ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Screen Time OPPO Untuk Lihat Lama Penggunaan Aplikasi

Cara Cek Screen Time OPPO Header

Gadgetren – Selain memiliki spesifikasi yang dapat menjalankan aplikasi dengan lancar, perangkat OPPO juga memiliki fitur untuk cek screen time selama penggunaan.

Kamu pun dapat mengetahuinya secara cukup rinci lewat fitur Digital Wellbeing yang bisa diakses lewat aplikasi Settings.

Fitur Digital Wellbeing sendiri telah hadir pada ColorOS 6 berbasiskan Android 9 Pie atau versi di atasnya. Sementara untuk perangkat OPPO dengan versi ColorOS di bawahnya membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Cara Melihat Screen Time OPPO

Melalui Fitur Digital Wellbeing

  • Akses aplikasi Settings
  • Pilih menu Digital Wellbeing & Parental Control
  • Kamu akan melihat Screen Time per harinya lengkap dengan grafik
  • Di bagian bawah terdapat berapa aplikasi yang pernah dibuka hari tersebut
    OPPO - ScreenTime - Digital Wellbeing

Setiap aplikasi yang ditampilkan pada grafik Pie pada Digital Wellbeing & Parental Control memiliki warna yang berbeda-beda. Semakin panjang grafiknya, maka semakin lama juga aplikasi telah dibuka.

Apabila kamu ingin lebih rinci lagi dapat memilih aplikasi yang ingin diketahui informasinya. Selanjutnya, kamu akan diperlihatkan waktu total aplikasi tersebut dibuka.

Sementara itu kamu juga dapat melihat berapa kali aplikasi dibuka tutup pada hari tersebut melalui menu Unlocks. Lalu pada saat menu Notifications dapat mengetahui berapa banyak notifikasi yang diterima oleh aplikasi tersebut.

Namun kamu juga dapat melihat Screen Time pada hari lainnya dengan mengakses menu Dashboard yang nantinya dapat diatur grafik waktu penggunaan sesuai dengan tanggal yang dipilih.

Sayangnya fitur Digital Wellbeing tidak tersedia pada handphone OPPO dengan sistem operasi ColorOS 5 atau versi di bawahnya. Jadi kamu perlu mengunduh aplikasi StayFree dari Google Play Store.

Melalui Aplikasi StayFree – Screen Time

  • Buka aplikasi StayFree – Screen Time di perangkat OPPO
  • Selanjutnya aplikasi akan melakukan pemindaian
  • Lalu akan diperlihatkan Screen Time total dan per aplikasi
  • Apabila kamu ingin melihat lebih rinci, maka dapat menekan aplikasi yang diinginkan
    OPPO - ScreenTime -StayFree

Selain itu, StayFree juga akan menampilkan beragam data yang lebih lengkap lagi mulai dari waktu sering aplikasi tersebut dibuka dan digunakan setiap harinya.

Bisa dibilang hadirnya fitur Digital Wellbeing dan aplikasi StayFree hadir untuk membantu kamu lebih bijak dan produktif lagi dalam menggunakan perangkat OPPO dalam aktivitas sehari-hari.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar