Smartphone

Deretan Fitur Baru MIUI 14 yang Patut Dinantikan

Fitur Baru MIUI 14 - Header

Gadgetren – Bersama dengan peluncuran lini perangkat Xiaomi 13 beberapa waktu lalu, ada hal yang cukup menarik karena Xiaomi juga memperkenalkan antarmuka sistem MIUI 14 untuk pertama kalinya.

Antarmuka tersebut bakalan menjadi penerus dari MIUI 13 yang kini telah menjadi andalan banyak perangkat. Dengan membawa sistem operasi terbaru Android 13 sebagai basis pengembangannya, ada sejumlah peningkatan yang ditawarkan oleh MIUI 14.

Namun tentu saja, tak hanya membalut Android 13 dengan tampilan antarmuka yang baru. MIUI 14 juga membawa sejumlah fitur anyar untuk meningkatkan pengalaman pemakaian pengguna yang mana sebagian di antaranya sebagai berikut.

Fitur Baru di Antarmuka MIUI 14

1. MIUI 14 Photon Engine

Sama seperti generasi sebelumnya, MIUI 14 juga menawarkan kinerja yang lebih baik. Sistem maupun aplikasi diharapkan dapat berjalan secara lebih lancar dengan optimasi yang dibawa oleh antarmuka baru tersebut.

Untuk mencapai hal tersebut, Xiaomi menggunakan arsitektur sistem baru yang disebut dengan MIUI 14 Photon Engine. Uji coba lab internal yang dilakukan oleh Xiaomi menunjukkan bahwa ada peningkatan hingga 60 persen saat diterapkan di Xiaomi 12S Ultra jika dibandingkan versi sebelumnya.

Selain dapat menurunkan pemakaian memori, MIUI 14 Photon Engine juga dirancang agar konsumsi daya dari aplikasi pihak ketiga berkurang tanpa mempengaruhi kinerjanya. Jadi baterai perangkat bisa menjadi lebih awet.

2. Duplicate File Merge

Meskipun sudah menawarkan berkas sistem dengan ukuran lebih kecil dibandingkan MIUI 13, antarmuka baru Xiaomi tersebut juga dilengkapi dengan fitur Duplicate File Merge untuk memastikan perangkat senantiasa mempunyai ruang kosong dalam pemakaian jangka panjang.

Dengan fitur Duplicate File Merge, sistem akan menggabungkan beberapa berkas yang sama sehingga ruang penyimpanan tidak mudah penuh sehingga bisa dipakai untuk menyimpan data lain atau memasang aplikasi. Tentunya ini akan sangat membantu dalam mengurangi jumlah file yang sama.

3. Auto Compression

MIUI 14 juga dilengkapi dengan auto compression. Fitur ini memungkinkan sistem mengompres data dari aplikasi-aplikasi yang jarang digunakan oleh pengguna. Dengan begitu bisa lebih menghemat ruang penyimpanan handphone.

4. Penutup Notifikasi Permanen

Menutup notifikasi permanen seperti perangkat gelang pintar yang terhubung dari panel pemberitahuan juga bisa lebih mudah pada MIUI 14. Kita hanya perlu mengusapnya ke kanan lalu mengetuk tombol khusus untuk melakukan hal itu.

5. Customizable Icon dan Widget Flower Pet Ornaments

Tidak ketinggalan, tampilan antarmuka MIUI 14 juga membawa dukungan kustomisasi yang lebih baik. Salah satu di antaranya kita kini bisa mengubah-ubah ukuran ikon aplikasi maupun folder di halaman utama (home screen) hingga menyesuaikan pengaturan tata letaknya.

Terdapat juga beberapa widget baru yang bisa digunakan. Yang paling kentara, kini ada Flower Pet Ornaments untuk menambahkan hewan atau bunga interaktif yang terlihat seperti Tamagotchi ke halaman utama sehingga terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

6. Text Recognition dan Real-time Subtitle

Kemampuan pemrosesan AI yang semakin baik juga dimanfaatkan oleh MIUI 14 untuk menambahkan beberapa fitur penunjang. Termasuk di antaranya Text Recognition dan Real-time Subtitle yang bisa mempermudah pengguna.

Text Recognition memungkinkan kita menyalin teks dari sebuah gambar yang tersimpan di galeri agar tidak perlu mengetiknya ulang. Sementara Real-time Subtitle dapat digunakan untuk menerjemahkan secara langsung perkataan saat kita melakukan konferensi video.

Menariknya kedua fitur cerdas ini disetel dengan pengaturan privasi yang ketat. Sebisa mungkin semua aktivitas pemrosesan data dilakukan secara lokal di perangkat tanpa perlu ada yang diunggah melalui jaringan internet agar data lebih terjaga.

7. Xiaomi Magic Center

Lewat MIUI 14, Xiaomi juga memperkenalkan Xiaomi Magic Center. Dukungan ini dapat memudahkan pengguna dalam menggunakan beberapa perangkat berbeda. Misalnya, memindahkan koneksi earbud dari handphone ke tablet hanya dengan menyeret ikonnya.

8. Family Service

Xiaomi pun memperkenalkan Family Service melalui MIUI 14. Layanan ini memungkinkan kita membuat grup hingga delapan anggota untuk berbagi berbagai macam hal mulai dari penyimpanan awan, album foto, data-data kesehatan, dan lain sebagainya.

Layanan ini juga dilengkapi dengan pengaturan untuk kontrol perangkat yang akan berguna untuk para orang tua. Jadi kita bisa lebih mudah membatasi aktivitas anak saat menggunakan handphone atau tablet, mengontrol penggunaan aplikasi, hingga melihat durasi waktu pemakaiannya.

Tinggalkan Komentar