Smartphone Tips dan Trik

Cara Restart dan Reset Handphone realme Versi Baru dan Lama

Cara Restart Handphone realme Header

Gadgetren – Pada beberapa handphone yang menggunakan realme UI 3.0 berbasiskan Android 12, telah terjadi perubahan metode untuk bisa melakukan restart maupun turn off.

Tentunya sebagian dari kamu akan merasa bingung karena terjadi perbedaan metode dari yang sebelumnya hanya perlu menahan lama tombol Power kini menjadi perlu melakukan kombinasi tombol yang berbeda.

Sayangnya belum banyak yang membahas mengenai penggunaan kombinasi tombol ini sehingga banyak yang bingung ketika harus melakukan restart. Jika kamu salah satunya, maka bisa mengikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Restart Handphone realme

Di realme UI 3.0

  1. Tahan tombol Power dan Volume Up selama beberapa saat
  2. Pada layar akan muncul menu Emergency, Restart, dan Power Off
  3. Tekan tombol Restart di layar dan handphone akan mati otomatis
  4. Kemudian handphone akan menyala kembali setelah beberapa saat
  5. Tunggu hingga masuk kembali ke sistem

Namun apabila kombinasi tombol di atas tidak bisa digunakan untuk melakukan restart, maka kemungkinan bahwa metodenya masih sama seperti realme UI maupun realme UI 2.0 yang mana hanya menggunakan satu tombol.

Di realme UI versi sebelumnya

  1. Tekan tombol Power selama beberapa detik
  2. Nantinya akan muncul menu Emergency, Restart, dan  Power Off
  3. Tekan tombol Restart dan handphone akan mati
  4. Tunggu hingga handphone menyala kembali

Bisa dibilang tidak semua handphone yang menggunakan realme UI 3.0 mengalami perubahan metode untuk restart. Namun apabila memang sudah tidak bisa hanya menahan tombol Power saja, kemungkinan besar memang kamu harus menggunakan kombinasi tombol Power dan Volume Up.

Maka dari itu tidak heran jika ada yang kaget saat tidak bisa menggunakan tombol Power untuk melakukan Restart seperti biasa karena ada sedikit perubahan pada handphone realme tertentu. Mengingat tombol power juga kerap digunakan sebagai mengeluarkan asisten Google, perubahan ini bisa dimengerti.

Namun tanpa adanya sosialisasi atau menu alternatif untuk mengakses menu Restart tentu akan membuat perubahan ini menjadi sedikit mengganggu pengalaman walaupun nantinya juga akan terbiasa lagi. Semoga saja realme memberikan pilihan untuk menentukan opsi sesuai dengan selera.

Cara Factory Reset Handphone realme

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih menu Backup & Reset
  3. Tekan Reset Phone
  4. Pilih “Erase Everything” untuk hapus semuanya
  5. Tekan tombol Yes sebagai konfirmasi
  6. Tunggu hingga proses selesai

Untuk metode yang satu ini, pastikan seluruh data penting sudah dicadangkan karena Facotry Rest akan menghapus semua data tanpa terkecuali. Anggap saja kamu mendapatkan handphone baru yang perlu dilakukan pengaturan awal.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar

1 Komentar