Berita Tekno

Coway Hadirkan Water Purifier Dengan Teknologi Pemurni Canggih

In-Home-Experience-with-Coway-2

Gadgetren – Perusahaan asal Korea Selatan Coway telah menghadirkan produk water purifier atau pemurni air minum di Indonesia. Melalui water purifier, Coway ingin memberikan solusi air minum yang layak dan bebas dari berbagai kontaminasi seperti bakteri, mikroplastik, dan logam berat.

Dalam diskusi yang digelar tanggal 21 Desember 2022 kemarin, Coway bersama dengan Rofiq Iqbal selaku Water Specialist dan Lektor Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB memaparkan bahwa water purifier Coway mampu menghilangkan zat berbahaya secara signifikan berkat teknologi pemurni airnya.

Hal tersebut pun dibuktikan melalui perbandingan Total Dissolved Solids (TDS) atau total kandungan zat dalam air tidak kasat mata yang terkandung dalam air baku berasal dari tap water dan air hasil filtrasi produk Coway.

Hasilnya, air baku yang diukur dengan TDS meter menunjukkan angka keamanan air minum sekitar 132 PPM, sedangkan pada air hasil filtrasi produk Coway dengan filter RO Membrane hanya memiliki TDS sebesar 13 PPM.

Dari hasil perbandingan pengukuran di atas bisa dibilang bahwa water purifier Coway dengan filter RO Membrane secara signifikan bisa memurnikan air semaksimal mungkin. Dalam peraturan Kementerian Kesehatan diketahui terdapat batasan TDS yang telah ditentukan untuk memastikan keamanan air minum yakni TDS di bawah 500 Parts Per Million (PPM).

Coway sendiri pada setiap produk water purifier mereka telah dibekali teknologi filtrasi yang berlapis mulai dari Neo-Sense, RO Membrane, Plus Inno-Sense, Mineral, dan Antibacterial. Adapun teknologi filtrasi Neo-Sense berisi dua filter yakni Plus Sediment dan Pre-Carbon.

Tugas Neo-Sense dalam memurnikan air untuk menghilangkan partikel, klor, senyawa organik yang mudah menguap (VOC), kotoran organik, dan anorganik terlarut. Lalu filter RO Membrane mampu menghilangkan kontaminan air seperti logam berat, bahan kimia organik berbahaya, mikroba serta zat radioaktif.

Kemudian Plus Inno-Sense berisi filter Post Carbon dan Fine untuk mengurangi bau dan meningkatkan rasa air. Terakhir filter Antibacterial mampu mencegah pertumbuhan mikroorganisme di dalam tangki air water purifier Coway. Dengan kelengkapan teknologi filtrasi tersebut, water purifier mampu memurnikan air dari berbagai jenis zat berbahaya sehingga aman untuk diminum oleh pengguna.

In-Home-Experience-with-Coway-3

Produk water purifier Coway yang telah dipasarkan di Indonesia ada dua model mencakup bisa diletakkan di atas meja atau berdiri. Model yang bisa diletakkan di atas meja antara lain OMBAK (CHP-7310R), VILLAEM II (CHP-18AR), NEO Plus (CHP-264L), dan CINNAMON (P-6320R). Sedangkan model water purifier yang bisa berdiri ialah CORE (CHP-671R). Harganya mulai dibanderol mulai Rp9 jutaan.

Jane Gulo selaku Coway Water Quality Laboratory Manager menyampaikan bahwa masyarakat tetap perlu memperhatikan faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi kelayakan air minum seperti parameter mikrobiologi  yang berarti air harus terbebas dari bakteri coliform seperti e-coli.

“Jika mengacu pada regulasi di Indonesia, tentunya air minum yang layak dikonsumsi harus memenuhi standar baku mutu berdasarkan Permenkes No. 492 Tahun 2010. Prasyarat yang paling mudah diamati adalah parameter fisik–termasuk bau, rasa, dan kekeruhan serta TDS.

Tinggalkan Komentar