ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Apa Itu Privacy Extension for WhatsApp Web yang Katanya Bisa Bikin Data Lebih Aman?

WhatsApp Web Laptop

Gadgetren – Privasi WhatsApp senantiasa menjadi permasalahan yang cukup pelik di kalangan para pengguna karena layanan percakapan milik Facebook tersebut memang memuat sejumlah informasi pribadi.

Layanan tersebut misalnya menyimpan berbagai macam data percakapan grup maupun pribadi yang kadang-kadang harus dirahasiakan dari orang lain. Tak hanya teks, bentuknya bisa bermacam-macam mulai dari gambar, video, hingga pesan suara.

Fitur enkripsi yang ditawarkan oleh layanan tersebut untungnya mencakup perlindungan untuk beberapa hal tersebut. Jadi, informasi yang kita bagikan menggunakan WhatsApp tidak akan mudah terbaca oleh peretas maupun pihak WhatsApp itu sendiri.

Dukungan enkripsi end-to-end akan melindungi informasi dari pengirim hingga sampai ke penerima. Fitur keamanan ini juga memastikan bahwa setiap panggilan video maupun suara di dalam layanan tak bisa dilihat atau didengarkan oleh orang yang tidak berkepentingan.

Enkripsi WhatsApp sayangnya hanya berlaku saat komunikasi dilakukan melalui layanan digital itu saja. Ketika berkaitan dengan lingkungan sekitar termasuk perangkat, perlindungan privasi tambahan perlu diupayakan oleh para pengguna.

Memasang Privacy Extension For WhatsApp Web menjadi salah satu langkah yang dipilih oleh banyak orang. Layar komputer atau laptop umumnya mempunyai ukuran lebih besar sehingga informasi di dalamnya sangat mudah diintip oleh orang lain di sekitar kita.

Apa Itu Privacy Extension For WhatsApp Web?

Peramban seperti Google Chrome maupun Mozilla Firefox menawarkan dukungan tambahan melalui sistem ekstensi. Kita bisa memperoleh sejumlah fungsi khusus sesuai kebutuhan dengan memasang salah satu di antaranya.

Privacy Extension For WhatsApp Web merupakan bagian dari hal itu. Kita secara khusus dapat memasangnya untuk melindungi informasi di layanan WhatsApp Web supaya tidak mudah diintip meski membukanya di ruang publik.

Ekstensi untuk Chrome maupun Firefox ini mempunyai fitur yang dapat membuat blur (buram) tampilan WhatsApp Web. Kita bisa memakainya untuk menutup informasi-informasi penting seperti pesan, foto profil, hingga pratinjau media.

Namun tentu saja, kita nantinya bisa dengan mudah mengakses bermacam informasi itu. Cukup dengan mengarahkan kursor mouse ke bagian yang diinginkan, blur akan hilang dengan sendirinya sehingga kita bisa segera melihat tampilan sebenarnya.

Ekstensi ini pun berlaku selayaknya aplikasi web dimana kita dapat mengatur fungsinya sesuai dengan preferensi dan kebutuhan. Proses untuk melakukannya pun sangat mudah karena juga dilengkapi dengan pintasan keyboard yang disebut Quick Toggle.

Yang sangat perlu diingat, ekstensi khusus WhatsApp Web ini sayangnya produk dari pihak ketiga, yakni buatan Lukas Lenhardt (LukasLen). Keamanan data saat menggunakan layanan ini perlu ditinjau berulang-ulang sebelum kita benar-benar yakin untuk memasangnya.

Sebagai bahan pertimbangan, Privacy Extension For WhatsApp Web sendiri mendapat rating yang sangat positif di Chrome Web Store maupun Firefox. Kebijakan layanannya pun menyebutkan bahwa mereka tidak akan mengoleksi informasi data apapun dari pengguna dan hanya berkomunikasi dengan server ketika terjadi kesalahan maupun pembaruan.

Namun bagi saya pribadi menggunakan layanan pihak ketiga apapun itu harus berhati-hati apalagi belum bisa dipercaya sepenuhnya. Oleh karena itu saya lebih menyarankan untuk menggunakan WhatsApp versi seluler saja daripada web ketika berada di tempat umum jika memang takut diintip oleh orang lain.

Privacy Extension For WhatsApp Web sendiri dapat diunduh melalui Chrome Web Store maupun Firefox Browser Add-on. Kamu nantinya hanya perlu membuka halaman produk sesuai peramban lalu mengetuk tombol yang sesuai.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar