapatkan pembaruan yang lebih lama dibandingkan Galaxy S22 Ultra 5G karena sudah secara bawaan menjalankan Android 13 melalui OneUI 5.1.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar