ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Berita

YouTube Rilis Fitur Creator Music, Bisa Beli dan Berbagi Pendapatan Musik Berlisensi

YouTube-Creator-Music-1

Gadgetren – Setelah diperkenalkan akhir tahun 2022, akhirnya YouTube secara resmi telah meluncurkan fitur terbarunya bernama Creator Music yang dapat membantu pembuat konten video dalam menggunakan musik.

Dalam keterangan resminya, pihak YouTube mengungkapkan bahwa fitur Creator Music dirancang khusus untuk kreator yang sudah ada di program mitra YouTube (YPP) atau sudah bisa melakukan monetisasi agar bisa dengan bebas mengakses katalog musik berlisensi yang kini semakin terus bertambah.

Dengan demikian kreator bisa tetap menggunakan audio dalam video mereka sembari tetap bisa melakukan monetisasi. Sebagai permulaan, fitur Creator Music mulai akan bisa dinikmati oleh kreator yang melakukan monetisasi di wilayah Amerika Serikat beberapa minggu ke depan.

Setelah  itu pihak YouTube akan terus memperluas fitur Creator Music ke lebih banyak Negara pada tahun 2023 ini. Bagi kreator yang berada di luar wilayah Amerika Serikat bisa mengetahui ketersediaan akses ke Creator Music ini melalui dashboard YouTube Studio.

Secara teknis fitur Creator Music akan tersedia dalam dua pilihan yang mencakup membeli lisensi untuk menggunakan  musik atau hanya membayar musik saja. Keduanya pun memiliki rincian bisnis yang berbeda. Jika kreator memilih membeli lisensi untuk menggunakan musik maka pendapatan mereka akan tetap penuh masuk ke kantong mereka sendiri.

Namun bila kreator hanya membayar musik saja maka pembagian bisnisnya mereka harus berbagi pendapatan dengan artis dan pemegang hak musik terkait karena untuk membayar musik sendiri tidak penuh dibandingkan dengan membeli lisensi yang secara langsung kreator bisa dengan bebas memiliki hak untuk menggunakan musik tersebut ke dalam video mereka.

YouTube-Creator-Music

Untuk menggunakan fitur Creator Music bisa diakses langsung melalui dashboard YouTube Studio ketika kreator ingin mengunggah dan mengedit video mereka pada perangkat komputer. Fitur Creator Music tersedia pada tab menu YouTube Studio di sebelah kiri layar.

Di sana, kreator bisa menemukan beragam audio tertentu melalui penelusuran atau bisa di-preview berdasarkan kategori judul lagu, mood, artis, durasi, jenis lisensi, dan lainnya. Audio khusus Creator Music ini akan memiliki tanda khusus yang berlisensi atau hanya bisa berbagi pendapatan.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar