Mading

Apa Itu Hotspot WiFi yang Bisa Berikan Koneksi Internet dari Perangkat Lain?

Apa Itu Hotspot WiFi - Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Dengan berbagai macam layanan dan teknologi yang tersedia di masa sekarang, kita bisa mengakses jaringan internet untuk bekerja, belajar, hingga menikmati hiburan dengan sangat mudah.

Salah satu di antaranya, kita dapat memanfaatkan hotspot WiFi yang kini tersedia di berbagai macam tempat publik maupun privat. Kita dalam hal ini bisa menemukannya di rumah pribadi, kantor, sekolah, kafe, mal, bandara, hingga minimarket.

Hotspot WiFi bahkan bisa menjadi solusi jika ingin mengakses internet dengan lebih baik. Selain harganya sebanding dengan benefit yang ditawarkan, koneksi dalam jaringannya secara umum juga lebih cepat dan stabil.

Dibandingkan dengan internet seluler yang dipancarkan secara terestrial (memakai stasiun pemancar di permukaan bumi), hotspot WiFi yang ditawarkan oleh berbagai macam layanan kini soalnya tersedia dalam jaringan fiber optik.

Lalu apa sebenarnya hotspot WiFi itu? Berikut penjelasan singkat mengenai salah satu istilah yang sering dipakai dalam menggunakan jaringan internet tersebut buat kamu yang sama sekali belum mengenalnya.

Apa Itu Hotspot WiFi?

Hotspot WiFi adalah sebuah tempat fisik di mana kita dapat menghubungkan berbagai macam perangkat seperti handphone, tablet, hingga laptop ke jaringan internet dengan menggunakan teknologi WiFi.

Tempat tersebut biasanya akan menggelar jaringan area lokal nirkabel atau wireless local-area network (WLAN) dengan menggunakan router yang dihubungkan ke penyedia layanan internet seperti IndiHome, First Media, MyRepublic, Stroomnet, Biznet Home, atau MNC Play.

Cakupan area hotspot WiFi sayangnya bisa berbeda-beda untuk setiap lokasi. Hal ini akan sangat dipengaruhi oleh kemampuan router yang digunakan serta ada tidaknya penghalang seperti dinding atau tembok.

Kecepatan akses yang ditawarkan pun akan bergantung kepada layanan internet dari penyedia. Selain itu, nantinya juga akan dipengaruhi oleh teknologi WiFi yang digunakan oleh perangkat dan router.

Perlu dicatat bahwa sebagian orang bisa menganggap hotspot WiFi berbeda dengan hotspot seluler meskipun terdengar serupa. Hal tersebut berkaitan sangat erat dengan dukungan mobilitas yang ditawarkan.

Dalam hal ini, hotspot WiFi umumnya akan terikat pada suatu lokasi tertentu. Sementara hotspot seluler yang juga disebut dengan istilah hotspot portable bisa digunakan di mana saja karena mudah dipindah-pindah.

Berbeda dengan hotspot WiFi yang mengandalkan router, hotspot seluler pun bisa kita buat sendiri dengan menggunakan handphone yang sudah tersambung ke koneksi seluler. Kita dalam hal ini juga bisa memanfaatkan MiFi atau modem WiFi yang berfungsi secara khusus untuk melakukan hal itu.

Meskipun begitu, ketersediaan hotspot WiFi maupun seluler tentu dapat sangat membantu kita dalam mengakses jaringan internet. Kita bisa melakukannya dengan lebih praktis tanpa perlu membawa kabel LAN ke mana-mana.

Tinggalkan Komentar