ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Restart dan Mematikan realme 9 Pro yang Kini Berbeda

Cara Restart dan Mematikan realme 9 Pro - Header

Gadgetren – Cara restart dan mematikan realme 9 Pro adalah salah satu hal yang sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Hanya saja kadang-kadang memang bisa cukup membingungkan di sejumlah perangkat.

Sebagai model ponsel baru buatan realme, kita kini tidak bisa lagi mematikan atau restart perangkat seperti cara sebelumnya, yakni hanya dengan menahan tombol Power selama beberapa detik saja.

Para pengguna realme 9 Pro pun mungkin pernah mengalami kesulitan ini. Alih-alih muncul menu pengaturan daya, kita akan memicu fitur lain seperti Google Assistant ketika menekan dan menahan tombol tersebut.

Melalui antarmuka sistem realme UI 3.0 (Android 12), perusahaan pecahan OPPO tersebut memang mengubah beberapa setelannya. Termasuk juga menu daya yang mana di dalamnya memuat opsi me-restart atau mematikan perangkat.

Meskipun begitu, kita tentu tak perlu khawatir karena handphone realme 9 Pro pun tetap dilengkapi dengan menu daya. Hanya saja kita harus menempuh beberapa langkah berikut jika ingin mengaksesnya.

Cara Restart realme 9 Pro

  • Tempelkan jari ke tombol Power dan Volume Up pada realme 9 Pro.
  • Tekan dan tahan kedua tombol tersebut selama beberapa saat.
  • Setelah menu daya muncul, ketuk tombol Restart (ikon dua anak panah melingkar).
  • Klik Tap to restart untuk mengkonfirmasi.
  • Tunggu sampai handphone menyala kembali.

Selain menggunakan langkah-langkah di atas, cara restart realme 9 Pro juga bisa dilakukan dengan metode soft reset yang dapat menjadi solusi ketika perangkat tidak bisa dioperasikan dengan baik. Kita dalam hal ini hanya perlu menekan dan menahan tombol Power bersama Volume Down sampai layar mati.

Cara Mematikan realme 9 Pro

  • Buka menu daya dengan menekan tombol Power dan Volume Up seperti cara sebelumnya
  • Ketuk opsi Power off dari menu yang muncul
  • Klik tombol Tap to power off
  • Biarkan sampai handphone benar-benar mati

Dengan cara yang hampir sama, kita pun bisa mengakses opsi power off di ponsel realme 9 Pro. Jadi kita tidak perlu bingung lagi saat ingin menonaktifkan atau mematikan perangkat menengah tersebut.

Meskipun sedikit berubah, cara restart dan mematikan realme 9 Pro masih terasa cukup mudah bukan? Namun jika masih kesulitan dalam melakukannya atau mempunyai cara lain, kamu bisa membagikan keluh kesahmu di kolom komentar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar