Tips dan Trik Handphone

Cara Cek Kerusakan Handphone OPPO Bekas Untuk Memastikan Kondisinya

Cara Cek Kerusakan Handphone OPPO Bekas Header

Gadgetren – Apabila dana kamu tidak cukup membeli handphone OPPO baru, maka biasanya tersedia handphone bekas yang dijual di berbagai toko baik secara online maupun offline dengan harga yang lebih terjangkau.

Untuk membeli handphone OPPO bekas, kamu perlu berhati-hati dan mengecek kerusakannya karena kamu tidak mengetahui apa yang sudah terjadi selama pemakaian dari pengguna sebelumnya.

Beberapa penjual nakal biasanya akan memberitahukan bahwa handphone OPPO bekas tersebut mulus tanpa kekurangan. Namun ternyata setelah transaksi jual beli selesai, handphone bekas yang dibeli mengalami masalah.

Masalah ini pun bermacam-macam mulai dari masalah pada layar yang terdapat titik piksel mati atau muncul garis-garis, kapasitas baterai yang cepat habis, tidak dapat dicas, hasil foto bermasalah, dan masih banyak lagi.

Jadi kamu harus selalu berhati-hati ketika handphone OPPO bekas karena banyak hal yang tidak dapat diketahui secara sekilas. Untungnya kamu dapat mengecek kerusakan handphone OPPO dengan beberapa metode.

Cara Cek Kerusakan Handphone OPPO Bekas

Perhatikan Kerusakan Sendiri

Melihat sendiri apakah ada kerusakan atau tidak secara kasat mata merupakan cara termudah yang dapat dilakukan ketika membeli handphone OPPO bekas. Kamu dapat mencoba menggenggam dan memperhatikan seluruh detail yang terdapat pada bodi, layar, port, dan tombol.

Misalnya saja perhatikan seberapa lecet bodi handphone untuk mengetahui apakah digunakan secara apik atau tidak. Kamu juga dapat mengetahui kejernihan dan kondisi fisik layar hingga melihat apakah ada dead pixel atau tidak.

Kamu juga dapat menekan tombol-tombol dari handphone OPPO bekas, apakah masih berfungsi dengan baik atau telah terjadi kerusakan. Sementara pada pengujian port, kamu dapat coba untuk mengecas daya apakah bisa berjalan dengan normal, menghubungkan dengan earphone, dan lainnya.

Dari sisi kamera, kamu dapat mencoba menghasilkan foto dan melihat bagaimana kualitasnya bagus dan apakah ada masalah lain untuk kondisi lensanya.

Gunakan Phone Manager

Phone Manager merupakan aplikasi multifungsi yang telah dihadirkan OPPO pada handphone buatannya untuk menghapus file sampah, memindai virus, mengatur izin privasi, hingga diagnosa perangkat.

Sebelum membeli handphone OPPO bekas, kamu dapat meminta penjual untuk mengecek apakah terdapat kerusakan atau tidak dengan menggunakan fitur diagnosa yang ada di aplikasi Phone Manager.

  • Buka aplikasi Phone Manager di handphone
  • Pada halaman utama, pilih menu Tools
  • Masuk ke menu Diagnostics
  • Centang berbagai jenis pengujian seperti Storage, NFC, kamera, sensor fingerprint, koneksi internet, layar, tombol, dan lainnya.
  • Selanjutnya, tekan tombol Run diagnostics
  • Selama diagnosis, kamu akan diminta untuk mengikuti perintah dari sistem
  • Apabila telah selesai, maka sistem akan memperlihatkan kondisi masih bagus atau tidak
    OPPO - Cek Handphone Bekas - Phone Manager

Apabila terjadi masalah pada beberapa komponen, maka akan muncul pesan error dan meminta kamu untuk melaporkannya kepada pihak OPPO. Sementara jika semuanya tidak bermasalah, maka akan muncul di bagian Normal items.

Lihat dengan Engineer Mode

Kamu dapat mengetikkan kode *#800# di aplikasi Phone untuk masuk ke Engineer Mode. Kamu dapat melakukan pengujian mulai dari Carrier Network, Wireless Connection, System Performance, Camera, Multimedia, Screen, dan lainnya. Apabila setelah pengujian terjadi masalah, maka kamu dapat memberitahukannya kepada pihak OPPO.

Tanyakan Riwayat Penggunaan

Kamu pun dapat menanyakan riwayat penggunaan dari handphone OPPO bekas tersebut ke penjual. Jika penjual memang jujur, maka semua pertanyaan akan dijawab dengan rinci. Dengan begitu kamu bisa tahu apakah handphone sudah pernah jatuh berkali-kali atau terjadi masalah di beberapa bagian.

Hanya saja sekali lagi metode ini mengandalkan kejujuran dari penjual itu sendiri dan mungkin saja ada masalah internal yang tidak diketahui karena memang sudah digunakan lama. Oleh karena itu sebaiknya tetap melakukan diagnosa komponen lewat cara di atas.

Tinggalkan Komentar