Operator Seluler

Mengenal Apa itu Smartfren VoWiFi – Layanan Telepon Khusus Untuk Andromax

Apa itu Smartfren VoWiFi Header

Gadgetren – Soal urusan inovasi, bisa dibilang Smartfren merupakan salah satu operator yang menghadirkan layanan mutakhir untuk penggunanya.

Bahkan Smartfren telah meluncurkan VoLTE dan VoWiFi di Indonesia. VoLTE sendiri merupakan Voice Over LTE yang memungkinkan pengguna Smartfren dapat melakukan percakapan telepon melalui jaringan LTE.

Smartfren mengklaim bahwa suara yang dihasilkan jernih karena menggunakan jaringan LTE yang cepat. Sementara untuk VoWiFi merupakan Voice Over WiFi yang merupakan panggilan telepon dengan menggunakan jaringan WiFi untuk terhubung ke internet tanpa perlu adanya aplikasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut, tim Gadgetren pun langsung menanyakan ke akun Twitter resmi @smartfrencare melalui Direct Message (DM) mengenai apakah layanan VoWiFi sudah tersedia di Indonesia.

Selanjutnya, staf admin pun langsung menjawab bahwa layanan VoWiFi sudah tersedia di Indonesia. Namun baru beberapa handphone saja yang bisa menggunakan layanan ini, yakni Andromax B dan Andromax L.

Smartfrencare

Dengan kata lain, kamu yang menggunakan Andromax B dapat melakukan panggilan VoWiFi ke sesama seri handphone atau Andromax L. Begitu pun juga pengguna Andromax L dapat melakukan percakapan ke sesama seri handphone atau Andromax B.

Lebih jelasnya, VoWiFi memudahkan pengguna handphone Andromax B dan Andromax L yang sedang berada dalam area dengan sinyal seluler Smartfren yang lemah dapat melakukan panggilan telepon ketika terhubung dengan jaringan WiFi.

Namun pihak Smartfren menyatakan bahwa percakapan dengan VoWiFi akan menyedot pulsa reguler layaknya panggilan telepon biasa. Untuk itulah Smartfren belum menghadirkannya untuk handphone merek lain.

Perlu dicatat bahwa jaringan WiFi yang digunakan pun harus stabil agar pengguna yang saling melakukan percakapan dengan teknologi VoWiFi dapat mendengar suara dengan jernih.

Meskipun fitur VoLTE dan VoWiFi sudah tersedia di Indonesia, namun tetap masih belum populer digunakan masyarakat karena lebih mudah untuk melakukan Call atau Video Call melalui aplikasi chat seperti WhatsApp, Telegram, LINE, dan lainnya.

Apalagi teknologi VoWiFi pada operator Smartfren masih terbatas hanya untuk Andromax B dan Andromax L saja. Untuk lebih mempopulerkannya, Smartfren perlu mengaktifkan layanannya untuk berbagai seri dan merek handphone lagi terutama yang banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Komentar