Tips dan Trik Aplikasi

Cara Melihat Google Maps dari Tahun ke Tahun Untuk Rumah dan Tempat Lainnya

Cara Melihat Google Maps dari Tahun ke Tahun  Header

Gadgetren – Pada aplikasi TikTok dan Instagram Reels telah banyak orang yang membagikan video mengenai suatu tempat seperti rumah dari tahun ke tahun dengan Google Maps.

Dari video yang diunggah tersebut, misalnya kamu dapat melihat suatu rumah dari tahun 2022 hingga kembali ke tahun 2013. Tentunya hal ini akan memberikan momen nostalgia mengenai perkembangan daerah sekitar tersebut.

Sebenarnya Google Maps sendiri akan memanfaatkan Google Street View yang memperlihatkan foto-foto suatu wilayah yang pernah diambil oleh mereka dari tahun 2013 hingga tahun 2022. Kita ketahui bersama bahwa data satelit untuk Google Maps dan Street View akan diperbarui setiap tahunnya.

Dengan data yang sangat besar di satelit ini, justru Google masih menyimpan foto-foto lama setiap wilayah dengan rentang waktu yang cukup jauh mencapai hingga 9 tahun lamanya.

Namun tetap saja tergantung situasi foto yang terjadi, terkadang ada wilayah yang data terakhirnya hanya sampai tahun 2019 untuk dapat ditarik mundur hingga tahun 2013 silam. Apalagi menyangkut perumahan yang izinnya tidak boleh memotret sembarang.

Untuk bisa melihat foto rumah kamu sendiri atau area tertentu di Google Maps dari tahun ke tahun, maka kamu perlu mengakses Google Maps melalui web di laptop atau PC karena menunya sering tidak muncul di handphone.

Cara Melihat Google Maps dari Tahun ke Tahun

  • Akses Google Maps melalui browser
  • Pada kolom Search, cari rumah atau tempat yang ingin kamu lihat dari tahun ke tahun
  • Tekan tombol EnterGoogle Maps -Tahun ke Tahun - 1
  • Lalu tekan dan tahan tombol Browse Street View Images berikon orang di pojok kanan bawah
    Google Maps -Tahun ke Tahun - 2
  • Arahkan ikon orang tersebut ke tempat atau rumah yang ingin dituju pada peta Google Maps
    Google Maps -Tahun ke Tahun - 3
  • Setelah ikon orang tersebut ditaruh pada tempat yang diinginkan, maka Google Street View akan dibuka dan memperlihatkan foto yang dapat diputar 3D
  • Pada pojok kiri atas, tekan tombol Timeline yang berikon seperti jarum jam di sebelah tulisan Street View serta bulan tahunnya
    Google Maps -Tahun ke Tahun - 4
  • Selanjutnya, kamu akan diperlihatkan pratinjau foto yang di bawahnya terdapat tombol untuk digeser ke tahun yang lebih baru
    Google Maps -Tahun ke Tahun - 4

Perlu dicatat apabila pada halaman Timeline tidak muncul tahun-tahun lainnya, maka kemungkinan Google Maps dan Google Street View tidak memotret wilayah tersebut yang biasanya disebabkan oleh masalah proses izin.

Namun apabila bangunan atau gedung di daerah umum yang tidak terhalang masalah privasi, biasanya Google Maps dan Google Street View memiliki foto per tahun karena proses izinnya lebih mudah atau tidak memerlukan izin terlebih dulu.

Dengan butuhnya proses izin, tentunya foto-foto yang hadir di Google Street View akan sangat terbatas. Namun jika bangunan umum yang berada di pinggiran jalan besar, biasanya foto akan lebih lengkap.

Tinggalkan Komentar