Tekno

Bedanya Centang Emas, Biru, dan Abu-abu di Twitter

Bedanya Centang Twitter Emas, Biru, Abu - Header

Gadgetren – Seperti beberapa layanan media sosial populer lainnya, platform Twitter sebelumnya juga menyematkan lencana centang biru sebagai penanda bahwa akun sudah terverifikasi.

Penanda yang disebut lencana verifikasi tersebut dirancang supaya kita bisa lebih mudah mengenali akun-akun resmi maupun asli. Seperti apa yang kita tahu bersama, sekarang ada banyak orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan penipuan.

Namun beberapa waktu belakangan, lencana verifikasi tersebut kini terdiri dari beberapa jenis di mana meliputi centang emas, biru, dan abu-abu. Masing-masing tentu mempunyai maksud sendiri-sendiri sebagai mana penjelasan berikut.

Bedanya Centang Emas, Biru, dan Abu-abu Twitter

Centang Emas

Bedanya Centang Twitter Emas, Biru, Abu - 1

Sebagai salah satu bagian dari layanan Twitter Blue yang diperkenalkan ulang beberapa waktu lalu, Twitter juga memperkenalkan Twitter Blue for Business untuk memverifikasi akun-akun perusahaan atau bisnis.

Sebagai penanda, Twitter menariknya tidak lagi memakai lencana centang biru untuk memverifikasi akun dari perusahaan atau bisnis terkait. Mereka kini menggunakan centang emas untuk melakukan hal tersebut.

Namun perlu diingat bahwa selain bisa diperoleh dengan mendaftar ke Twitter Blue for Business, centang emas ini juga berlaku untuk akun-akun perusahaan atau bisnis yang sudah terverifikasi dengan centang biru sebelumnya.

Centang Biru

Bedanya Centang Twitter Emas, Biru, Abu - 2

Sementara untuk lencana centang biru, kriterianya sedikit berubah. Kita kini tidak hanya menjumpainya pada akun-akun yang sebelumnya sudah terverifikasi sebagai tokoh publik baik itu selebriti, politisi, hingga aktivis melainkan juga mereka yang berlangganan Twitter Blue.

Twitter Blue sendiri adalah langganan berbayar yang memungkinkan kita menambahkan lencana centang biru ke sebuah akun. Layanan tersebut juga menawarkan akses awal untuk sejumlah dukungan seperti Edit Tweet, unggah video 1080p, hingga mode baca.

Centang Abu-abu

Bedanya Centang Twitter Emas, Biru, Abu - 3

Selain emas dan biru, kita kini juga akan menjumpai centang berwarna abu-abu untuk sejumlah akun Twitter khusus. Lencana ini berlaku untuk pemerintah, organisasi multilateral, partai politik, maupun merek tertentu.

Lencana centang abu-abu juga disebut-sebut akan diberikan kepada sejumlah tokoh publik. Walaupun sampai pada saat artikel ini diterbitkan, belum ada penjelasan lebih lanjut mengenai kriteria akun yang dimaksud.

Yang cukup menarik, Twitter tak hanya menandai akun-akun terverifikasi dengan centang emas, biru, dan abu-abu saja. Mereka juga akan memakai Official label seperti State-affiliated media untuk media-media terafiliasi dengan pemerintah, Government account untuk pejabat, hingga Automated label untuk bot.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar