ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Berita Smartphone

Hands-On ASUS ROG Phone 6 Batman Edition, Ada Aksesoris Unik

ASUS ROG Phone 6 Batman Feature

Gadgetren – Selain ROG Phone 6 versi reguler, ASUS turut menghadirkan handphone gaming ini dalam edisi spesial yakni ROG Phone 6 Batman Edition di Indonesia.

Menariknya saya kesempatan diajak oleh pihak ASUS untuk melakukan hands-on ASUS ROG Phone 6 Batman Edition dari dekat.

Dilihat dari sisi depan, handphone yang satu ini memiliki layar penuh mirip seperti ROG Phone 6 versi reguler tanpat terdapat punch hole maupun poni.

Namun begitu ASUS tetap mempertahankan bezel yang sedikit besar di bagian atas layar untuk menyimpan kamera depannya yang beresolusi 12 MP.

ASUS ROG Phone 6 Batman Layar

Ketika handphone ini saya nyalakan baru terlihat eksklusivitasnya karena memiliki Always on Display, Live Wallpaper, Animasi Pengecasan, Animasi Telepon Masuk, Wallpaper, dan Ikon yang bertemakan Batman.

ROG Phone 6 Batman Edition ini menggunakan layar AMOLED 6,78 inci dengan resolusi Full HD+ (2448 x 1080 piksel) dengan HDR10+ dan tingkat kecerahan hingga 1200 nits yang mampu menampilkan foto, video, maupun game dengan terang serta tajam yang dapat memanjakan mata saya.

Apalagi handphone ini memiliki refresh rate hingga 165Hz yang mampu menampilkan gerakan transisi perpindahan menu maupun animasi game yang terasa halus. Bahkan dengan kombinasi touch sampling rate 720Hz membuat sentuhan jari saya terhadap layar terasa sangat responsif.

Pada menu Quick Settings terdapat pintasan yang dapat digunakan untuk memilih refresh rate mulai dari 60Hz, 90Hz, 120Hz, 144Hz, hingga 165Hz. Namun jika ingin kecepatan berpindah secara otomatis, maka dapat menggunakan mode Auto.

Tentunya semakin tinggi refresh rate yang digunakan maka konsumsi daya akan semakin besar. Untuk meminimalisir terjadinya goresan, ASUS pun telah menggunakan Corning Gorilla Glass Victus pada layar handphone.

Beralih ke bagian belakangnya, terlihat ada keistimewaan dari perangkat ini karena terdapat logo Batman dengan piksel ikonik yang menggunakan pencahayaan Aura RGB.

ASUS ROG Phone 6 Batman Logo

Dengan pencahayaan Aura RGB membuat saya dapat menghadirkan beragam warna menarik pada logo Batman. Terdapat juga tulisan ROG Batman yang dapat diubah-ubah warnanya sesuai keinginan. Tak ketinggalan, ASUS pun turut menyematkan tulisan Dare to Play yang memiliki banyak pilihan warna lampu.

Logo dan tulisan Batman yang diberikan pencahayaan Aura RGB serta tema Batman di layar terkesan memberikan nilai eksklusivitas pada ROG Phone 6 Batman Edition sehingga berbeda dibanding handphone gaming lainnya.

Masih pada bagian belakangnya terdapat tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP bersensor Sony IMX766, kamera ultrawide 13 MP, dan makro 5 MP yang dapat memenuhi kebutuhan fotografi dengan baik.

ASUS ROG Phone 6 Batman Kamera

Bagian belakang ASUS ROG Phone 6 Batman Edition yang dilapisi kaca Gorilla Glass 3 membuatnya terasa licin ketika digenggam dengan satu tangan.

Pada bagian kanannya terdapat tombol Air Trigger, Volume, dan Power. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, Air Tringger ini bisa menjadi tombol L dan R kapasitif sehingga memudahkan dalam bermain game.

Sementara pada bagian kirinya terdapat port USB Type-C dan slot kartu SIM. Beralih ke bagian bawahnya terdapat port USB Type-C dan port jack audio 3,5mm.

ASUS ROG Phone 6 Batman Ejector

Hadirnya port USB Type-C  di bagian kiri ini agar memudahkan kita ketika bermain game dalam posisi lanskap agar tangan tidak terganggu kabel pada saat bermain game sambil mengecas daya baterai.

Perangkat ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 6.000mAh yang mampu bertahan lama dalam pemakaian normal. Sementara hadirnya fitur 65W HyperCharge diklaim ASUS mampu mengecas daya baterai ROG Phone 6 Batman Edition dari 0% ke 100% cuma 42 menit saja.

ROG Phone 6 Batman Edition ini memiliki performa yang bertenaga berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 (4nm) Octa-Core 3,19 GHz yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan ROM 256 GB.

ASUS ROG Phone 6 Batman AnTuTu

AnTuTu Benchmark

Untuk mengetahui kinerja handphone gaming ini, saya pun langsung melakukan pengujian dengan menggunakan AnTuTu Benchmark V9.5.3 yang menghasilkan skor 1.007.443 poin pada Normal Mode dan skor 1.111.544 poin pada X Mode.

Sementara pada pengujian dengan Geekbench 5.4.6, terlihat ROG Phone 6 Batman Edition mendapatkan skor 1.105 poin untuk Single-Core dan 3.147 poin untuk Multi-Core pada Normal Mode.

Sedangkan pada X Mode, handphone ini mendapatkan skor 1.213 poin untuk Single-Core dan 4.360 poin untuk Multi-Core. Terlihat bahwa skor performa yang didapatkan oleh handphone ini sangat tinggi.

ASUS ROG Phone 6 Batman Geekbench

GeekBench

X Mode ini merupakan mode yang dapat meningkatkan performa hardware dan software dari ROG Phone 6 Batman sehingga mampu menghadirkan performa yang optimal ketika menjalankan aplikasi, menonton video, maupun memainkan game.

Pada saat saya memainkan game Injustice 2 dengan frame rate dan grafis yang tinggi, saya merasa bahwa handphone ini mampu menanganinya dengan mulus tanpa hambatan.

ASUS ROG Phone 6 Batman Gaming

Berbicara soal eksklusivitas lainnya, ROG Phone 6 ini hadir dengan dus yang berbentuk koper layaknya kotak senjata dengan logo Batman dan ROG menyatu yang mengisyaratkan hadirnya perlengkapan kuat terdapat di dalamnya.

Dus berbentuk koper ini dibuat dengan menggunakan bahan EPP (Expanded Polypropylene) yang terasa ringan ketika dipegang, namun kokoh dan tahan guncangan sehingga dapat dibawa kemanapun dengan mudah.

ASUS ROG Phone 6 Batman Isi Koper

Pada saat dus koper dibuka, saya langsung menemukan adaptor 65W HyperCharge, unit ROG Phone 6 Batman Edition, kabel data USB Type-C ke USB Type-C, kotak berisi Aero Case, kartu garansi, serta buku panduan, kotak berisi SIM Ejector berbentuk logo Batman serta dudukannya, dan Proyektor mini Bat Signal.

Proyektor mini Bat Signal ini dapat memproyeksikan dua pilihan ikon Bat Signal yang terdiri dari logo Batman atau  Siluet Batman. Untuk bisa menyalakan Proyektor ini perlu menggunakan pengisi daya seperti charger atau power bank.

ASUS ROG Phone 6 Batman Bat Signal

ROG Phone 6 Batman Edition saat ini dijual secara terbatas di Indonesia karena memang ditujukan untuk menjadi salah satu barang koleksi. Untuk harganya sendiri mencapai Rp14.999.000 di Tanah Air.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar