Tips dan Trik Handphone

Cara Melacak Handphone realme yang Hilang dengan Find My Device

Cara Melacak Handphone realme yang Hilang Header

Gadgetren – Tentunya menjadi hal yang menjengkelkan ketika handphone realme yang menjadi perangkat utama hilang karena lupa tempat menyimpannya atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Namun kamu tidak terlalu panik karena sebagai perangkat berbasis Android, handphone realme pun telah dilengkapi dengan fitur Find My Device yang memungkinkan untuk dilacak dari jarak jauh.

Bisa dibilang Find My Device sudah tertanam secara bawaan pada realme UI yang berada di handphone realme. Namun kamu perlu mengaktifkan fitur ini terlebih dulu agar dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan handphone.

Jadi sayangnya kamu tidak dapat mengetahui keberadaan handphone realme yang hilang apabila fitur Find My Device tidak diaktifkan sebelumnya.

Cara Melacak Handphone realme yang Hilang

Mengaktifkan Find My Device

  • Akses aplikasi Settings di handphone realme
  • Ketik kaca kunci Find My Device pada kolom Search di bagian atas
  • Pilih Find My Device
  • Selanjutnya, tekan toggle On ke posisi menyala

Dibandingkan mengakses menu secara manual, pencarian dengan kata kunci melalui kolom Search mempercepat akses ke halaman Find My Device karena terkadang terjadi perbedaan tata letak menu pada beberapa versi realme UI.

Dengan aktifnya Find My Device, maka kamu dapat langsung melacaknya melalui aplikasi maupun situs Google Find My Device ketika handphone realme lupa ditaruh, hilang, atau dicuri.

Melacak dengan Find My Device

  • Unduh dan install aplikasi Google Find My Device dari Google Play Store di handphone lain
  • Atau akses halaman Google Find My Device lewat browser
  • Login dengan akun Google yang terhubung ke handphone realme yang hilang
  • Kamu akan dihadapkan pada peta yang memberitahukan lokasi handphone berada
  • Kamu bisa gunakan salah satu fitur yang ada

Pada halaman utama Google Find My Device, kamu dapat menggunakan fitur Play Sound yang akan memaksa handphone realme untuk terus berdering atau berbunyi selama 5 menit dengan keras, meskipun suara sistem dalam posisi sunyi.

Fitur ini dihadirkan untuk memudahkan kamu mendengar dari mana arah sumber suara untuk mencarinya secara langsung. Namun jika suara tidak terdengar atau perangkat sudah tidak terlihat, maka kamu sebaiknya menggunakan fitur Secure Device atau Erase Device.

Secure Device merupakan fitur yang mengizinkan akun Google yang terpasang keluar dari handphone realme dan kamu dapat memberikan menuliskan pesan atau nomor kontak pada kunci layar sebagai petunjuk bagi yang menemukannya untuk dikembalikan.

Lalu fitur Erase Device memungkinkan kamu untuk menghapus semua data yang berada di handphone realme tersebut. Tentunya ini dilakukan agar data penting yang di dalam handphone tidak dapat diakses oleh sembarangan orang.

Tinggalkan Komentar