Review Laptop / PC

Review HP EliteBook 845 G9 – Tampil Berkelas dan Bertenaga

Review HP EliteBook 845 G9 Header

Gadgetren – Hewlett-Packard atau yang lebih dikenal sebagai HP membawa laptop kelas bisnis bernama EliteBook 845 G9 yang dilengkapi berbagai fitur canggih ke Tanah Air.

Tidak hanya itu saja, spesifikasi yang dimilikinya tentu saja sudah jempolan agar dapat menunjang kebutuhan kerja dalam rangka bodi yang terbilang ramping.

HP EliteBook 845 G9 sebagai laptop kelas atas oleh karena itu terlihat sangat menarik. Untuk mengetahui lebih jauh kemampuan yang ditawarkannya, berikut review HP EliteBook 845 G9 dari tim Gadgetren.

Review HP EliteBook 845 G9
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 10/10
    10/10
9/10

Kesimpulan

HP EliteBook 845 G9 menjadi salah satu laptop segmen bisnis yang terlihat hampir sempurna secara menyeluruh di segala sisi mula dari desain premium hingga kinerja memuaskan.

Pros

  • Desain premium
  • Kinerja handal dan cepat
  • Banyak fitur keamanan
  • Keyboard dan touchpad nyaman
  • Dukung Windows Hello
  • Baterai cukup memadai

Cons

  • Tidak ada slot kartu SD
  • Layar belum OLED untuk harganya


EliteBook 845 G9 merupakan laptop berukuran 14 inci yang tampil dengan desain modern lewat balutan warna perak di sekujur bodinya. Dengan begitu laptop ini pun terlihat sangat menawan sambil memberikan kesan profesional sehingga bakal cocok untuk digunakan dalam segala kondisi formal maupun tema.

Logo HP yang digunakan pun sudah logo yang lebih baru layaknya pada lini Spectre dan Envy dengan hanya empat garis diagonal saja yang mana semakin menambah kesan elegan dari laptop ini. Dengan bodinya yang ramping, EliteBook 845 G9 memiliki bobot sekitar 1,4 kg sehingga masih tetap terasa ringan untuk dijinjing.

Pastinya desain yang ditawarkan oleh EliteBook 845 G9 benar-benar mencerminkan namanya, sangat elite. Bahkan engsel layarnya pun terasa ringan dan 0memuaskan karena dapat dibuka dengan hanya satu jari saja.

HP EliteBook 845 G9 (1)

Sementara itu, EliteBook 845 G9 menyediakan variasi port yang cukup memadai dengan dua buah USB-A SuperSpeed 5 Gbps, 2 buah USB-C 40 Gbps dengan dukungan USB Power Delivery dan DisplayPort 1.4, sebuah audio combo jack in, serta sebuah HDMI 2.0. Lalu untuk nirkabel ada Wi-Fi 6E (2×2) and Bluetooth 5.2.

Pengisian daya laptop ini pun dilakukan melalui salah port USB-C yang mana sangat fleksibel dibandingkan harus menggunakan charger khusus model lingkaran seperti pada laptop pada umumnya. Satu hal yang disayangkan, tidak ada slot untuk kartu SD maupun microSD sehingga membutuhkan dongle tambahan.

HP EliteBook 845 G9 (9)

Tersedianya deretan port dan konektivitas yang sudah mutakhir saat ini membuat EliteBook 845 G9 bakal tetap siap digunakan untuk menunjang masa yang akan datang tanpa perlu khawatir ketinggalan zaman.

Dengan sudah dibahasnya segmen desain, bagaimana dengan pengalaman penggunaan dari EliteBook 845 G9? Kata yang paling tepat untuk disemat pada laptop ini adalah sangat memuaskan. Segala aspek yang dihadirkannya membuat aktivitas terasa nyaman dan lancar.

HP EliteBook 845 G9 (5)

Apalagi layar 14 inci yang dimilikinya menyajikan konten dalam rasio 16:10 (resolusi 1920 x 1200 piksel) agar dapat menampilkan konten vertikal lebih banyak yang mana sangat membantu ketika membaca artikel atau sejenisnya. Tak ketinggalan panel IPS yang sudah dilapisi anti glare tersebut memiliki tingkat pencahayaan 1.000 nits dan cakupan warna 100% sRGB.

Alhasil konten yang ditampilkan memiliki detail tajam dan warna cerah sehingga menikmati berbagai konten visual seperti nonton film atau melihat foto. Ditambah lagi terdapat dual stereo speaker dari Bang & Olufsen yang terdengar lantang dan tetap jelas dalam volume tinggi sekalipun.

HP EliteBook 845 G9 (3)

Menariknya lagi, layar HP EliteBook 845 G9 dilengkapi fitur bernama HP Sure View untuk menghalau pandangan orang sekitar. Ketika menekan fungsi yang ada di tombol F2, layar akan sedikit menjadi gelap dan menjadi sangat reflektif ketika dilihat dari sisi samping sehingga menyulitkan orang yang ingin coba mengintip.

Untuk semakin memberikan rasa aman, laptop ini pun menghadirkan fitur HP Privacy Camera yang mana merupakan penghalang fisik. Cukup dengan menggesernya ke kiri, maka kamera akan langsung tertutupi dengan tanda garis hitam-putih jadi tidak perlu takut kamera menyala sendiri.

HP EliteBook 845 G9 (15)

Tak ketinggalan laptop ini juga sudah mendukung otentikasi biometrik sidik jari dan wajah lewat Windows Hello. Dengan begitu proses login ke Windows dapat menjadi lebih praktis dan aman karena tidak perlu lagi untuk mengetik sandi secara manual.

Untuk kameranya sendiri memiliki resolusi 5MP yang mampu menangkap gambar secara cukup jelas. Noise atau bintik-bintik pada gambar pun terbilang minim sehingga tidak akan terlalu mengganggu ketika video call. Memang kameranya masih belum sebagus webcam eksternal, namun sudah cukup memadai.

Fitur-fitur privasi yang dimiliki oleh laptop ini sangat membantu untuk memberikan ketenangan pikiran ketika menggunakannya di ruang publik maupun privat. Di sisi lain, HP EliteBook 845 G9 juga memiliki fitur yang mungkin malah membuat pengalaman harian sedikit terganggu.

HP EliteBook 845 G9 Webcam

Hasil kamera HP EliteBook 845 G9

HP Sure Sense dan HP Wolf Security merupakan dua fitur keamanan yang sudah terpasang langsung secara bawaan di HP EliteBook 845 G9. Fitur tersebut hadir sebagai proteksi yang lebih baik untuk menangkal serangan malware atau sejenisnya.

Namun sama seperti aplikasi keamanan lainnya, fitur ini menambah langkah yang perlu dilakukan ketika ingin membuka file dari sumber lain atau file baru karena adanya penyaringan dan pemindaian sehingga perlu konfirmasi tambahan. Untungnya baik HP Sure Sense maupun HP Wolf Security tidak terlalu intrusif sehingga tidak terlalu jadi masalah jika ingin tetap diaktifkan.

HP EliteBook 845 G9 memang perlu diakui berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang nyaman. Apalagi laptop ini pun menawarkan keyboard dan touchpad yang terasa premium. Hanya saja tombol power berada di antara tombol end dan delete yang mana penempatannya kadang cukup mengganggu saat mengetik.

HP EliteBook 845 G9 (2)

Keyboard dari laptop ini sendiri tidak hanya sudah dilengkapi backlit saja melainkan juga memiliki permukaan keycaps yang halus. Memanfaatkan bodinya yang lebar, setiap keys memiliki jarak yang optimal dan setiap tekanan sangat terasa sehingga dapat meningkatkan akurasi ketika mengetik.

Sementara touchpad hadir dengan ukuran yang tergolong besar yang mana memungkinkan jari dapat menelusur secara leluasa dalam menggerakkan kursor dari ujung ke ujung. Dengan begitu tidak harus selalu bergantung pada mouse eksternal dalam hal navigasi secara natural.

Pengalaman memuaskan tersebut juga tidak lepas dari dapur pacu yang dimiliki oleh EliteBook 845 G9. Pada pusatnya terdapat prosesor AMD Ryzen 9 PRO 6950HS yang terbuat dari fabrikasi 6nm dengan TDP 45W untuk memberikan efisiensi yang tinggi sambil memberikan kinerja yang tetap bertenaga.

HP EliteBook 845 G9 HWiNFO

Prosesor ini pun memiliki 8 inti dan 16 Thread dengan kecepatan boost maksimal 4,9GHz yang mana akan sangat membantu dalam menunjang aktivitas multitasking maupun aplikasi berat. Menemani prosesor tersebut terdapat DDR5 RAM 16GB Dual Channel dan penyimpanan PCIe NVMe SSD 1TB.

Sementara untuk olah grafisnya mengandalkan Radeon 680M berbasis arsitektur RDNA2 yang mana merupakan GPU terintegrasi yang ada di dalam Ryzen seri 6000 untuk laptop. Kombinasi tersebut memastikan EliteBook 845 G9 dapat mengatasi segala jenis aplikasi kantoran seperti membuka banyak sheet di Excel maupun kebutuhan multimedia dengan lancar.

Kinerja yang handal pun terbukti dari berbagai pengujian sintetis. Pada Cinebench R32 misalnya memperlihatkan skor 1.531 poin untuk Single Core dan 10.639 poin untuk Multi Core yang mana sangat cepat, bahkan mengalahkan prosesor kelas desktop dari beberapa generasi sebelumnya. Sementara untuk simulasi lebih umum dengan menggunakan PCMark 10 menghasilkan skor 5.765 poin.

HP EliteBook 845 G9 Benchmark

Kinerja tinggi yang dimiliki oleh EliteBook 845 G9 tentunya juga terasa ketika digunakan dalam keseharian. Mulai dari proses booting untuk masuk ke Windows hingga menavigasikan secara keseluruhan berjalan sangat mulus.

Begitu juga saat membuka beberapa aplikasi secara bersamaan atau bahkan membuka banyak tab di browser sambil melakukan edit foto, EliteBook 845 G9 dapat menangani segala jenis kebutuhan kerja yang dilakukan setiap hari dengan sangat mudah.

Tingkat respon tinggi yang dirasakan ketika menggunakan EliteBook 845 G9 juga disempurnakan lagi oleh solusi penyimpanan berkecepatan tinggi yang terbenam di dalamnya. Laptop ini dibekali NVMe SSD berkapasitas 1TB dengan rata-rata kecepatan baca hingga 6,6 GB/s dan Tulis hingga 4,9 GB/s ketika diuji melalui CrystalDiskMark.

HP EliteBook 845 G9 CrystalDiskMark

Penyimpanan yang cepat dan luas memberikan keleluasaan dalam menggunakan EliteBook 845 G9 karena tidak perlu khawatir kapasitasnya cepat habis sehingga dapat menyimpan berbagai jenis data. Membuka banyak aplikasi sekaligus pun dapat dilakukan secara nyaman.

Kombinasi spesifikasi tersebut mulai dari pusat pemrosesan hingga penyimpanan berkecepatan tinggi berhasil memberikan pengalaman penggunaan yang sangat nyaman dalam bekerja maupun aktivitas sehari-hari.

Namun untuk mengetahui lebih lanjut kinerja yang dimilikinya, EliteBook 845 G9 kemudian diuji untuk menjalankan Shadow of Tomb Raider. Game AAA besutan Eidos-Montreal ini memiliki kualitas grafis menawan dengan beban kinerja yang terbilang rasional.

HP EliteBook 845 G9 Tomb Raider

Dalam pengujian benchmark yang ada di dalam game tersebut, laptop ini berhasil menjalankannya di kisaran 30 fps dalam pengaturan grafis Medium dan resolusi 1280 x 800 piksel. Angka yang terbilang sudah mencukupi untuk mendapatkan pengalaman yang lancar.

Mengingat EliteBook 845 G9 memang bukan kelas gaming melainkan lebih untuk bisnis, hasil tersebut rasanya sudah memuaskan untuk game seperti ini. Apalagi jika memang hanya ingin bermain game ringan dan kasual untuk mengisi waktu luang saja, kinerja yang dimilikinya sudah lebih dari cukup.

Dikarenakan tidak terlalu fokus pada gaming, sisi baiknya penggunaan daya yang dibutuhkan oleh EliteBook 845 G9 menghasilkan dampak positif pada baterainya 3-cell 51 Wh Li-ion yang terbenam di dalamnya. Dengan efisiensi yang lebih baik, laptop ini dapat digunakan cukup lama ketika tidak terhubung ke sumber listrik.

HP EliteBook 845 G9 PCMark8 Baterai

Berdasarkan pengujian yang dilakukan menggunakan PCMark 8 Work, EliteBook 845 G9 berhasil mendapatkan skor mencapai 5 jam 5 menit dengan kondisi kecerahan layar 50% dan backlit keyboard mati. Angka tersebut berada di atas rata-rata laptop mainstream dan sangat bersaing untuk laptop ultrabook.

Sementara untuk pengisian dayanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam menggunakan adapter 65W bawaan yang mana masih tergolong cukup cepat sehingga laptop dapat sigap untuk digunakan tanpa perlu menunggu terlalu lama. Menariknya lagi, charger bawaan laptop ini mengisi daya melalui port USB-C.

Jadi tidak harus selalu bergantung pada charger bawaan selama kemampuan charger lain yang digunakan mencukupi. Satu hal yang menjadi catatan, charger bawaan terasa cukup panas setelah mulai mengisi daya sekitar 25 menit. Jadi perlu memastikan charger mendapatkan ruang yang cukup dan tidak tertutupi agar panas dapat keluar dengan baik.

HP EliteBook 845 G9 Power Manager

Laptop ini pun dibekali HP Power Manager untuk mengatur bagaimana pengisian daya baterai berlangsung untuk menjaga kesehatannya lebih lama. Namun jika biasanya ada opsi membatasi pengisian daya hanya hingga persentase tertentu, aplikasi ini memiliki fitur Intelligence Charging yang akan secara dinamis mengatur pengisian tergantung aktivitas pengguna.

Permukaan dari bodi laptop sendiri masih tergolong adem atau cenderung hangat ketika digunakan beraktivitas berat sehingga tidak akan terlalu mengganggu penggunaan sehari-hari. Suhu prosesor pun tercatat sekitar 87°C untuk angka tertingginya selama pengujian.

Hanya saja posisi ventilasi pembuangan panas yang menghadap ke layar sedikit mengkhawatirkan dalam jangka panjang. Sementara untuk area sekitarnya hanya sedikit panas saja dan tidak mengganggu bahkan saat laptop di pangku sekalipun.

HP EliteBook 845 G9 (14)

EliteBook 845 G9 yang sudah menjalankan Windows 11 dilengkapi berbagai dukungan aplikasi seperti PC Hardware Diagnostic untuk diagnosa komponen agar sistem dapat tetap bekerja secara optimal lebih lama. Ada juga HP Easy Clean yang akan menonaktifkan berbagai komponen input sehingga tidak akan tertekan secara sengaja ketika ingin membersihkan permukaan laptop.

Secara keseluruhan EliteBook 845 G9 merupakan laptop yang sangat bisa diandalkan untuk bekerja. Kinerja tinggi berkat Ryzen 9 PRO dalam bodi yang ramping dengan desain modern membuat laptop terlihat memikat khususnya bagi kalangan profesional yang ingin beraktivitas tanpa hambatan.

Dihargai Rp37.300.000 pada situs resmi HP, fitur-fitur unggulan dan mutakhir yang dibawanya pun semakin memperlihatkan bahwa laptop ini memang menyasar segmen bisnis kelas atas. Pastinya EliteBook 845 G9 pun bisa menjadi pertimbangan jika mencari laptop yang dapat digunakan hingga beberapa tahun mendatang.

Tinggalkan Komentar