Berita Tekno

Intel Rilis Prosesor Generasi ke-13 Untuk Laptop Dengan Varian Tertinggi Core i9-13980HX

13th-Gen-Intel-Core-1

Gadgetren – Setelah mengumumkan jajaran varian prosesor Intel Generasi ke-13 untuk PC, kini Intel merilis prosesor Intel Generasi ke-13 untuk perangkat laptop yang menyasar segmen pasar game, pembuat konten, hingga produktivitas.

Ada dua varian seri prosesor Intel Gen 13 yang diluncurkan dengan spesifikasi tertinggi yakni seri HX dan seri H. Seri HX membawa varian prosesor Intel Core tertinggi melalui Core i9-13980HX yang memiliki CPU mencapai 24 Core yang terdiri dari 8 performance core dan 16 efficient core dengan jumlah thread sebanyak 32.

Sedangkan seri H menghadirkan varian prosesor Intel Core tertinggi melalui Core i9-13900HK yang mempunyai CPU mencapai 14 Core terdiri dari 6 performance core dan 8 efficient core dengan jumlah thread sebanyak 20. Selain itu, seri HX memiliki kecepatan maksimal performance core hingga 5,6Ghz dan seri H mencapai 5,4GHz.

Lebih jauh, prosesor Intel Gen 13 untuk perangkat laptop secara umum telah dibangun oleh arsitektur hibrida dengan dua chip di mana saling terhubung melalui discrete Platform Controller Hub yang mampu mengoptimalkan performa untuk beragam aktivitas berat.

Prosesor-Intel-13th-Gen-HX-Series

Dukungan platform Intel Evo pada prosesor Intel Gen ke-13 ini juga telah diberikan sehingga membuat laptop yang menggunakannya memiliki konektivitas lebih cepat dan daya tahan baterai awet. Untuk dukungan WiFi sendiri sudah menggunakan versi 6/6E (Gig+) yang mana diklaim 3 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Kemudian juga dilengkapi Bluetooth 5.2 untuk menghubungkan laptop ke perangkat lain secara nirkabel yang 2 kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth 4.2.4. Tak ketinggalan prosesor Intel Gen ke-13 turut mendukung port Thunderbolt 4 untuk membantu transfer data  lebih cepat dengan kapasitas besar.

Prosesor-Intel-13th-Gen-H-Series.

Disamping seri HX dan H, Intel turut menghadirkan prosesor Intel seri P dan U Gen 13. Seri P merupakan prosesor untuk laptop yang berbentuk tipis dan ringan yang mampu meningkatkan produktivitas pengguna. Varian prosesor ini memiliki Core tertinggi Core i7-1370P dengan CPU 14 performa core yang memiliki kecepatan performa mencapai 5,2GHz.

Sementara seri U ditujukan untuk pengguna laptop yang menginginkan portabilitas dan mobilitas perangkat melalui Core i7-1365U untuk varian Core tertinggi. Yang mana memiliki CPU 10 performa core dengan kecepatan performa maksimal 5,2GHz.

Tinggalkan Komentar