Tips dan Trik

Ingin Bisnis Semakin Maju? Tambahkan Lokasi Bisnis di Google Maps!

Cara Membuat Lokasi di Google Maps Header[Sumber: Pexels]

Gadgetren – Pertumbuhan bisnis yang kita miliki tidak terlepas dari bagaimana pelanggan dapat menjangkau lokasi tempat bisnis kita berada.

Google Maps merupakan layanan perpetaan yang sangat banyak digunakan oleh para pengguna. Layanan buatan Google ini dapat dibilang memiliki fitur yang cukup lengkap dan sangat membantu pengguna dalam menemukan sebuah lokasi.

Menariknya, pada tempat tertentu, pengguna juga dapat melihat detail dari tempat tersebut. Selain lokasi, pengguna dapat melihat nomor telepon, website, jam buka, dan juga foto-foto dari tempat tersebut.

Selain pengguna umum, pelaku bisnis pun kini dapat meningkatkan pertumbuhan bisnisnya melalui fitur ini. Pelaku bisnis hanya perlu menambahkan lokasi dari tempat bisnis miliknya ke dalam layanan Google Maps.

Pengguna umum juga dapat menambahkan lokasi alamat rumah, lokasi tempat bekerja, dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengguna tersebut juga dapat lebih mudah untuk membantu teman-temannya menemukan lokasinya.

Cara Membuat dan menambah Lokasi Baru di Google Maps

Menambahkan lokasi di Google Maps merupakan cara yang cukup efektif untuk membantu orang-orang dalam menemukan lokasi toko, kantor, maupun rumah yang kita miliki.

Dan menariknya, kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan apapun untuk membuat lokasi untuk membagikan tempat baru.

Yang jelas, agar pengguna tidak kebingungan dalam menambahkan lokasi tempat baru ke Google Maps, pengguna dapat memperbarui aplikasi Google Maps ke pembaruan yang paling akhir. Buka Google Play Store, ketikan Google Maps di kolom pencarian, pilih Google Maps, lalu klik UPDATE. Atau kunjungi laman berikut ini menggunakan perangkat seluler yang akan digunakan.

Cara Membuat Lokasi di Google Maps Melalui Android

Jika sudah, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk membagikan tempat baru di Google Maps:

  1. Buka Google Maps dan jangan lupa untuk mengaktifkan lokasi
  2. Ketuk tombol menu pada pojok kiri atas
  3. Gulis ke bawah dan cari Add a missing place, jika sudak ketemu pilih opsi tersebut
  4. Isi keterangan yang sesuai minimal pada Name, Address, dan Category,
  5. Untuk address, pengguna dapat menggunakan fitur Mark location on map*
  6. Pengguna juga dapat menambahkan keterangan lain dengan mengetuk Add Phone, hours, website, and photos
  7. Jika sudah selesai mengisi keterangan yang diperlukan, pengguna dapat menambahkan lokasi tersebut dengan menekan tombol kirim yang terletak pada pojok kanan atas

Cara Membuat Lokasi Sebuah Tempat Baru di Google Maps Melalui Browser

Cara Membuat Lokasi di Google Maps Melalui Browser

Selain cara di atas, pengguna juga dapat menambahkan lokasi baru dengan membuka Google Maps melalui browser, kemudian telusuri alamat tersebut. Setelah ketemu, klik kanan pada lokasi tersebut, pilih Add a missing place. Isi keterangan minimal pada Name dan Category. Kemudian klik Submit.

Nah, sekarang, setelah melakukan salah satu metode dari kedua cara di atas, Anda dapat membagikan lokasi bisnis yang Anda miliki di Google Maps. Anda tinggal bilang “search aja di Google Maps!”

Leave a Comment