Smartphone Tips dan Trik

Cara Melacak Handphone OPPO Jika Hilang Saat Lupa Menaruhnya

Cara Melacak Handphone OPPO

Gadgetren – Handphone buatan OPPO hadir dengan banyak fitur yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari penggunanya mulai dari pekerjaan, olahraga, edukasi, hingga hiburan.

Bahkan terdapat fitur pelacakan bernama Find My Device yang dapat berguna apabila sewaktu-waktu handphone OPPO hilang atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Find My Device sendiri sebenarnya dikembangkan oleh Google dan sudah tertanam secara bawaan di Android. Begitu pula pada ColorOS yang dimiliki oleh handphone OPPO yang menggunakannya sebagai basis sistem operasi.

Fitur Find My Device pun perlu diaktifkan terlebih dulu agar dapat membantu kamu dalam melacak handphone OPPO yang hilang. Bagaimana caranya?

Cara Melacak Handphone OPPO yang Hilang

Mengaktifkan Find My Device

  1. Buka aplikasi Settings
  2. Cari dan pilih menu Security
  3. Pilih menu Find My Device
  4. Tekan tombol agar ke posisi On
  5. Fitur Find My Device akan langsung sudah aktif

Find My Device OPPO Track

Sayangnya apabila Find My Device masih di posisi Off, maka fitur ini tidak bisa diaktifkan dari jarak jauh. Maka dari itu kamu harus selalu mengaktifkannya agar bisa melacak handphone OPPO lewat layanan Google Find My Device dengan syarat handphone kamu masih terkoneksi internet.

Melacak dengan Find My Device

  1. Install aplikasi Google Find My Device dari Google Play Store di handphone lain
  2. Google Find My Device juga dapat dilihat melalui situs resminya
  3. Login dengan akun Google yang terhubung ke handphone OPPO yang hilang
  4. Kamu akan dihadapkan pada peta yang memberitahukan lokasi handphone berada
  5. Tuju lokasi atau gunakan salah satu fitur yang ada

Google Find My Device

Untuk memudahkan pencarian, kamu bisa menggunakan fitur Play Sound yang akan memaksa handphone OPPO terus berbunyi selama 5 menit walaupun sistem suaranya sedang disunyikan (silent). Tentunya ini akan membantu karena bisa mengikuti mencari sumber suara yang muncul.

Namun apabila handphone tidak terlihat, kemungkinan besar layanan internet maupun handphone sudah dimatikan. Maka dari itu kamu dapat mencoba beberapa fitur dari Google Find My Device seperti Secure Device dan Erase Device.

Fitur Secure device memungkinkan akun Google keluar dari handphone dan kamu dapat menulis pesan pada kunci layar sehingga siapa pun yang menemukan handphone OPPO melihat pesan tersebut. Kamu bisa mengisinya dengan nomor kontak atau lainnya.

Terakhir, Erase Device merupakan fitur yang memungkinkan kamu untuk menghapus semua data yang berada handphone tersebut. Hal ini biasanya dilakukan sebagai metode menjaga keamanan data jika perangkat tidak dapat ditemukan sama sekali.

Tinggalkan Komentar