ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menonaktifkan Penghemat Data Infinix Buat Akses Internet Tanpa Batas

Cara Menonaktifkan Penghemat Data Infinix Header

Gadgetren – Sistem operasi modifikasi XOS berbasiskan Android yang hadir pada handphone Infinix menawarkan banyak fitur yang salah satunya Penghemat Data atau Data Saver.

Fitur Data Saver dapat mencegah beberapa aplikasi untuk mengirim atau menerima data di latar belakang. Aplikasi yang sedang kamu gunakan dapat mengakses data, namun fitur Penghemat Daya mungkin membuat kamu harus menekan gambar atau video terlebih dulu sebelum diterima.

Pada saat Penghemat Data aktif, maka kamu dapat memilih beberapa aplikasi yang bisa diizinkan untuk menggunakan data seluler yang tidak dibatasi. Tentunya dapat diatur pada beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Namun jika fitur Penghemat Data aktif secara tidak sengaja dan malah mengganggu akses internet karena aplikasi jadi tidak dapat bekerja maksimal, apalagi yang membutuhkan notifikasi instan.

Kamu pun dapat menonaktifkan fitur Penghemat Data atau Data Saver secara mudah melalui menu Pengaturan maupun Pengaturan Cepat.

Cara Menonaktifkan Penghemat Data Infinix

Melalui Pengaturan

  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Pilih menu Jaringan & Internet.
  • Selanjutnya, pilih menu Penggunaan Data.
  • Masuk ke menu Penghemat Data.
  • Tekan tombol toggle Gunakan Penghemat Kuota ke posisi mati.

Apabila cara ini dirasa masih kurang singkat, maka dapat menggunakan pintasan tombol Penghemat Data yang biasanya sudah disediakan melalui Pengaturan Cepat. Namun jika pintasan belum terlihat, maka kamu perlu memunculkannya terlebih dulu.

Melalui Pengaturan Cepat

  • Sapu layar di bagian kanan dari atas ke bawah hingga muncul Pengaturan Cepat.
  • Selanjutnya, pilih tombol Edit berikon pensil di bagian atas.
  • Tarik tombol Penghemat Data dari bagian bawah ke atas (utama) agar muncul di Pengaturan Cepat.
  • Kemudian, tekan tombol Back agar menyelesaikan perubahan tombol.
  • Sapu layar bagian kanan dari atas ke bawah hingga muncul Pengaturan Cepat.
  • Tekan pintasan tombol Penghemat Data dari posisi aktif ke mati.

Perlu dicatat bahwa XOS memiliki keunikan dimana jika kamu melakukan sapu layar di bagian kiri dari atas ke bawah, maka justru notifikasi pesan dari aplikasi yang akan muncul.

Berbeda dengan handphone berbasis Android kebanyakan yang menyatukan menu notifikasi dan Pengaturan Cepat dalam satu panel. XOS pada handphone Infinix memisahkan kedua menu tersebut yang mana tentunya memberikan pengalaman yang berbeda.

Sebenarnya Infinix ingin memudahkan pengguna handphone buatannya dalam menghemat kuota internet ketika mengaktifkan Data Saver. Namun terkadang memang kamu perlu mematikan fitur tersebut ketika membutuhkan kecepatan internet yang maksimal.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar